Jenis-Jenis Kebutuhan Anak Usia SMP dan SMA

19 March 2015 11:01:28 Dibaca : 764 Kategori : Pendidikan Umum

Pada dasarnya, kebutuhan yang terdapat pada anak usia SMP dan SMA tidak jauh berbeda karena cara piker mereka yang relatif stabil dan memiliki kesamaan antara satu dengan yang lainnya.
Dapat dikatakan juga bahwa kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang terdapat pada anak usia SD, kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang terdapat pada anak usia SMP, sedankan Tersier adalah kebutuhan yang terdapat pada anak usia SMA.

1. Kebutuha Primer
Kebutuhan pirmer adalah kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang pertama harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kata primer sendiri berasal dari kata Primus yang artinya pertama. secara umum kebutuhan primer pada anak usia SMP dan SMA terdiri atas pangan, sandang dan papan atau makanan, pakaian dan rumah.

2. Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan kedua yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Adapun kata skunder berasal dari kata Scundus yang berarti kedua. Dalam kehidupan remaja (SMP dan SMA) membutuhkan fasilitan elektronik yang dapat memudahkan kerja mereka. Namun tidak sedikit pula kebutuhan ini sudah terpenuhi pada anak usia SD yang dapat mengakibatkan capatnya pertumbuha pola piker yang seharusnya belum saatnya berkembang.

3. Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga yng dipenuhi setelah kabuuhan primer dan sekunder terpenui. Kata tersier berasal dari kata Tertius yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebtuhan mewah atau lux. Pada anak usia SMP dan SMA, kebutuhan ini yang biasanya diharapkan untuk dapat terpenuhi secepatnya karena kebutuhan tersier dapat mengankat reputai seorang siswa di kalangan remaja.