TUGAS PENGANTAR DAN PENGENALAN ILMU KOMPUTER

17 April 2013 21:28:10 Dibaca : 116

Tugas Pengantar & pengenalan ilmu komputer !

Fungsi-fungsi pada Excel ;


1. Fungsi Logika.

*  AND , digunakan untuk membandingkan 2 buah data atau lebih, proses dilaksanakan jika semua data terpenuhi, syntaknya adalah =AND(Perbandingan1;Perbandingan2;…)

Contoh  :

Nilai 1 Nilai 2 Keterangan  
70 80 FALSE =AND(B3>70;C3>80)
80 88 TRUE =AND(B4>70;C4>80)

 

*  OR, digunakan untuk membandingkan 2 buah data atau lebih, proses dilaksanakan jika salah satu data terpenuhi, syntaknya adalah =OR(Perbandingan1;Perbandingan2;…)

Contoh  :

Nilai 1 Nilai 2 Keterangan  
70 80 FALSE =OR(B3>70;C3>80)
80 88 TRUE =OR(B4>70;C4>80)

 


*  IF, digunakan untuk membandingkan 2 buah keadaan atau lebih, syntaknya adalah =IF(Syarat_Logika;Jawaban_benar;jawaban_salah)

Contoh :
Jika nilai besar dari 70 maka keterangan lulus
Jika kurang dari 70 maka keterangan gagal

No. Nama Siswa Nilai Akhir Keterangan  
1. Andi 75 Lulus =IF(C4>70;”Lulus”;”Gagal”)
2. Boby 67 Gagal =IF(C5>70;”Lulus”;”Gagal”)

 

a)  IF bercabang , digunakan untuk membandingkan beberapa keadaan atau lebih, syntaknya adalah =IF(Syarat_Logika;Jawaban_benar;jawaban_salah;IF(Syarat_Logika;Jawaban_benar;jawaban_salah;IF(Syarat_logika;Jawaban_benar;jawaban_salah)))

Contoh :
Jika golongan A maka jumlah gaji Rp 900.000
Jika golongan B maka jumlah gaji Rp 750.000
Jika golongan C maka jumlah gaji Rp 600.000

No. Nama Gol Gaji Pokok  
1. Andi A Rp 900.000 =IF(C4=”A”;900000;IF(C4=”B”;750000;650000))
2. Rina B Rp 750.000 =IF(C5=”A”;900000;IF(C5=”B”;750000;650000))

 

b)  IF (AND , fungsi logika ini adalah fungsi gabungan antara IF dan AND, syntaknya adalah : =IF(AND(Perbandingan1;Perbandingan2);Jawaban_benar;jawaban_salah)

Contoh :
Jika nilai teori >=60 dan nilai praktek >=65 maka keterangan Tuntas, selainnya Tidak tuntas.

No. Nama Nilai Keterangan  
Teori Praktek
1. Andi 80 85 Tuntas =IF(AND(C5>=60;D5>=65);”Tuntas”;”Tidak Tuntas”)
2. Boby 55 75 Tidak Tuntas =IF(AND(C6>=60;D6>=65);”Tuntas”;”Tidak Tuntas”)

 

c)  IF OR , fungsi logika ini adalah fungsi gabungan antara IF dan OR, syntaknya adalah : =IF(OR(Perbandingan1;Perbandingan2);Jawaban_benar;jawaban_salah)

Contoh :
Jika nilai teori >=60 atau nilai praktek >=65 maka Keterangan Tuntas, selainnya Tidak Tuntas.

No. Nama Nilai Keterangan  
Teori Praktek
1. Andi 80 85 Tuntas =IF(OR(C5>=60;D5>=65);”Tuntas”;”Tidak Tuntas”)
2. Boby 55 75 Tidak Tuntas =IF(OR(C6>=60;D6>=65);”Tuntas”;”Tidak Tuntas”)

 

2.  Fungsi Text :

*  LEFT, digunakan untuk mengambil karakter dari bagian kiri teks, syntaknya adalah =LEFT(Teks;Jum_Karakter). Teks dapat diganti dengan alamat cell.

*  MID, digunakan untuk mengambil karakter dari bagian tengah teks, syntaknya adalah =MID(Teks;Posisi_awal;jum_karakter). Teks dapat diganti dengan alamat cell.

*  RIGHT, digunakan untuk mengambil karakter dari bagian kanan teks, syntaknya adalah =RIGHT(Teks;Jum_karakter). Teks dapat diganti dengan alamat cell.

Contoh  :

Teks LEFT MID RIGHT
Hasil Rumus Hasil Rumus Hasil Rumus
IDOL SCHOOL IDOL S =LEFT(B6;6) SCHOOL =MID(B6;6) HOLL =RIGHT(B6;6)

 

3. Fungsi Statistik :

*  SUM, digunakan untuk menghitung nilai total dalam range, sintak dan argumennya adalah =SUM(number1;number2;number3;…;numberN) atau jika kita menggunakan range maka caranya adalah =SUM(sel_awal;sel_akhir)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Jumlah upah lembur  
1. Rizka Rp. 125.000
2. Reinaldi Rp. 150.000
3. Nanda Rp. 175.000
4. Lusiana Rp. 100.000
5. Meylina Rp. 115.000
Jumlah Rp. 665.000 =SUM(D4:D8)

*  AVERAGE, digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dalam suatu range, sintak, dan argumnennya adalah =AVERAGE(RANGE)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Nilai  
1. Rizka 98
2. Reinaldi 88
3. Nanda 80
4. Lusiana 78
5. Meylian 77
Jumlah 84,2 =AVERAGE(D4:D8)

 

*  MIN, digunakan untuk mencari nilai terendah dalam suatu range, sintaknya adalah =MIN(RANGE)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Nilai  
1. Nanda 98
2. Dedy 78
Nilai Terendah 78 =MIN(D4:D5)

 

*  MAX, digunakan untuk mencari nilai tertinggi dalam suatu range, sintaknya adalah =MAX(Range)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Nilai  
1. Nanda 85
2. Dedy 70
Nilai Tertinggi 85 =MAX(D4:D5)

 

*  COUNT, digunakan untuk mencari jumlah/banyaknya data dalam suatu range, sintaknya adalah =COUNT(Range)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Nilai  
1. Indah 98
2. Dedy 80
3. Ahmad 78
4. Lusiana 85
Jumlah Data 4 =COUNT(D4:D7)

 

*  COUNTIF, digunakan untuk jumlah/banyaknya data dengan kriteria tertentu, syntaknya adalah =COUNTIF(Range;Kriteria)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Kode Golongan Gaji Pokok  
1. Rizka A Rp. 825.000
2. Reinaldi B Rp. 600.000
3. Nanda C Rp. 775.000
4. Lusiana A Rp. 850.000
5. Dewi B Rp. 650.000
6. Ahmad A Rp. 750.000
7. Dedy C Rp. 650.000
8. Indah B Rp. 850.000

Jumlah Gol A

Jumlah Gol C

3 =COUNTIF(D4;D11;"A")
2 =COUNTIF(D4;D11;"C")

 

*  SUMIF, digunakan untuk mencari jumlah/total berdasarkan kriteria tertentu, syntak adalah =SUMIF(RangeKode;Kriteria;RangeAkanDiJumlah)

Contoh  :

No. Nama Karyawan Kode Golongan Gaji Pokok  
1. Rizka A Rp. 825.000
2. Reinaldi B Rp. 600.000
3. Nanda C Rp. 775.000
4. Lusiana A Rp. 850.000
5. Dewi B Rp. 650.000
6. Ahmad A Rp. 750.000
7. Dedy C Rp. 650.000
8. Indah B Rp. 850.000

Jumlah Gaji Gol A

Jumlah Gaji Gol B

Rp. 2.425.000 =SUM(D4:D11;"A";E4:E11)
Rp. 2.100.000 =SUM(D4:D11;"B";E4:E11)

 

Sumber  :

Modul SMA "Materi Microsoft Excel & Aplikasinya"

 

4.  Fungsi referensi :
Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan fungsi referensi ke tabel lain. Dimana nilai dihasilkan berdasarkan key/range tertentu yang sesuai dengan tabel referensi.

 

*  Fungsi VLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai di kolom paling kiri tabel refrensi, dan kemudian mengembalikan sebuah nilai dalam baris yang sama dari sebuah kolom yang ditetapkan dalam tabel refrensi. Gunakan fungsi VLOOKUP (bukan HLOOKUP) jika nilai-nilai perbandingan berada di kolom sebelah kiri data yang ingin ditemukan.

Lookup_value, adalah nilai yang dapat ditemukan dalam kolom pertama dari tabel referensi. Lookup_value dapat berupa sebuah nilai, referensi, atau string teks.

Table_array adalah tabel informasi/referensi, tabel ini dapat berupa range, atau nama range.

col_index_num adalah nomor kolom pada tabel refeensi yang akan dihasilkan/atau dikembalikan.

range_lookup dapat bernilai TRUE ata FALSE, parameter ini bersifat opsional.

 

Pada contoh kasus ini nilai kolom pertama pada tabel referensi, merupakan nilai rentang. Dimana nilai yang yang tercantum merupakan nilai batas bawah dari rentang. Angka 0 pada baris pertama dan angka 20 pada baris kedua, mengandung pengertian bahwa rentangnya adalah 0 hingga kurang dari 20. Angka 20 pada baris kedua dan angka 45 pada baris ketiga, mengandung pengertian bahwa rentangnya adalah 20 hingga kurang dari 45, demikian seterusnya.

Rumus untuk yang digunakan untuk kolom Abjad adalah sebagai berikut:
=VLOOKUP(C4;$C$12:$D$16;2;TRUE)

• Parameter pertama bernilai C4, menyatakan nilai/sel yang dijadikan dasar pencarian

• Parameter kedua bernilai $C$12:$D$16, adalah alamat absolut C12:D16 yang menyatakan lokasi dari tabel referensi. Untuk membuat alamat absolut Anda dapat menekan tombol F4 setelah memblok tabel refrensi.

• Parameter ketiga bernilai 2, menyatakan nomor kolom tabel referensi yang menampung nilai-nilai yang dihasilkan oleh fungsi VLOOKUP

• Parameter keempat diberi nilai TRUE karena kolom pertama dari tabel referensi merupakan rentang.

 

Rumus fungsi ini digunakan untuk mencari nilai berdasarkan tabel ketentuan :

VLOOKUP : mencari nilai, dimana tabel ketentuannya beberbentuk vertical (datanya tersusun kebawah)

HLOOKUP : mencari nilai, dimana tabel ketentuannya beberbentuk horizontal (datanya tersusun mendatar).

Rumus Vlookup
= VLOOKUP(sel yang diuji, tabel ketentuan, nomor index kolom)

 

Sumber  :

http://pengertian-dan-fungsi-vlookup-dan.html

Annyeonghaseo.......

06 September 2012 14:04:03 Dibaca : 49

Halooo semua .................

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong