PERTEMUAN 3

14 October 2013 07:55:09 Dibaca : 111

Dari hasil persentasi kelompok 2, 4 dan 5, pengetahuan yang saya dapat yaitu :

1. Apa itu linux kernel, yaitu merupakan suatu cara untuk menghubungkan pengguna dan mesin komputer.

Grafil kernel :

                                        

        Hardware berupa mesin computer yang terhubung dengan berbagai device seperti micro controller, monitor, atau keyboard. Semua komponen hardware menerima perintah dari program atau aplikasi melalui kernel. User space digunakan untuk aplikasi yang kemudian emberi perintah kepada kernel melalui input dari keyboard atau tampilan monitor. Perintah yang diberikan kepada kernel kemudian di sampaikan kepada hardware.

Didalam kernel juaga terdapat proses scheduler, memory manager dan input/output scheduler.

- Proses scheduler berfungsi mengatur proses antar alpikasi dan hardware.

- Memory manager berfungsi membagi memory dan menagtur proses penggunaan memory oleh aplikasi.

- Input dan output scheduler berfungsi manjembatani penggunaan hardware seperti keyboard dalam menerima input dan menghasilkan output.

Didalam kernel juga terdapat IPC, yaitu metode komunikasi dan sirkonasi antar proses.

Jika ingin mengetahui versi kernel pada komputer ketik uname –r, maka informasi versi akan muncul. Terdapat system angka yang di gunakan pada versi, digit pertama disebut angka major, dan digit kedua disebut angka minor, apabila angka minor berubah angka genap maka versi tersebut telah stabil, dan apabial angka minot berubah angka ganjil maka versi tersebut sedang dalam tahap perkembangan. Angka ketiga adalah revesion.

 

 

2. Modul linux adalah sepotong kode yang bias dimasukkan atau dikeluarkan dari dalam system kerja linux kernel.

Cara kerjanya:

Jika ingin menambahakan suatu fungsi pada computer, yang harus di lakukan adalah membuat modul mengkomplikasikanya dan menggunakan perintah insmod untuk memasukkanya kedalam kernel. Ketika selesai menggunakan mode tersebut yang harus dilakukan hanyalah menggunakan rmmod, untuk mengeluarkan modul dari kernel.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong