ART NIGHT

25 February 2013 08:23:15 Dibaca : 82

Malam ini tepatnya malam minggu,kami anak-anak bidik misi yang tinggal di rusunawa mendapat program art night, sebenarnya ada dosen tersendiri yang akan menyampaikan materi malam ini, tetapi karena pemateri belum juga datang maka materi malam ini disampaikan oleh tutor ka fuzi. Dia hanya menjelaskan tentang garis-garis besar seni, mulai dari pengertian seni,tujuan,manfaat seni.

Pengertian seni

Menurut saya seni adalah keahlian ataupun kemampuan seseorang dalam membuat suatu karya yang menghasilkan keindahan ataupun dapat menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi.

Manfaat seni

Seni memliki manfaat bukan hanya pada manusia tetapi juga makhluk lain seperti tumbuhan danhewan. Contohnya saja seni musik, bagi manusia musik dapat menyehatkan jantung,meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stress, meningkatkan kreatifitas, meningkatkanproduksi hormon, dll. Bahkan menurut Dedekusn (nama panggilan di blognya) yangmenyebutkan bahwa musik klasik dapat dikhususkan untuk kesehatan janin dalam kanungan,ibumenyusui, bayi yang baru lahir, meningkatkan kecerdasan anak, relaksasi, dll. (http://www.scribd.com/doc/86879496/manfaat-seni)

Tujuan seni

Tujuan seni adalah untuk mempertunjukan atau mempertotonkan segala sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta manusia kepada khalayak umum.

. Cabang-cabang Seni ada 5 yaitu :

Seni RupaSeni Tari/gerakSeni Suara/Vocal/MusikSeni SastraSeniTeater/drama

Seni rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. (http://febriirawanto.blogspot.com/2011/09/makalah-fungsi-dan-tujuan-seni-rupa.html)Seni tari adalah salah satu jenis gerak selain senam, bela diri, akrobatik, ataupantomime. Sebagai seni, tari memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan seni-seni lain.Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, keindahan, dan ekspresi.Selain itu, seni tari memilki unsur-unsur ruang, tenaga, dan waktu. (http://www.scribd.com/doc/79094371/PENGERTIAN-SENI-TARI)

Seni musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikansebagai musik Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah,mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.David Ewen mencatat sebuah definisi tentang musik yang dibuat oleh penyusun kamus sebagai³Ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupuninstrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingindiungkapkan terutama aspek emosional.´( http://www.scribd.com/doc/56819642/Pengertian-Seni-Dan-Sejarah-Seni-Musik)

Seni sastra adalah Banyak ahli yang mendefenisikan pengertian sastra dapat kita lihat sebagai berikut : Fananie (2000 : 6) mengatakan :
“ Bahwa sastra adalah karya fiksi yang merupakan hasil kreasi berdasarkan luapan emosi yang spontan yang mampu mengungkapkan kemampuan aspek keindahan yang baik yang didasarkan aspek kebahasaan maupun aspek makna”.( http://id.shvoong.com/humanities/linguistics/2130885-pengertian-sastra/

Seni teater adalah kisah hidup dan kehiudpan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis.(http://id.shvoong.com/society-and-news/news-items/2007780-pengertian-seni-teater/)

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll