BIOPER
Bioper adalah studi mengenai ikan sebagai sumber daya yang dapat dipanen.
tujuannya adalah untuk mempelajari, memahami, dan mengerti bagaimana pemanfaatan sumber daya perikanan seoptimal mungkin.
seksualitas ikan
ikan jantan adalah ikan yang mempunyai organ penghasil sperma, sedangkan ikan betina adalah ikan yang mempunyai organpenghasil telur.
populasi heteroseksual adalah populasi dimana terdiri dari ikan-ika yang berbeda seksualitasnya.
populasi monoseksual adalah populasi dimana terdiri dari ikan yang satu sex saja.
yel-yel
peel...banana
peel 2x banana
cut banana
cut 2x banana
eat banana
eat 2x banana
shake banana
shake 2x banana
pup banana
pup 2x banana
Membangun UNG dengan SMART
MEMBANGUN UNG DENGAN SMART MELALUI :
Search, Morality, Accountability, Rationality, Rotality.
Mengoperasikan MS Office Power Point
Memulai MS office power point 2007
Microsoft PowerPoint dipergunakan untuk membuat program Slide atau presentasi tertentu yang akan ditampilkan pada projektor, ataupun dengan peralatan lainnya. Program Aplikasi ini adalah produk dari Microsoft Co. yang terpaketkan dalam satu produk bernama Microsoft Office. Hingga saat ini Microsoft PowerPoint telah mencapai Versi 9 atau yang dikenal dengan Versi 2000. Penuntun ini bersifat bimbingan ringkas yang hendaknya dihadapi anda sebagai pembaca pada perangkat komputernya secara langsung. Ikuti langkah-langkah yang diberikan pada setiap tahapan yang ada, dan selamat mencoba.
Ada dua cara membuka layar kerja MS office Power Point 2007 yaitu :
Klik ikon Start, Klik All Programs, Klik Microsoft Office 2007, Klik Microsoft Office Power Point 2007
Selain menggunakan cara di atas dapat juga, Double klik pada Shortcut MS Power Point 2007 ()pada layar desktop.
Setelah itu akan muncul tampilan di bawah ini :
Pada aplikasi power point kita akan dibantu oleh ada beberapa menu bar seperti Home, Insert, Page Layout, Reference, Mailings, Review, View.
Membuat Slide Ms office power oint 2007
Langkah-langkah :
Bukalah layar kerja MS Office Power Point 2007 Pada kotak judul (Click to add title) ketiklah judul yang ingin anda presentasikan misalnya: Budidaya Ikan LelePada kotak sub judul (Click to add subtitle) Ketiklah : bagaimana cara membudidayakan ikan lele secara kawin suntik. ini hanya sebagai contoh.Jika ingin menambah slide baru cukup dengan mengklik new slide pada menu home. akan tersedia beberapa model slide pada office theme yaitu title slide, Title and content,section header,two contant, comparisson,title only, blank,content with caption,picture with caption.
Menyisipkan Slide Baru.
Bila kita telah melakukan pembuatan suatu slide, dan kita ingin membuat atau menyisipkan suatu slide baru, maka langkah-langkah pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
(1) Klik menu Insert, New Slide, atau menekan tombol keyboard CTRL + M.
(2) Selanjutnya anda kembali akan dihadapkan pada kotak dialog New Slide seperti yang sebelumnya.
Mengatur Desain Presentasi
Untuk memperindah presentasi, kita bisa menambahkan dan memilih desain yang di inginkan dari aplikasi Microsoft Power Point 2007 melalui Ribbon Design. Ribbon itu memungkinkan anda untuk menambahkan desain latar belakang slide dengan mengaktifkan slide, lalu pilih Ribbon Design. Pada group Themes pilih salah satu desain slide. Untuk menampilkan semua pilihan desain, klik Slide yang akan dipilih akan ditampilkan pada halaman kanvas.
Mengatur Format teks
Format teks adalah seperti pengaturan ukuran, jenis font, warna teks dan sebagainya. Untuk mengatur format teks, blok teks yang akan diubah fontnya, pilih menu home selanjutnya pilih salah satu icon untuk mengatur format teks.
selain itu bisa juga dengan mengklik kanan pada mouse, muncul kotak dialog font,pilih jenis huruf yang anda inginkan.
Menggunakan Bullet and Numbering
Bullet and Numbering seriing digunakan untuk menuliskan poin-poin bahasan dalam presentasi. Untuk menambahkan Bullet atau Numbering, gunakan cara di bawah ini:
1. pilih teks yang akan ditambah bullet atau numbering.
2. Pilih Ribbon Home> Bullet> atau Numbering pada Group Paragraph.
3. Pilih bentuk bullet atau numbering yang diinginkan.
Teknik Penggunaan Warna
Selain teknik pengaturan desain presentasi, teknik penggunaan warna (atau biasa disebut theme) juga mempengaruhi hasil akhir presentasi yang disajikan. Cara mengatur theme adalah dengan memilih Ribbon Design. Kemudian, pilih warna dengan mengklik Color pada Group Themes.
Mengubah Warna Background
Jika anda kurang menyukai warna Background theme, kita bisa mengubahnya melalui Ribbon Design dan memilih Background Style pada Group Background. Akan muncul berbagai warna Background, kita bisa juga mengubah style Background secara manual dengan memilih Format Background pada kotak Background Style. Pada pilihan itu, anda bisa mengatur style lebih detail. Warna yang bisa dipilih juga lebih bervariasi, misalnya warna gradasi, tekstur atau bahkan gambar.
Bekerja dengan Tabel, Gambar, Video dan Sound
Dalam presentasi, penambahan tabel, Gambar, Video dan Sound akan memberikan nilai plus tersendiri
Bekerja dengan Tabel
Objek tabel sering digunakan dalam penyajian presentasi, yang biasanya dipakai dalam pembuatan laporan.
- Membuat tabel
Cara menambahkan objek tabel pada presentasi adalah dengan memilih Ribbon Insert. Pada group Tables, pilih Tabble> Insert Table dan tentukan jumlah baris dan kolom. Kemudian masukkan data yang dibutuhkan.
- Mengatur Format Tabel
Untuk memodifikasi tabel, aktifkan tabel dan pilih ribbon Layout. Lanjutkan dengan mengatur layout tabel yang diinginkan. Untuk mengetahui lebih jauh fungsi tool dari menu layout yang digunakan, baca keterangan berikut:
Selecti: untuk menyeleksi bagian tabel yang diinginkan.
View Gridlinesi: untuk menampilkan/menyembunyikan garis bantu Gridlines.
Delete: untuk menghapus bagian tabel yang diseleksi.
Insert Above: untuk menyisipkan baris ke atas.
Insert Bellow: untuk menyisipkan baris ke bawah.
Insert Left: untuk menyisipkan kolom ke kiri.
Insert Righ: untuk menyisipkan kolom ke kanan.
Merge Cells: untuk menggabungkan cell yang diseleksi.
Split Cells: untuk membagi sel menjadi beberapa bagian.
Table Row Height: untuk mengatur tinggi baris.
Table Column Widdth: untuk mengatur lebar kolom.
Distribute Rows Height: untuk menyamakan tinggi baris.
Distribute Rows Widht: untuk menyamakan lebar kolom.
Left: untuk meratakan teks ke sisi kiri sel.
Center: untuk meratakan teks ke sisi tengah sel.
Right: untuk meratakan teks ke sisi kanan sel.
Align Top: untuk meratakan teks ke bagian atas sel.
Center Vertically: untuk meratakan teks ke bagian tengah sel.
Align Bottom: untuk meratakan teks ke bagian bawah sel.
Text Direction: untuk memutar teks dengan sudut putaran tertentu.
Cells Margin: untk mengatur batas atas, kiri, kanan dan bawah teks pada sel.
- Mengatur desain tabel
Anda juga dapat memanfaatkan Ribbon Design untuk memodifikasi tabel. Fungsi tool dari Ribbon Design sebagai berikut:
Header Row: untuk menambahkan arsiran pada baris pertama tabel.
Total Row: untuk menambahkan arsiran pada baris terakhir tabel.
Banded Row: untuk menambahkan variasi arsiran berbeda pada baris tabel.
First Column: untuk menambahkan arsiran pada kolom pertama tabel.
Last Column: untuk menambahkan arsiran pada kolom terakhir tabel.
Banded Row: untuk menambahkan variasi arsiran berbeda pada kolom tabel.
Tables styles: untuk mengubah style tabel.
Shading: untuk menambahkan arsiran warna bagian tabel.
Outside Border: untuk menambahkan garis border tabel.
Effect: untuk menambahkan efek emboss/bevel pada sel tabel.
Quick Style: untuk menambahkan variasi word art pada teks tabel.
Teks Fill: untuk menambahkan variasi warna teks.
Text Outline: untuk menambahkan variasi garis luar teks.
Text Effect: untuk menambahkanvariasi effect teks.
Pen Style: untuk mengubah style garis tabel.
Pen Weight: untuk mengubah tebal garis tabel.Pen color: untuk mengubah warna garis tabel.
Draw table: untuk mengaktifkan pen tabel.
Eraser: untuk menghapus format tabel.
Menggunakan Gambar
Penambahan obyek gambar merupakan salah satu komponen pendukung dalam penyajian presentasi. Untuk menambahkan obyek image, pilih Ribbon Insert. Pada group Illustration, pilih Picture. Lanjutkan dengan menentukan direktori file image yang akan ditambahkan dan klik Insert untuk mengakhiri.
Menambahkan Sound
Untuk menambahkan sound ikuti langkah berikut:
1. Pilih Ribbon Insert.
2. Pada group Illustration pilih Sound.
3. Pilih salah satu sumber file sound:
Sound from file: untuk memilih file sound dari direktori lain.Sound from Clip Organizer: untuk memilih file sound dari Clip Organizer.Play CD Auto Track: untuk memilih file sound dari CD.Record Sound: untuk memilih file sound yang merupakan hasil rekaman.
Slide yang ditambah sound akan ditandai speaker. Anda bisa memindahkan simbol speaker tersebut pada posisi yang di inginkan.
Menggunakan Efek Dalam Presentasi
Menyajikan presentasi semenarik mungkin menjadi tujuan utama seorang presenter agar audience tidak merasa bosan, tetapi merasa nyaman. Salah satu sajian menarik dalam presentasi adalah penambahan efek.
1. Menambah dan menggunakan animasi pada presentasi dilakukan dengan cara berikut:
a. Aktifkan atu tampilkan slide yang akan ditambah animasi.
b. Pilih Ribbon Animation, pilih Animate pada group Animation.
Setelah memilih bentuk animate maka animasi akan ditampilkan pada lembar kerja. Untuk mengulang tampilan animasi klik Preview tool.
2. Mengatur Setting Animasi: pengaturan setting animasi diperlukan untuk menampilkan sajian presentasi secara maksimal. Untuk mengatur setting animasi, lakukan tahapan sebagai berikut:
a.Pilih Ribbon Animation.
b.Pada group Animation pilih Custom animation untuk menampilkan task panes Custom animation di sisi kanan lembar kerja. Pada task panes Custom animation terdapat menu sebagai berikut:
Change/Add Effect: untuk mengubah atau menambahkan animasi pada objek slide yang diseleksi.Remove: untuk menghapus animasi dengan mengklik nomor animasi pada presentasi lalu klik Remove.Start: untuk menampilkan objek menjadi slide presentasi, klik mouse. Ada 3 pilihan untuk menampilkan objek yaitu On Click (untuk menampilkan objek dengan mengklik mouse), With Previous (untuk menampilkan objek yang menjadi presentasi secara bersamaan) dan After Previous (untuk menampilkan objek yang menjadi bagian presentasi satu persatu)Direction: untuk menampilkan objek dari arah tertentu.Speed: untuk mengatur kecepatan animasi setiap objek.
3. Menggunakan efek transisi
Efek transisi adalah sefek pergantian slide menggunakan group Transition to this slide. Efek transisi meliputi suara dan animasi. Untuk menembahkan efek transisi, caranya sebagai berikut:
a. Pilih Ribbon Animation.
b. Tampilkan semua pilihan efek transisi dengan mengklik tanda panah pada group Transition to This Slide.
c. Pilih bentuk transisi untuk ditampilkan pada lembar kerja.
d. Gunakan efek transisi suara dibagian Transition Sound.
e. Atur kecepatan transisi pada Transition Speed.
f. Klik Apply to All untuk menerapkan efek transisi pada semua slide presentasi.
g. Hilangkan tanda centang pada On Mouse Click jika anda ingin menampilkan efek transisi tanpa harus melakukan klik.
h. Atur waktu tampil setiap slide pada bagian Automatically after.
Membuat Dan Menjalankan Slide Show
Penambahan Slide Show semakin menangguhkan PowerPoint sebagai salah satu program terbaik untuk presentasi. Untuk menambahkan Slide Show, anda bisa memanfaatkan Ribbon Slide Show.
a. Mempersiapkan Slide Show
Tahap pertama pembuatan Slide Show adalah mempersiapkan slide yang akan disajikan dengan memilih From Beginning atau Current Slide Show pada group Start Slide Show. Jika ingin menyajikan slide secara berurutan, anda bisa menggunakan langkah sebagai berikut:
1. Pilih Ribbon Slide Show.
2. Pada group Start Slide Show> Custom Slide Show> Custom Show, lalu klik New.
3. Akan muncuil kotak dialog Define Custom Show. Kemudian ketikkan nama yang anda inginkan pada "Slide Show Name"
4. Pada bagian Slides in presentation, pilih slide yang akan disajikan pertama kali.
5. Klik tobol Add.
6. Pilihan yang diklik akan berpindah ke kotak dialog Slide in custom show.
7. Setelah selesai mengurutkan klik OK.
8. Klik close untuk kembali ke lembar kerja presentasi. Atau klik show untuk menampilkan pengaturan slide show.
Untuk menampilkan Custom show yang sudah dibuat, pilih Ribbon Slide Show, pilih Custom Slide Show, pilih nama custom show yang diinginkan.
b. Merekam Narasi (Naration)
Sebelum narasi presentasi dibuat, pastikan PC sudah dilengkapi dengan perangkat Headset. Setelah semua perangkat dilengkapi, anda bisa membuat narasi dengan langkah sebagai berikut:
1. Pilih Ribbon Slide Show.
2. Pilih group Set Up> Record Naration.
3. Lakukan tes pada perangkat headset dengan mengklik tombol Set Microphone level. lakukan tes suara pada jendela Record Naration dan klik OK untuk mulai merekam suara.
4. Setelah selesai tekan Esc untuk mengakhiri.
5. Klik Save untuk menyimpan hasil rekaman.
6. Hasil rekaman yang dibuat akan langsung ditampilkan pada slide show.
Menyembunyikan Slide
Jika slide tidak digunakan, anda bisa menyembunyikanya dengan memilih Ribbon Slide Show, kemudian aktifkan slide yang disembunyikan. Pada group Set Up pilih hide Slide. Dengan begitu, slide yang disembunyikan akan diberi tanda khusus.
Mencetak Slide, Note Page dan Handout
Sebagai tahap akhir dalam penyajian presentasi akan dilakukan pencetakan handout. Cara mencetak Slide/Handout slide/Note page sebagai berikut:
1. Klik Logo Office yang terletak dikiri paling atas layar anda lalu klik menu Print.
2. Pilih Print dan lakukan pengaturan setting pencetakan sebagai berikut:
Name: digunakan untuk memilih nama printer.Print range: digunakan untuk memilih slide/handout yang akan dicetak.Print What: digunakan untukmenentukan bentuk atau layout pencetakan. Pilih Slide (untuk mencetak slide), pilih Note Pages (untuk mencetak notes), atau pilih handout (untuk mencetak handout).Klik Preview untuk menampilkan hasil akhir handhout.
Menyimpan File Presentasi.
langkah-langkahnya :
(1) Klik menu File, Save atau tekan tombol CTRL+S atau klik icon Save
(2) Bila file yang disimpan baru pertama kali atau belum ada namanya, maka pada tahap ini anda ketikan nama filenya, misalnya : Presentasi IT , lalu tekan tombol ENTER.
Mengakhiri Program.
langkah-langkahnya :
(1) Kliklah menu File, Exit, atau klik icon Close.
(2) Bila anda belum menyimpan file presentasi yang dibuat maka akan muncul kotak dialog seperti berikut. Pada pilihan yang disediakan kliklah button Yes untuk menyimpan file presentasi, atau klik button No untuk tidak menyimpanya, atau Cancel untuk membatalkan proses mengakhiri program Microsoft PowerPoint ini.
Membuka File Presentasi Yang Ada
langkah-langkahnya adalah :
(1) Kliklah menu File F Open atau tekan tombol CTRL + O atau klik icon Open.
(2) Berikutnya anda klik file presentasi yang ada pada kotak dialog Open, atau ketik nama file presentasinya pada textbox File name.
(3) Klik button Open atau tekan tombol ENTER.
http://effendi-dmth.blogspot.com/2012/08/power-point-2007-tutorial-cara.html
Komponen Yang Terdapat dalam CPU
Terdiri dari motherboard, processor, memory, harddisk, graphic card, casing, dan power supply. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai komponen-komponen yang ada dalam CPU.
1. Motherboard
Merupakan komponen utama dari sebuah komputer, karena semua komponen komputer diletakkan dan disatukan.
2. Processor
Merupakan otak dari komputer, karena setiap pengolahan data dilakukan pada processor. Oleh karena itu diperlukan processor yang cukup cepat untuk mengeksekusi program-program yang akan digunakan. Banyak jenis processor pada saat ini seperti Intel Pentium 4 Prescott, Intel Pentium 4 Extreme Edition untuk kelas high end, Intel Celeron D untuk pasar low end, dan Intel Core Duo untuk high-end performance.
Sedangkan pihak AMD telah mengeluarkan AMD Athlon FX dan AMD Athlon64 untuk pasar high end dan AMD Sempron dan Sempron64 untuk pasar low end, dan Athlon X2 untuk high-end performance.
3. Memory
Merupakan salah satu komponen terpenting untuk diperhatikan karena performa komputer juga sangat bergantung dengan kecepatan memorinya. Fungsi memori pada komputer adalah menampung sejumlah data atau informasi sebelum diproses oleh processor, sehingga semakin besar kapasitas memori maka semakin besar data dan informasi yang dapat ditampung sebelum diproses. Sedangkan nilai delay (CAS Latency) merupakan waktu yang diperlukan memori untuk mentransfer data dan informasi tersebut.
CAS Latency adalah nilai yang menyatakan delay (waktu tunda) pengiriman data/perintah dari memory ke motherboard. Jadi semakin kecil nilai CAS Latency maka semakin baik modul memory tersebut, karena modul tersebut dapat mentransfer data dengan lebih cepat, dikarenakan delay waktu yang dimilikinya lebih kecil.
4. Harddisk
Merupakan tempat penampungan data statis. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada harddisk yaitu :
1. Kecepatan putaran piringan per menit atau RPM (Rotating/Minutes), semakin besar nilainya berarti semakin cepat pula data dibaca. Saat ini masih ada 2 jenis kecepatan harddisk yang paling banyak digunakan yaitu 5400 RPM dan 7200 RPM.
2. Memory Buffer Size
3. Interface
4. Ukuran Fisik
5. Graphic Card
Kartu grafis atau biasa disebut VGA, umumnya yang beredar dipasaran menggunakan chipset dari nVidia dan ATI. Kartu grafis dengan chipset ATI umunya dikenal dengan kecepatan pengolahan data yang tinggi sehingga cocok untuk platform game yang memerlukan tingkat pergantian frame setiap detiknya cukup tinggi. Sedangkan kartu grafis nVidia untuk platform game yakni seri GeForce lebih dominan pada tingkat ketajaman dan kesempurnaan dari tampilan yang dihasilkan. Selain itu nVidia juga mengeluarkan satu varian chipset grafic untuk kalangan profesional yakni nVidia Quadro, chipset ini diperuntukkan untuk proses grafis yang memerlukan tingkat kedetailan cukup tinggi seperti pengolahan photo dan video editing, serta diperuntukan untuk proses rendering karena menyediakan pixel pipeline yang cukup tinggi.
5. Casing
Fungsi utamanya adalah melindungi komponen-komponen utama komputer. Tanpa casing, komponen-komponen tersebut rentan terhadap berbagai gangguan dari luar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan alam memilih casing, antara lain :
1. Bahan/Material
2. Drive Bays
3. Multimedia Panel
4. Form Factor
5. Sistem Sirkulasi Udara
6. Power Supply Unit (PSU)
Fungsinya sebagai memasok daya ke komponen lain pada PC. Semua komponen PC (selain power supply) akan memperoleh pasokan daya dari power supply tersebut. Spesifikasi yang sering dicantumkan adalah daya maksimum total dan daya maksimum masing-masing tegangan (bisa juga arus maksimum). Nilai-nilai ini sebaiknya dicermati. Adapun tegangan yang umum disediakan oleh power supply adalah +3,3V, +5V, +12V, -5V, -12V, dan +5VSB (stanby). Daya maksimum total adalah daya total yang bisa diberikan dengan kombinasi tertentu.
penjelasan singkat tentang komponen dasar dalam CPU
1. PSU : penyuplai daya ke semua peripheral
2. motherboard : papan sirkuit/rangkaian utama
3. processor : pengolah data
4. RAM : penyimpan file sementara/jalur lalu lintas data
5. optical drive : pembaca media CD/DVD
6. VGA Card : pengolah grafis
7. Sound card : pengolah suara
8. kipas : pendingin semua perpheral
9. lampu neon : aksesoris
10. hardisk : penyimpan data utama
Kategori
- Masih Kosong