tugas komputer administrasi perkantoran kelas B

07 March 2014 10:28:06 Dibaca : 90

1. jelaskan format cells pada excel

2.fungsi logika pada excel

3.fungsi tex pada excel

4.fungsi riferent/vlookup pada excel

5.fungsi statistik pada excel

*jawaban

1.Format Cells adalah adalah kotak dialog yang menangani masalah pengaturan terhadap properti dalam suatu cell.

Ada enam tab di kotak dialog Format sel : nomor, perataan, Font, perbatasan, pola, dan perlindungan. Bagian berikut ini menjelaskan pengaturan yang tersedia di setiap tab.

a. Number

Pada tab number kita bisa mengatur format pada cell

Sample, menunjukkan isi cell yang anda pilih untuk diformatDecimal places, menentukan banyaknya angka di belakang koma yang maksimal sampai 30 angka di belakang koma.Kotak ini hanya untuk kategori Number, Currency, Accounting, Percentage, dan Scientific.Use 1000 Seperator, untuk mengisi pemisah ribuan pada angka. Kotak ini hanya berlaku untuk kategori Number.Negative numbers, menentukan bentuk penulisan bilangan-bilangan negatif. Kotak ini hanya berlaku pada kategori Number dan Currency.Symbol, memilih simbol mata uang. Kotak ini hanya berlaku pada kategori Currency dan Accounting.Type, memilih tampilan yang anda ingin gunakan pada angka. Kotak ini hanya berlaku pada kategori Date, Fraction, Special, dan Custom.Locale (location), memilih bahasa yang digunakan dalam menampilkan angka. Pilihan ini hanya berlaku pada kategori Date, Time, dan Special.

b. Aligment

Text aligment

Horisontal, pilih pilihan dalam kotak daftar Horizontal untuk mengubah perataan isi sel secara horizontal. Secara default, Microsoft Office Excel perataan untuk teks ke kiri, nomor ke kanan, dan nilai-nilai logis dan kesalahan tengah. Perataan default secara horisontal adalah General.

Vertical, pilih pilihan pada kotak Vertical untuk mengubah perataan isi cell secara vertical. Secara default perataan vertical adalah Bottom.

Indent, jarak isi cell terhadap dinding cell. Satu indent sebanding dengan lebar satu buah karakter. Misalnya anda memilih perataan lef dan indent 2, maka jarak antara isi cell dengan dinding cell kiri adalah 2 karakter.

Orientation, pilih opsi di bawah Orientation untuk mengubah orientasi teks dalam sel yang dipilih. Rotasi pilihan mungkin tidak tersedia untuk beberapa pilihan perataan.Degrees, mengatur jumlah rotasi teks dalam sel yang dipilih. Gunakan angka positif dalam kotak Degree untuk memutar teks yang dipilih dari kiri bawah ke kanan atas dalam sel. Gunakan derajat negatif untuk memutar teks dari kiri atas ke kanan bawah pada sel yang dipilih.

Text Control

Wrap text, pepatkan teks ke dalam beberapa baris teks pada sel. Jumlah baris dipepatkan tergantung pada lebar kolom dan panjang isi sel.
Shrink to fit, kecilkan tampilan huruf sehingga semua data dalam sel yang dipilih sesuai dalam kolom. Ukuran karakter disesuaikan secara otomatis jika Anda mengubah lebar kolom. Ukuran font yang digunakan tidak berubah
Merge cells, menggbungkan dua atau lebih sel yang dipilih ke dalam sel tunggal.

Right-to-left

Text direction, pilih opsi di kotak Text untuk menentukan urutan membaca dan perataan. Pengaturan default adalah Context, tetapi Anda dapat mengubahnya ke Left-to-Right atau Right-to-Left.

c. Font

Font, memilih jenis huruf untuk teks pada cell yang dipilih

Font style, memilih tipe huruf untuk teks pada cell yang dipilih

Size, memilih ukuran huruf untuk teks pada cell yang dipilih. Rentangannya antara 1 sampai 1638.

Underline, memilih tipe garis bawah untuk teks pada cell yang dipilih.
Color, memilih warna untuk cell yang dipilih atau text.

Normal font, centang pada Normal font untuk mengembaikan atau reset jenis tulisan, ukuran dan effect ke dalam bentuk normal.

Efect, memungkinkan kita untuk memberikan efek pada tulisan

Strikethrough untuk mengisi garis pada tengah-tengah tulisan.Superscript misalnya O2Subscript misalnya 32

Preview, menampilkan contoh hasil teks yang diformat.

d. Border

Style, memilih jenis garis untuk border
Preset, pilih opsi border yang telah ditetapkan untuk menerapkan border atau menghapus border dari sel yang dipilih
Color, untuk memilih warna dari border
Border, mengisikan garis satu persatu pada sel yang dipilih sebagai border.

e. Fill

Background Color, memilih warna latar belakang cell yng dipilih.
Fill Effects, untuk memberikan gradien, tekstur atau gambar sebagai warna latar cell
More Colors, untuk menambahkan warna yang tidak anda temukan pada color palette
Pattern Color, untuk memberi warna pada pola.
Pattern Style, meilih pola yang anda inginkan untuk dijadikan latar belakang cell
Sample, melihat tampilan dari format yang anda buat

f.Protection

Locked, mengunci cell sehingga tidak bisa diubah, diubah ukurannya, atau di hapus.
Hidden, menyembunyikan formula atau rumus yang ada pada cell.

2. Fungsi Logika Microsoft Excel 2007- Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Sebagai contoh, dari nilai mahasiswa akan ditentukan apakah mahasiswa tersebut lulus atau tidak, dan jika lulus apakah predikat dari nilainya tersebut. Dalam menangani hal ini telah disediakan fungsi untuk percabangan, yaitu dengan mengunakan fungsi IF. Fungsi ini digunakan untuk menguji suatu kondisi atau logika, yang akan menentukan nilai kembali ke-1 jika kondisi tersebut bernilai benar dan menentukan nilai kembali ke-2 jika kondisi tersebut salah. Cara penggunaan:

=IF(Kondisi;[Nilai_Jika_Benar];[Nilai_Jika_Salah])

3. Fungsi Teks pada Excel 2007

Data berupa teks dapat dinyatakan sebagai sebuah argument. Salah satu fungsi teks yang sering digunakan adalah fungsi pemotongan teks untuk mendapatkan atau menggunakan informasi dari sebagian atau seluruh teks yang ada. Beberapa fungsi teks yang sering digunakan adalah:

LEFT

digunakan untuk memotong bagian kiri suatu teks sebanyak karakter tententu.
=LEFT(text,num_chars)

Contoh :
cell A2 = Tutorial Ilmu Komputer
=LEFT(C2,8)
hasil = Tutorial

RIGHT

digunakan untuk memotong bagian kanan suatu teks sebanyak karakter tententu.
=RIGHT(text,num_chars)

Contoh :
cell A1 = Tutorial Ilmu Komputer
=RIGHT(A1 ,8)
hasil = Komputer

MID

digunakan untuk memotong teks pada kedudukan tententu.
=MID(text,start_num,num_chars)
text adalah teks yang ingin dipotong
start_num adalah posisi mulai memotong dihitung dari kiri
num_chars adalah banyaknya karakter yang dipotong

Contoh :
cell A1 = Tutorial Ilmu Komputer
=RIGHT(A1 ,10,4)
hasil = Ilmu

LEN

digunakan untuk meghitung panjang suatu teks atau banyaknya karakter pada suatu teks.
=LEN(text)

Contoh :
cell A1 = Tutorial Ilmu Komputer
=LEN(A1)
hasil = 22

VALUE

digunakan untuk mengubah data karakter menjadi angka
=VALUE(text)

TEXT

digunakan untuk mengubah data angka menjadi karakter
=TEXT(text)

FIND

digunakan untuk mencari kedudukan karakter tertentu dari suatu teks dan nilai yang dihasilkan berupa angka yang menunjukkan posisi karakter yang dicari.
FIND(find_text,within_text,start_num)
find_text adalah teks atau karakter yang ingin dicari
within_text adalah teks yang berisi karakter atau teks yang ingin dicari
start_num dicari dari karakter yang keberapa.

CONCATENATE

digunakan untuk menggabungkan data di cell-cell yang berbeda.
=CONCATENATE (text1,text2,...)
banyaknya cell yang bisa digabungkan adalah 2 sampai 255.

4. FUNGSI REFERENSI (LOOK UP) pada Ms. Excel

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP mempunyai fungsi dan prinsip yang sama. Perbedaanya terletak pada pembacaan arah tabel. Dimana Fungsi VLOOKUP digunakan untuk membaca nilai tabel dalam arah vertical (dalam satu kolom), sedangkan Fungsi HLOOKUP digunakan untuk membaca nilai tabel dalam arah horizontal (dalam satu baris).

Rumus umum untuk kedua fungsi ini adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;lookup_range)

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;lookup_range)

5. Fungsi Statistik pada Excel 2007

AVERAGE

Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata untuk beberapa data. Secara matematika AVERAGE dirumuskan dengan jumlah dari seluruh data dibagi dengan banyaknya data.

=AVERAGE(number1,number2,...)

COUNT

Fungsi COUNT adalah untuk menghitung banyaknya cell yang mengandung angka.

=COUNT(value1,value2,...)

COUNTA

Fungsi COUNTA adalah untuk menghitung banyaknya cell yang tidak kosong.

=COUNTA(value1,value2,...)

MAX

Fungsi MAX adalah untuk menghitung nilai terbesar dari data.

=MAX(number1,number2,...)

MEDIAN

Fungsi MEDIAN adalah untuk menghitung nilai tengah dari data.

=MEDIAN(number1,number2,...)

MIN

Fungsi MINadalah untuk menghitung nilai terkecil dari data.

=MIN(number1,number2,...)

Banyaknya data yang bisa dicari dengan fungsi statistik adalah dari 1 sampai 255

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong