Pengantar Teknologi Sistem Informasi

15 September 2014 11:24:38 Dibaca : 3093

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Setiap dekade terjadi perkembangan yang cukup signifikan dari sistem teknologi informasi (STI). Dimulai dari era akuntansi pada tahun 1950, beranjak ke era operasional mulai tahun 1960. Era informasi mulai tahun 1970, menuju ke era jejaring dimulai tahun 1980 sampai ke era jejaring global di mulai tahun 1990, sistem teknologi informasi telah banyak sekali mengalami perubahan-perubahan. Perkembangan dari sistem teknologi informasi juga menyebabkan perubahan-perubahan peran dari sistem teknologi informasi membantu operasi organisasi menjadi lebih efisien sebagai alat untuk memenangkan kompetisi.

Konsep Dasar

- Pemahaman ini dimulai dengan pemahaman konsep sistem

- Pemahaman konsep sistem sangat penting karena sistem teknologi informasi itu sendiri pada dasarnya adalah suatu sistem.

- Pemahaman konsep selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah pemhaman konsep informasi

SISTEM

Yaitu Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Karakteristik Sistem

1. Komponen Sistem

2. Batasan Sistem

3. Lingkungan luar Sistem

4. Penghubung Sistem

5. Masukan Sistem

6. Keluaran Sistem

7. Pengolahan Data

8. Sasaran Sistem

Klasifikasi Sistem

1. Sistem Abstrak dan Sistem Phisik

2. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia

3. Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu

4. Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka

Pengendalian Sistem ( Control System )

1. Feed Back Control System

2. Feed Forward Control System

3. Preventive Control System

Daur Hidup Sistem

1. Mengenali Adanya Kebutuhan

2. Pembangunan Sistem

3. Pemasangan Sistem

4. Pengoperasian Sistem

5. Sistem Menjadi Usang

DATA

Yaitu Fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol.

INFORMASI

Yaitu Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan

SIKLUS INFORMASI

1. Proses Model atau Dasar Data

2. Input Data

3. Data

4. Hasil Tindakan

5. Output atau Informasi

6. Penerima

7. Keputusan Tindakan

Kualitas Informasi

1. Akurat

2. Timelines

3. Relevance

Nilai Informasi

Dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya

Teknologi

Teknologi yang digunakan sistem teknologi informasi adalah

- teknologi komputer,

- teknologi telekomunikasi dan

- teknologi apapun yang dapat memberikan nilai tambah untuk organisasi

Aplikasi Sistem Teknologi Informasi

- Sistem teknologi informasi dapat diterapkan di internal atau eksternal organisasi.

- Di dalam organisasi bisnis, fungsi-fungsi organisasi misalnya adalah fungsi akuntansi, pemasaran, sumber daya manusia, produksi dan keuangan, yang kemudian dikenal dengan masing-masing sistem informasi.

- Sistem-sistem teknologi informasi juga diterapkan di tingkatan-tingkatan manajemen bawah, menengah dan atas

- Sistem teknologi informasi yang diletakkan di tingkat manajer bawah disebut dengan transaction processing system (TPS) dan process control system (PCS).

- Untuk manajer-manajer level menengah dan atas ini misalnya adalah

a. sistem penunujang keputusan (Decision Support Systems atau DSS),

b. sistem pakar (Expert System atau ES),

c. sistem informasi geografis (Geographic Information System atau GIS),

d. jaringan neural buatan (Artificial Nueral Network atau ANN) dan lain sebagainya.

Penerapan Komputer

Hirarki informasi pada Sistem Informasi Manajemen

Produk-Produk Teknologi Informasi

Perangkat Keras

KomputerJaringan KomunikasiAlat Komunikasi Jaringan (server,router, hub, switch, modemInternet

Software

Berbagai Sistem Informasi

Peran Manajer Sistem Teknologi Informasi

Martin et al. (1999) bahkan menyebutkan bahwa sekarang manajer STI harus mempunyai 80% pengetahuan bisnis dan 20% sisanya adalah pengetahuan teknikalnya.

Peran Dulu

- 80% pengetahuan teknikal

- Berorientasi pada teknologi

- Penekanan pada efisiensi

Peran Sekarang

- 80% pengetahuan bisnis

- Berorientasi pada manusia

- Penekanan pada kompetisi

Rocker et al.(1996) menunjukkan bahwa peran manajer STI yang paling utama adalah menyelaraskan strategi bisnis dan strategi STI secara komunikasi dua arah. Peran kedua adalah menciptakan hubungan yang efektif dengan manajemen lini

DEFINISI KOMPUTER

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut (Robert H. Blissmer) :

- Menerima input,

- Memproses input tadi sesuai dengan programnya,

- Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,

- Menyediakan output dalam bentuk informasi

- Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis

menerima dan menyimpan data input,memprosesnya, danmenghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program) (Donald H. Sanders).

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi (V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G. Zaky).

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambilkan dan American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Commitee) (William M. Fuori).

KESIMPULAN DEFINISI :

1. Alat elektronik.

2. Dapat menerima input data.

3. Dapat mengolah data.

4. Dapat memberikan informasi.

5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).

6.Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.

7. Bekerja secara otomatis

DEFINISI PROGRAM DAN PDE

- Program adalah Kumpulan dan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.

- Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).

Siklus Pengolahan Data

Siklus Pengolahan Data

- Origination.

Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

- Input.

Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).

- Processing.

Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

- Output.

Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi.

- Distribution.

Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.

- Storage.

Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.

SISTEM KOMPUTER

- Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system).

- Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dan sistem tersebut.

- Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi.

- Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya.

- Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.

- Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peratatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.

- Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.

- Brainware adalah manusia yang terlibat di datam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

- Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.

- Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja.

- Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya..

KEMAMPUAN KOMPUTER

- Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya.

- Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.

- Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.

Satuan waktu kecepatan proses computer

Klasifikasi Komputer

- Berdasarkan ukurannya, komputer dapat diklasifikan sebagai :

komputer mikro (micro computer),komputer notebookkomputer genggam (Personal Digital Assistant – PDA)komputer mini (mini computer),komputer mainframe (dapat berupa small-scale mainframe, medium-scale mainframe dan large-scale main frame) dankomputer super (super computer).

- Berdasarkan kecepatan :

Kecepatan komputer mikro diukur dengan satuan MHz (megahertz),Kecepatan komputer mainframe dalam satuan MIPS (million instructions per second) danKomputer super dengan satuan kecepatan FLOPS (floating point operations per second). Komputer mikro dapat mempunyai kecepatan berkisar dan 8 MHZ sampai dengan 500 MHz bahkan lebih.Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik.Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan 500.000.000 (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/500.000.000 detik atau 0,5 nanosecond.Komputer mainframe dapat mempunyai kecepatan sampai dengan lebih dan 1000 MIPS.Komputer dengan kecepatan 1000 MIPS dapat mengolah sebanyak 1.000.000.000 (1 milyard) instruksi perdetiknya.Komputer mikro yang mem punyai satuan kecepatan MHz dapat dikonversikan kesatuan kecepatan MIPS.Umumnya satu instruksi program membutuhkan beberapa siklus operasi.Diumpamakan secara rata-rata, satu instruksi program membutuhkan 20 siklus operasi, maka komputer 500 MHz dapat dinyatakan mempunyai kecepatan 500 juta siklus operasi per detik/20 siklus operasi atau sekitar 25 juta operasi per detik atau 25 MIPS. Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya.Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh (mental fatique), yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan.Misalnya saja anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak, katakanlah l00000 buah pertambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan.Sebaliknya, karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.

- Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana:

Komponennya rusak (metal fatique).Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah.

- GIGO, singkatan dan Garbage in Garbage Out,

sampah yang masuk, sampah pula yang keluar.kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah,bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold in Gold Out, emas yang masuk, emas pula yang keluar).

- Komputer mempunyai memory yang besar.

- Walaupun kelihatannya komputer lebih unggul dan manusia, tetapi ada beberapa ha! yang tidak bisa menyamai manusia.

- Manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhadap situasi yang tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan.

- Keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaan.

Satuan kapasitas memori komputer

PENERAPAN KOMPUTER

Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan

- Komputer dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat.

- Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial dan error yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, bisa ditangani oleh komputer.

- Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bisa dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.

- Komputer bisa digunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur suatu daerah.

- Aplikasi Computer Aided Design (CAD) yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer banyak digunakan untuk merancang bentuk-bentuk dalam bidang teknik, misalnya merancang bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan bentuk gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur.

- Pada bidang teknik sipil, perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat dihasilkan oleh komputer.

Di bidang bisnis

- Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Bila informasi terlambat atau terhenti waktunya maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh.

- Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan.

- Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.

- Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Di bidang industri

- Dengan adanya komputer, proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif.

- Di dalam proses produksi, komputer dapat digunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process control).

- Pengawasan numerik berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi-posisi operasi mesin-mesin yang dipergunakan, misalnya: mesin pemotong, grenda, mesin press, dsb.

- Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi si dalam operasi pada industri untuk mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak.

- Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan, dll.

Di bidang perbankan

- Komputer digunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank.

Di bidang pendidikan

- Banyak tersedia panel-panel program untuk membantu di bidang pendidikan, misalnya paket program untuk membantu di dalam mempelajari matematika, biologi, bahasa Inggris, dll.

- Komputer bisa juga digunakan untuk membantu penyandang cacat.

Di bidang kedokteran

- Komputer banyak digunakan pada klinik-klinik dan rumah-rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat.

- Dengan memasukkan gejala-gejala penyakit dari pasien ke komputer, dokter akan segera mendapat hasil dari jenis penyakit pasien, dan dapat menentukan obatnya.

- Komputer dapat digunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.

- Sistem CAT (Computerized Axial Tonography) memungkinkan untuk mengambil gambar otak dan organ tubuh lainnya.

Di bidang penerbangan

- Komputer dapat digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Semua data penerbangan direkam pada komputer yang biasanya terletak di kantor pusat.

Di bidang kriminalitas

- Komputer dapat menghasilkan statistika kriminalitas di suatu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan.

- Crime Analysis Support System merupakan program yang yang dapat mengidentifikasi suatu daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.

- Data mengenai sidik jari pun dapat disimpan di komputer

Di bidang permainan

- Permainan komputer dapat juga digunakan untuk membantu pasien yang mempunyai kelemahan mental. Permainan ini menuntut pemain dengan perhatian yang tinggi, mampu mengikuti petunjuk-petunjuk dari komputer, berpikir dan bergerak dengan tangkas.

- Dan pada bidang-bidang lain.

PENGENALAN SISTEM KOMPUTER

Struktur dan Fungsi :

Komputer merupakan sistem yang kompleks. Berisi jutaan komponen elektornik yang saling terintegrasi dan bekerjasama dalam memproses suatu perintah

Struktur : cara komponen saling terkait

Fungsi : operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur

Fungsi Komputer ;

• Pengolahan data

• Penyimpanan data

• Pemindahan data

• Kontrol

Terdapat empat struktur utama ;

1. CPU (central processing unit) ;

Mengontrol operasi komputer dan membentuk fungsi-fungsi pengolahan datanya, CPU merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. CPU mempunyai simpanan yang berukuran kecil, Register sebagai tempat penyimpanan kecil sebelum pemrosesan data, Dalam dunia PC disebut Microprocessor

Register

- Simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih dari 5 – 10 kali kecepatan penyimpanan dan pengambilan dimain memory

- Digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara instruksi dan data yang diproses

- Sedang instruksi dan data yang lain, menunggu giliran di main memory

Processor

- Processor adalah otak (CORE) dari sebuah komputer, karena device inilah semua perintah akan diproses, proses yang dilakukan dengan sistem bergantian.

- Biasa disebut CPU, processor membaca instruksi dari memory tentang apa yang harus dilakukannya dan mengeksekusinya.

- Isi dari processor adalah chip, transitor, dan komponen elektronik lainnya yang jumlahnya bisa mencapai jutaaan.

- Teknologi saat ini menggunakan ketebalan silicone setebal 0,13 micron. Semakin tipis akan semakin mengurangi panas, power yang kecil, dan peningkatan kinerja yang signifikan

- Processor dapat terdiri dari miliaran trasistors didalamnya

- Biasanya kinerja diukur dari Megahertz (Mhz), suatu ukuran dari kecepatan cycle, 1 megahertz = 1 miliar cycles per detik

- Cyles = langkah-langkah dalam memproses instruksi dan mengeksekusi perintah

- Cache ; suatu tempat penampungan sementara data dan instruksi sebelum diproses oleh processor.

- Cache memory terdapat di core processor maupun di Motherboard

- Jika di processor adalah internal memory (cache memory level 1, pada MB dikenal external cache (level 2)

- Lebih cepat kerjanya dibandingkan memory utama, karena akan membantu transfer data dari memory utama ke processor.

- Pada saat processor meminta suatu data dari memori utama, data akan ditempatkan dan menyalinnya ke cache memory.

- HT (Hyper threading) = teknologi yang memungkinkan seakan-akan menggunakan 2 processor. Teknologi yang dikenalkan Intel

- Include di processor 2 GB keatas, diidentifikasi dengan penulisan huruf (P4A 1,8, P4B, P4C)

- Muncul Teknologi baru dengan istilah processor dual core (core duo)

o P4 2,2 Ghz, berarti 2,2 milyar putaran perdetik

o Ex ; Teknologi P III menggunakan 0,18 micron, P 4 menggunakan 0,13 micron

- Semakin kecil pebrikasinya akan semakin cepat kinerjanya…karena core akan semakin kecil dan teknologi lain dapat di integrasikan

- AMD Teknologinya sama dengan Intel

- AMD XP = ExPerience = Extreame Pefomance

- Ex = AMDXP 1800+ berarti sama dengan P4 1,8 GHZ

Komponen utama CPU ;

a. Control Unit : mengontrol operasi CPU dan pada gilirannya mengontrol komputer. Tugas-tugas nya sbb :

Mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, dan mengambil data dari main memory untuk diolah. Jika ada proses perhitungan akan dikirim ke ALU. Hasil proses dibawa ke main memory untuk disimpan

Tugas Control Unit ;

- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output

- Mengambil instruksi-instruksi dari main memory

- Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses

- Mengirim instruksi ke ALU bila perhitungan aritmatikan atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU

- Menyimpan hasil proses kemain memory.

b. Arithmetic and Logic Unit (ALU) ; membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer

Melakukan perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika berdasar penjumlahan. Operasi pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukandengan dasar penjumlahan.

2. CPU interconections

Sejumlah mekanisme komunikasi antara control unit, ALU dan register-register

Memori utama : menyimpan data

- CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang ukurannya kecil

- Mengatasi hal ini perlu simpanan yang kapasitasnya besar, yaitu :

- Main memory, main storage, internal memory, primary storage, temporary storage.

- Terdiri dari RAM (random access memory) dan ROM (read only memory)

RAM

- RAM digunakan untuk menyimpan program dan data yang akan diproses CPU

- RAM dianalogikan sebagai kotak-kotak, disetiap kotak dapat menyimpan suatu data atau instruksi

- Tiap-tiap lokasi kotak tsb ditentukan oleh address, penomoran yang menunjukkan lokasi tertentu dari kotak memory.

- Satuan /Ukuran Memory : KB =1024 Byte, MB = 1024 KB, GB = 1024 MB, TB = 1024 GB

- Cache memory = digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang akan digunakan,

- Cache menyimpan informasi yang berulang-ulang, CPU dan internal memory akan mengambil informasi tersebut dari cachenya jika instruksi atau data yang akan diproses itu sama.

- Cache saat ini tergantung dari teknologi MB dan Processornya

Jenis Memory

• Volatile = bersifat sementara karena isinya akan hilang jika komputer dimatikan (reset) Contoh = RAM Komputer

• Non Volatile = bersifat permanen karena tidak akan hilang walaupun tidak dialiri aliran listrik

Contoh = ROM (CMOS BIOS, Hardisk, Memory Flash)

Storage Device

• Disket

• Harddisk

• CD-ROM

• Optical Disk

• USB FLASH

• Magnetic Tape

• Kartu Memori

Hubungan antara CPU dengan Main Memory ataupun dengan Alat-alat I/O

- Hubungan antara CPU dengan main memory ataupun dengan alat-alat input/output dilakukan dengan suatu jalur yang disebut dengan bus.

- Hubungan antara CPU dengan main memory melalui jalur bus yang dilekatkan pada memory data register, memory address register dan control unit di CPU.

- Bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung ke alat-alat input/output tersebut, tapi dapat melalui suatu I/O port atau DMA Controller atau I/O channel.

- System interconnection : mekanisme komunikasi antara CPU, memori utama dan I/O

BUS

- Bus atau disebut juga dengan pathway merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur transportasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer.

- Bus yang menghubungkan CPU dengan main memory disebut dengan internal bus.

- Bus yang menghubungkan CPU dengan alat-alat input/output disebut dengan external bus.

- Data bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi.

- Address bus adalah bus yang digunakan untuk jalur transportasi alamat di main memory untuk data atau instruksi yang akan diambil atau akan direkamkan.

I/ O Port

- Alat-alat input/output tidak dilekatkan langsung dengan bus, tetapi melalui suatu I/O port i/O interface.

- Alat-alat input/output dapat berkomunikasi dengan cara mengirimkan informasi yang akan dikomunikasikan lewat bus.

- Informasi yang dikirim dari alat input/output (peripheral device) ke main memory atau ke register di CPU diletakkan di I/O port dan dikirimkan lewat data bus.

- Informasi dari main memory yang akan dikirimkan ke peripheral device juga melalui data bus, dan diterima di I/O port. Cara pengiriman informasi ke alat-alat I/O seperti ini disebut dengan program-controlled I/O.

Penggolongan Alat Input

- Alat input dapat digolongkan ke dalam 2 golongan yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung.

1. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung dan diproses oleh CPU, tanpa lewat media lainnya.

2. Alat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi dalam bentuk media tertentu.

- Media yang menampung input tersebut adalah simpanan luar, dapat berupa disk magnetic, pita magnetic, maupun kartu.

3. INPUT DEVICE

Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

Jenis-jenis Input Device :

1. Keyboard

2. Mouse

3. Joystick

4. Track Ball

5. Light Pen

6. Ocr Scanner

7. Image Scanner

8. Bar Code Reader

9. Digitizer

10. Voice Recognition

11. Touch Screen

12. Video Player

13. Kamera

Keyboard

Keyboard komputer, secara phisik mempunyai bentuk seperti halnya keyboard pada mesin ketik manual/elektronik. Dengan digunakannya micro processor, maka data yang ada bisa langsung dikirim ke-CPU melalui keyboard.

Tombol-tombol utama yang dimiliki, memiliki susunan yang tidak berbeda dengan susunan tombol mesin ketik biasa. Tombol huruf terletak dibarisan atas, dan tombol alfabetis berada dibawahnya, disamping itu, tombol spasi juga diletakkan pada posisi paling bawah. Hanya bedanya, huruf atau angka yang diketik oleh keyboard komputer, akan tercetak pada layar

Light pen

juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.

Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.

Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Bar-code adalah suatu garis-garis hitam yang dibuat menurut kode tertentu, dan dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang bisa dibaca oleh light pen. Bar-code banyak digunakan di-super market

Mouse

merupakan salah satu input media yang sangat populer pada akhir-akhir ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus, dimana dengan adanya mouse, maka kursor (titik kecil yang berkedip pada layar, yang menandakan suatu posisi pada layar monitor) yang ada dilayar monitor bisa digerak-gerakkan seperti halnya gerak seeokor tikus, yaitu kesamping, kebawah, miring, melingkar atau kemana saja seperti yang dikehendaki oleh para pemakai komputer.

Scanner

merupakan salah satu input device yang secara prinsip mempunyai cara kerja seperti halnya foto-copy. Hanya bedanya, hasil pembacaan scanner bisa disimpan didalam memory komputer, sedang pada fotocopy, hasil pembacaannya akan dicetak diatas selembar kertas.

Jenis lain dari scanner adalah Optical Mark Reader (OMR) yang biasanya digunakan untuk membaca dokumen.

OMR banyak digunakan untuk memriksa hasil ujian ataupun pada saat penerimaan mahasiswa baru. OMR akan membaca mark (tanda) yang diberikan pada lembar kertas. Tanda ini biasanya dibuat dengan menggunakan pensil 2B. Dengan menentukan posisi baris dan kolom pada kertas yang bersangkutan, dan kemudian dikonversikan pada tabel yang dimiliki, maka OMR bisa mengetahui jawaban yang diberikan salah atau benar.

Magnetic strip

merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi dengan sistem magnit dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit, ataupun kartu berharga lainnya. Pada magnetic strips biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu, yang berisi nomor rekening, nomor pribadi serta kode access-nya. Tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu, dan hanya bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus

Mesin uang yang digunakan untuk membaca kartu dengan plastic magnetic-strips ini kemudian dikenal sebagai ATM (Automated Teller Machine). Untuk menggunakannya, pemakai harus memasukkan kartu yang dimiliki serta memasukkan nomor sandi, serta jumlah uang yang akan diambil. Nomor sandi ini kemudian dikirim melalui jaringan telpon kekomputer pusat. Komputer akan melihat, apakah yang bersangkutan memiliki uang simpanan atau tidak.

Electronic Draft Capture (EDC)

banyak digunakan para kasir diberbagai tempat pembelanjaan. Dengan menggosokkan kartu kredit kealat ini, maka data yang tersimpan didalam magnetic strips akan terbaca dan diteruskan melalui jaringan telpon kepusat komputer dari bank pemilik kartu. Dalam waktu singkat, komputer akan menjawab apakah pemilik kartu tersbut mempunyai uang ataukah tidak. Pesan bahwa transaksi bisa diterima atau ditolak segera bisa diterima oleh kasir yang bersangkutan.

Kamera digital

tidak menggunkan negatif-film, tetapi menggunakan layar LCD yang digunakan untuk mengatur gambar hasil bidikan dan internal memory untuk menyimpan gambar dalam bentuk image. Kodak DC-5000 Zoom sanggup menampung gambar kedalam internal memory-nya hingga 213 gambar. Gambar-gambar ini kemudian bisa dipindah kedalam komputer.

Proses transfer image dari kamera ke-komputer dapat dilaksanakan dengan menggunakan software bawaan ataupun software yang secara umum dapat kita dapatkan, misalnya adobe Photoshop ataupun Adobe Photo Deluxe. Proses transfer image biasanya dilakukan secara bertahap, setelah beberapa gambar berhasil di-transfer, image yang ada akan disimpan terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan proses transfer berikutnya

Kamera digital yang beredar dipasar saat ini, kini banyak dilengkapi dengan “kecerdasan” yang lebih tinggi, sehingga bisa mengesampingkan peranan dan fungsi PC sebagai media penghubung antar periperhal tersebut. Hewlett-Packard telah menerapkan teknologi Smart Media Card dengan printer foto. Dengan adanya teknologi ini, pengguna kamera dapat langsung melihat karyanya pada kertas cetakan tanpa campur tangan PC. Canon dengan produk printer warna sakunya yang dapat berhubungan langsung dengan kamera digital

4. OUTPUT DEVICE

Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak

Visual Display

Media yang pertama adalah Visual Display, output yang ada akan disajikan melalui suatu alat yang bentuknya mirip dengan televisi. Pada saat ini, visual display sudah merupakan satu kesatuan dari sebuah komputer

Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum

Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor

Monitor berwarna jenis CGA (Color Graphic Adapter) mampu menampilkan 16 warna dengan resolusi 640X200. Untuk jenis EGA (Enhanced Graphic Adapter), dalam menampilkan warna/ resolusi mempunyai kemampuan yang lebih tinggi jika dibanding CGA. Sedangkan jenis VGA ataupun Super VGA (Video Graphic Array) memiliki kemampuan untuk menampilkan 16 warna pada modus text dan 256 warna pada modus grafik

Salah satu kecenderungan yang berkembang di-industri monitor adalah penggunaan layar datar (flat-screen) baik untuk monitor berbasis CRT (Cathode Ray Tube) ataupun yang berbasis LCD (Liquid Cristal Display). Dibanding monitor CRT, tampilan LCD menjadi lebih nyaman, tidak ada distorsi dan gambar menjadi lebih jelas

Media kedua yang bisa digunakan sebagai output device adalah berupa kertas. Output yang dihasilkan akan berbentuk cetakan huruf ataupun pelbagai gambar.

Media magnetic

Media magnetic merupakan media ketiga yang bisa digunakan untuk menampung output komputer. Output yang ada akan disajikan dalam bentuk guratan-guratan magnetic yang bisa digunakan untuk menyimpan secara langsung hasil pemrosesan. Media ini telah dibahas pada bab sebelumnya, yaitu media penyimpan data.

Output Device :

1. Speaker

2. Monitor

3. Printer

4. Projector

Speaker

merupakan media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message. Media ini tidak dibahas dalam bab ini.

Printer

merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya

Jenis Printer

- Daisy Wheel Printer

Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Oleh pemakai, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.

Pada saat mencetak, mekanisme dari printer akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat yang dibutuhkan. Pada posisi seperti itu, hammer (palu/pemukul) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita (karbon) dan kemudian diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita. Terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

- Dot Matrix-Printer

Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second

- Ink-Jet Printer

Printer jenis ini menggunakan sistem yang berbeda dibanding dengan printer sebelumnya. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.

Karena menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini diantaranya adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat bersamaan. (Untuk jenis printer sebelumnya, bisa menggunakan karbon, sehingga beberapa lembar kertas bisa dicetak secara bersama-sama). Printer ini juga memiliki jenis yang berwarna ataupun tidak.

- Laser Jet Printer

Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.

Pada mesin foto-copy, pemfokusan gambar dilakukan oleh silinder yang berputar. Karena output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka printer jenis laser jet sangat cocok digunakan oleh pelbagai percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan

- Plotter

Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

- Inkjet Plotters

merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan pelbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari pelbagai warna yang mana warna ini kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum. Komputer yang dihubungkan dengan inkjet plotter ini, akan mengontrol pergerakan drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan. Inkjet plotter dapat menghasilkan pelbagai kombinasi warna gambar secara cepat, tenang dan tepat.

- Printer Digital

Beberapa waktu yang lalu, keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Disamping itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal.

Sekarang dapat kita jumpai model-model terbaru printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasiannya juga sederhana. Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.

Pada sector video, Sony melengkapi produk video kameranya yang dapat terhubung langsung dengan sebuah printer mini. Demikian pula halnya dengan Holywood DV Bridge dari Dazzle. Output video dapat dikonversi langsung dalam bentuk digital. Proses ini berlaku juga untuk proses sebaliknya dari digital ke-analog. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan kedua piranti melalui Bridge secara langsung tanpa melalui PC.

Jenis Printer menurut Cara cetaknya :

Character Printer

Printer yang mencetak perkarakter setiap waktu. Cth : LX300, LQ 2180, dsb.

Line Printer

Printer yang mencetak perbaris setiap waktu. Cth : Inkjet Printer.

Page Printer

Printer yang mencetak perhalaman setiap waktu. Cth : laser jet printer

KONSEP DATABASE

Manajemen Data

- Data sebagai sumber informasi perlu dikelola dengan baik

- Pengelolaan data diterapkan dengan menggunaan database

Database dan Sistem Informasi

- Menggunakan pengetahuan yang diturunkan dari database untuk keunggulan kompetitif atau pengambilan keputusan

- Menganalisa kebutuhan-kebutuhan dan merancang dan mengimplementasikannya

Contoh Aplikasi Database

- Perbankan : informasi nasabah, rekening, pinjaman, transaksi perbankan

- Penerbangan : reservasi dan jadwal

- Jasa Paket : tarif paket, tracking paket

- Universitas : Informasi mahasiswa, registrasi matakuliah, daftar nilai

- Sumber Daya Manusia: Informasi pegawai, riwayat pekerjaan, gaji, dan pelatihan

- Telekomunikasi: Tarif SLJJ, tagihan bulanan, saldo kartu prabayar

Definisi Database

- “a collection of related data” (Elmazri & Navathe, 1994)

- “an organized collection of logically related data” (McFadden, Hoffer, and Presscot, 2002)

- “a collection of data, typically describing the activities of one or more related organizations” (Ramakrishnan & Gerke, 2000)

Tinggalkan Komentar...

THIS IS MY STORY

05 September 2014 10:24:09 Dibaca : 58

THIS IS MY FIRST AND LAST (( MOMB )) >w<

Yaa.. Untuk posting kali ini aku hanya akan membeberkan sedikit bagaimana kerasnya OSPEK di FT.

Ada yang tau Ospek tak ?
Ada juga yang tidak tau ? =..=

TAHUKAH ANDA, ALGORITMA DI TEMUKAN OLEH ILMUAN MUSLIM

05 September 2014 10:09:35 Dibaca : 164

Algoritma di temukan oleh Abu Musa Dja'far AL-Khawarizmi

Pernahkah kamu mendengar kata aljabar atau kata algoritma? Dalam belajar matematika, nanti kamu juga akan mendapati dua kata ini. Tapi, tahukah kamu siapa penemunya? Hhmm..pasti deh ada yang menebak bahwa penemunya berasal dari ilmuwan Barat. Padahal sebenarnya ia adalah seorang ilmuwan muslim yang bernama Al-Khawarizmi. Siapakah sebenarnya Al-Khawarizmi itu? Yuk kita cari tahu…

Nama lengkapnya adalah Abu Ja’far Muhammad bin Musa al-Khawarizmi. Ia lahir di Khawarizmi, Uzbeikistan pada tahun 194 H/780 M. Ketika ia masih kecil, kedua orangtuanya pindah ke sebuah tempat di selatan kota Baghdad (kalau sekarang disebut Irak). Di dunia Barat, ia dikenal sebagai Al-Khawarizmi, Al-Cowarizmi, Al-Ahawizmi, Al-Karismi, Al-Goritmi, Al-Gorismi dan beberapa cara ejaan lainnya.

Al-Khawarizmi dikenal sebagai orang yang memperkenalkan konsep algoritma dalam matematika. oleh sebab itulah konsep ini disebut Algorism/Algoritma yang diambil dari nama belakangnya. Algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur (flowchart) dalam ilmu komputer/informatika.

Kepandaian dan kecerdasannya mengantarkannya masuk ke lingkungan Dar al-Hukama (Rumah Kebijaksanaan), sebuah lembaga penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang didirikan oleh Ma’mun Ar-Rasyid, seorang khalifah Abbasiyah yang terkenal. Ia juga bekerja dalam sebuah observatory yaitu tempat belajar matematika dan astronomi. Selain itu ia juga dipercaya untuk memimpin perpustakaan khalifah.

Selain ahli dibidang matematika, Al-Khawatizmi juga menekuni bidang astronomi, astrologi, dan geografi. Di bawah Khalifah Ma’mun, sebuah tim astronom yang dipimpinnya berhasil menentukan ukuran dan bentuk bundaran bumi. Di bidang geografi, Al-Khawarizmi juga pernah memimpin tujuh puluh orang geografer untuk membuat peta dunia pertama pada tahun 830. Waah…hebat yah??

Al-Khawarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan teori aljabar dan hisab. Oh iya, nama aljabar diambil dari bukunya yang terkenal itu looh yang berjudul al-Mukhtasar fi Hisab al-Jabr wal-Muqabalah (Ringkasan Perhitungan Aljabar dan Perbandingan). Dalam bukunya itu diuraikan pengertian-pengertian geometris.

Ia juga menyumbangkan teorema segitiga sama kaki yang tepat, perhitungan tinggi serta luas segitiga, dan luas jajaran genjang serta lingkaran. Ia mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen serta konsep diferensiasi. Oleh karena itulah Al-Khawarizmi juga disebut sebagai Bapak Aljabar.

Al-Khawarizmi juga memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan tentang angka 0 (nol) yang dalam bahasa Arab disebut sifr. Angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun setelah ditemukan oleh al-Khawarizmi. Sebelumnya para ilmuwan mempergunakan abakus, semacam daftar yang menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya, untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan.

Al-Khawarizmi juga menyusun buku tentang penghitungan waktu berdasarkan bayang-bayang matahari. Al-Khawarizmi meninggal pada 262 H/846 M di Baghdad. Walaupun ia sudah lama meninggal, namun ilmu yang ia hasilkan masih kita gunakan sampai saat ini.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong