Perencanaan Dan Pengendalian Mutu

07 February 2024 00:01:58 Dibaca : 12

Nama : Firmansyah HalidNim : 561422048Kelas : BProdi : S1-Teknik Industri

 

PERKEMBANGAN MANAJEMEN YANG BERPENGARUH PADA ORGANISASI 

1. Perkembangan Manajemen Ilmiah

Aliran Manajemen Ilmiah Manajemen ilmiah lair seiring dengan perkembangan teknologi yang dihasilkan oleh para ahli teknik yang bekerja pada perusahaan-perusahaan besar di eropa dan Amerika Serikat. Pada masa in dikenal ole kalangan usahawan sebagai revolusi industri. Para insinyur di eropa dan Amerika Serikat berupaya untuk mengembangkan berbagai cara baru untuk me-manage perusahaan. Teori Manajemen Ilmiah it sendiri dikembangkan berkat adanya kebutuhan terhadap peningkatan produktivitas. Dalam hal ini, produktivitas dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan efisiensi pekerja.

Pencetus: Frederick W. Taylor

Tokoh-tokoh: Henry Gantt, Frank Gilbreth, Lillian Gilbreth

Karya: Taylor menulis "The Principles of Scientific Management" yang menyoroti prinsip-prinsip seperti tugas yang terbagi secara ilmiah, seleksi ilmiah karyawan, dan kerjasama antara manajer dan pekerja.

2. Perkembangan Teori Administrasi

Pencetus: Henri Fayol

Tokoh-tokoh: Max Weber, Mary Parker Follett, Chester I. Barnard

Karya: Fayol memperkenalkan prinsip-prinsip manajemen seperti pembagian kerja, kewenangan, disiplin, dan kesatuan perintah dalam karyanya "General and Industrial Management".

 

3. Perkembangan Manajemen Klasik

Pencetus: Elton Mayo (untuk Teori Hawthorne)

Tokoh-tokoh: Chester Barnard, Max Weber

Karya: Elton Mayo dan timnya melakukan eksperimen di pabrik Hawthorne yang menyebabkan penemuan efek Hawthorne, menyoroti pentingnya faktor manusia dalam produktivitas dan manajemen.

4. Perkembangan Manajemen Modern

Aliran in di dasari oleh asumsi bahwa manusia memiliki berbagai kebutuhan dan mengalami perubahan yang cepat, sehingga tidak ada pendekatan yang bisa digunakan pada kondisi tersebut. Akan tetapi, pendekatan ini tetap mengakui gagasan teori manajemen klasik dan sumber daya manusia. Pada dasarnya, manajemen modern dibangun berdasarkan dua konsep utama, yakni teori perilaku organisasi dan manajemen kuantitatif.

 pencetus: Peter Drucker

Tokoh-tokoh: Douglas McGregor, Chester Barnard

Karya: Drucker menulis buku-buku seperti "The Practice of Management" dan "Management: Tasks, Responsibilities, Practices" yang menekankan pada manajemen berdasarkan tujuan, pengambilan keputusan, dan peran manajer sebagai pemimpin.

5. Perkembangan Manajemen Kontemporer

Charles M. Savage merupakan tokoh dalam generasi kelima perkembangan manajemen organisasi lewat bukunya yang berjudul "Fith Generation Management  Integrating Enterprises Through Human Networking" menerangkan bahwa mengutamakan kualitas melalui kepuasan individu (pelanggan maupun anggota organisasi), ciri utamanya adalah bagaimana mengintegrasikan perusahaan melalui jaringan manusia, unsur manusia di dalam organisasi dihargai sangat tinggi sebagai individu yang memiliki keahlian-keahlian tertentu, individu anggota organisasi bukan hanya sekedar alat produksi.

Pencetus: W. Edwards Deming (untuk Total Quality Management)

Tokoh-tokoh: Philip Kotler (untuk Pemasaran), Michael Porter (untuk Strategi Bisnis)

Karya: Deming dikenal dengan kontribusinya terhadap konsep Total Quality Management, sedangkan Kotler dan Porter memperkenalkan prinsip-prinsip pemasaran dan strategi bisnis yang berkelanjutan dalam karya-karya mereka.