TUGAS DASAR-DASAR KOMPUTER
A. PENGERTIAN KOMPUTER
Pengertian Komputer, Fungsi Serta Manfaatnya - Computer/Pc Dalam bahasa inggris disebut to compute yang berarti orang yang sedang menghitung, sedangkan dalam bahasa latin disebut dengan computare yang berarti menghitung. Komputer seperti yang telah kita ketahui merupakan sebuah alat elektronik yang mampu memiliki banyak fungsi dan mampu melakukan banyak tugas. Sebelumnya pada masa Perang Dunia ke-2 komputer adalah suatu mesin mekanis yang berfungsi untuk melakukan perhitungan operasi aritmatika. Selain itu komputer dapat didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga dapat menerima data, kemudian mengolah data, dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu keluaran yang berupa informasi (Input > Proses > Output).
Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.
Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.
Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).
Pengertian brianware ini bisa mencakup orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan
Konsep hardware - software - brainware adalah merupakan konsep tri-tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia untuk menyelesaikan persoalan ataupun pekerjaannya.
B.SEJARAH KOMPUTER
sejarah perkembangan komputer Komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka - angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut contoh penemuan komputer.
a. Abacus . Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dangan sederetan poros yang berisi manik - manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat.Muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunakan biji - bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.
Abacus atau Sempoa
b. Mesin Buatan Charles Babbage . Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan. mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan. sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. Kemudian babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakanoleh wilhem Schickard, blaise pascal, dan gottfried leibniz. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensial.Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern.
Charles Babbage
Mesin Analitik (Analitical Engine)
. Setelah Penemuan oleh bapak Charles Babbage, tidak ada penemuan baru yang dianggap berarti terhadap perkembangan dunia komputer. Sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beroprasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat di ubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Komputer ini sesungguhnya merupakan dambaan Charles Babbage.
Generasi Komputer
Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.
a. Komputer Generasi I Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yangf terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.
Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1.
Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952. Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa Mesin"(Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum. 1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. 2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 3) Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas. 8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin. 9) Prosesnya kurang cepat. 10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan daya listrik yang besar.
Beberapa komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.
Komputer Generasi Kedua Bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 4) Penggunaan aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6) Penggunaan daya lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.
.
Sejarah komputer yang perlu untuk diketahui secara detail. Sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama perkembangan komputer.
Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung (Difference Engine no.1) merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal kompuer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu konpur dan dijuluki sebagai bapak komputer.
Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:
1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.
1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.
1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.
ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat pertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.
ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.
1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.
C. Perangkat Lunak (Software)
Software merupakan produk dari perusahaan pembuat software yang banyak bermunculan sehubungan dengan kebutuhan berbagai masalah pekerjaan yang membutuhkan waktu singkat oleh pemakai komputer saat ini.
Ada 4 kelompok besar software:
• Operating System (Sistem Operasi)
Operating system merupakan program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh komputer seperti layaknya penerjemah antara hardware dan software yang akan dilakukannya.
Contoh :
- PC-DOS atau MS-DOS untuk Personal Computer (PC)
- Novell Netware dan UNIX untuk jaringan komputer
- Windows dan berbagai variannya untuk PC atau jaringan
- Linux dengan berbagai distronya untuk PC atau jaringan
• Utility Software (Program Bantu)
Software ini merupakan software jadi yang digunakan untuk membantu mempermudah dalam menangani pekerjaan awal dalam pengoperasian komputer beserta perangkatnya. Misalnya untuk
- memeriksa (scanning),
- menganalisa (analyzing),
- memperbaiki (repairing),
- mencari (searching),
- menggandakan (copying) file
- dan sebagainya.
Contoh :
- Norton Utility (NU)
- PC Tools
- Xtree
- QuickDos
• Package Software (Program Paket)
a. Word Processing (Pengolah Kata)
Pengolah kata biasanya dipakai untuk pembuatan naskah.
Contoh :
- Word Star
- Word Perfect
- Microsoft Word
- Chi Writer
- PFS Write
b. Spread Sheet (Pengolah Angka)
Software ini dipakai lebih banyak untuk pembuatan tabel-tabel dan angka.
Contoh :
- Lotus 123
- Super Calc
- Symphony
- Quattro
- Microsoft Excel
c. Database (Pengolah Data Awal)
Software ini pada dasarnya digunakan untuk mengatur informasi-informasi sehingga dapat memudahkan pencarian atau penyimpanan.
Contoh :
- dBase III
- dBXL
- Foxbase
- Paradox
- RBase
d. Publisher (Pengolah Tata Letak)
Software ini banyak dipakai oleh perusahaan cetak mencetak, surat kabar atau penerbitan yang banyak memerlukan pengaturan bentuk, jenis dan tata letak karakter tertentu.
Contoh :
- Ventura Desktop Publishing
- Microsoft Publisher
- PageMaker
- Flash
- Corel
e. Aided Design (Pengolah Rancang Bangun)
Software ini pada dasarnya dipakai untuk pembuatan rancang bangun (design) sebuah benda, ruangan, bangunan gedung, peta kota dan sebagainya.
Contoh :
- AutoCAD
- ProDesign
- DR Hallo
f. Statistic (Pengolah Statistik)
Software ini dipakai untuk memecahkan permasalahan statistik baik di bidang ekonomi, teknik, kesehatan, sosial dan budaya.
Contoh :
- SPSS
- MicroStat
- MiniTab
g. Language Program (Bahasa Pemrograman)
Software ini banyak dipakai oleh seorang programmer, program ini berfungsi untuk menciptakan software-software baru yang digunakan untuk membantu/mempermudah kerja seorang operator komputer.
Contoh :
- Turbo Assembler (bahasa pemrograman tingkat rendah)
- Basic, Pascal, Fortran, Cobol, Visual Basic (bahasa pemrograman tingkat menengah)
- Clipper, FoxPro, Delphi, C+ (bahasa pemrograman tingkat tinggi)
Pada perkembangan selanjutnya software ini juga dipakai untuk merusak data, informasi atau software-software (bahkan juga hardware) yang lain. Hasil dari pembuatan program yang berfungsi untuk merusak ini dikenal dengan Virus. Kata “virus” sebenarnya adalah kata yang sengaja diambil dari dunia kedokteran untuk dipakai di dunia komputer, karena mempunyai sifat yang sama yaitu “merusak” (membuat penyakit).
Virus komputer sebenarnya adalah program juga, ia sengaja dibuat oleh seseorang (programmer) yang tidak senang dengan kesempurnaan, dia lebih senang membuat kerusakan. Oleh karena itu tindakan membuat virus komputer bisa dikatakan “sebuah kejahatan“.
h. Anti Virus
Software ini khusus untuk mengantisipasi (membunuh) virus yang mungkin bisa masuk ke dalam komputer, baik itu komputer yang sendirian (stand alone) atau komputer dalam jaringan (network).
Contoh :
- Dr. Solomon Anti Virus
- Norton Anti Virus
- McAfee Virus Scan
- PC-Cillin
• Applicated (Program Aplikasi)
Program ini merupakan program siap pakai, banyak dibuat untuk aplikasi-palikasi kerja tertentu seperti akuntansi, berbagai macam format, kartu-kartu, sampul buku, editing foto dan sebagainya.
Contoh :
- PrinShop
- PhotoShop
- DAC Easy
- Form Tools
- Free Hand
- Easy Flow
C. KLASIFIKASI KOMPUTER
Komputer yang paling umum digunakan
1. Personal Computer
Personal komputer atau komputer pribadi yang biasa digunakan di sekolah-sekolah, kantor, dan dirumah.
2. Komputer Desktop
Komputer desktop sebenarnya hampir sama dengan komputer pribadi, hanya saja memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM atau flashdisk.
3. Komputer Notebook portable
Komputer Notebook adalah versi ringkas dari personal komputer yang saat ini setiap orang hampir memilikinya.
4. Super Komputer
Super Komputer digunakan untuk perhitungan skala besar seperti perkiraan cuaca, desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem enterprice, server dan supercomputer, unit fungsionalnya yang banyak processor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan sering kali terpisah.
Klasifikasi Komputer Berdasarkan Data yang diolah
1. Komputer Analog
komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara continue dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung: arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dsb.
2. Komputer Digital
komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misal Komputer PC, Laptop dl
3. Komputer Hybrid
Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital, misal faximile dll
Klasifikasi Komputer Berdasarkan Penggunaanya
1. Spesial Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan masalah khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja. Dapat berupa komputer analog ataupun komputer digital, namun pada umumnya komputer analog adalah spesial purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses proses industri.
2. General-Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikanjenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dll. General-Purpose Computer dapat berupa komputer digital dan analog, namun pada umumnya adalah komputer digital
Klasifikasi Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
1. Komputer Mikro (Micro Computer)
2. Komputer Mini (Mini Computer)
3. Komputer Kecil (Small Computer)
4. Komputer Menengah (Medium Computer)
5. Komputer Besar (Large Computer)
6. Komputer Super (Super Computer)
Klasifikasi Komputer Berdasarkan Processor nya
1. Mainframe
adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai,
2. Mini komputer
adalah bentuk mini dari komputer mainframe. kalau mainframe memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
3. Personal Computer
komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu atau lebih pemakaian program apilkasi pada saat tertentu
Jenis komputer bedasarkan ukuranya :
1.Komputer besar dikenal dengan istilah mainframe
2.Sebuah mainframe dengan ukuran besar dan mempunyai kinerja tinggi disebut dengan supercomputer
3.Ukuran komputer semakin kecil (mini), Perkembangan selanjutnya terciptalah komputer mikro atau microcomputer dengan komponen pembangunya menggunakan silicon integrated circuit chip dimana ukuranya lebih kecil dari kuku. Chip ini dikenal dengan nama microprosesor
4.komputer personal (PC), namun masih bersipat desktop.
5.komputer yang dapat dibawa kemana-mana misalanya laptop, notebook dan palmtop berukuran lebih kecil dari PC dan menggunakan tenaga baterai
—Berdasarkan penggunaanya, komputer dibedakan menjadi sebagai berikut :
—Komputer analog. Digunakan untuk data yang bersifat kontinue dan bukan data yang berbentuk angka, dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperatur, tekanan, kecepatan dan lain-lain
—komputer digital. Digunakan untuk data yang berbentuk angka atau hurup. Biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik
—komputer hybrid. Merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital
Berdasarkan data yang diolah, komputer dibedakan menjadi :
1.Special purpose computer (komputer analog). Dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah khusus yang biasanya hanya terbatas untuk satu masalah saja. Program komputer tertentu dan sudah tersimpan dalam komputer
2.General purpose computer (computer digital) dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah. Dapat digunakan program yang macam-macam untuk penyelesaian yang berbeda-beda
Hardware dan Software
Dasar Sistem Komputer
—Hardware
—Motherboard
—Catu Daya
â—¦Pelindung kejutan
â—¦Regulator tegangan
â—¦UPS
—Sistem Pendingin
—BUS
—BUS I/O dan berbagai kartu I/O
—Port
—Prosessor
—Memori Internal
â—¦Ram
â—¦Rom
Motherboard
Motherboard atau sering disebut mainboard terdiri dari sejumlah komponen yang terpasang secara menetap (tidak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen-komponen yang dapat dilepas. Beberapa motherboard telah dilengkapi dengan kartu I/O yang tidak dapat dilepas dan dikenal dengan istilah onboard (melekat pada papan)
Catu Daya
Catu daya (power supply) berfungsi sebagai pemasok aliran listrik bagi rangkaian dalam komputer.
Catu daya dapat dihidupkan atau dimatikan melalui tombol on-off yang umumnya terdapat pada bagian depan unit komputer. Acapkali masukan catu daya tidak dihubungkan ke sumber listrik langsung melainkan melalui peralatan perantara yang berupa pelindung kejutan, regulator tegangan dan UPS
a. Pelindung kejutan
Pelindung kejutan (surge protector) merupakan peralatan yang berfungsi untuk melindungi komputer dari lonjakan tegangan yang walaupun sesaat dapat merusak berbagai peralatan elektronik, termasuk komputer
b. Regulator tegangan
Regulator tegangan (voltage regulator) adalah peralatan yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik terutama berguna kalau tegangan listrik dari sumber listrik menurun
c. UPS
UPS (uninterruptible power supply) adalah peralatan yang memiliki baterai yang dapat menggantikan sumber daya listrik utama ketika sumber listrik tersebut mengalami kegagalan.
Sistem Pendingin
Sistem pendingin terdiri atas sebuah kipas angin dan sirip penyerap panas
BUS
Yang dimaksud dengan BUS adalah jalur yang menghubungkan suatu komponen dengan komponen lain. Bus dapat dibayangkan sebagai suatu jalan yang menghubungkan dari satu tempat ke tempat lain. Contoh antara CPU dan memori utama. Pada PC terdapat 3 jenis bus yaitu bus prosessor, Bus I/O dan bus memori.
Bus I/O dan berbagai kartu I/O
Bus I/O seringkali disebut sebagai bus slot ekspansi. Bus inilah yang menjadi penghubung antara CPU dan piranti-piranti yang berada diluar unit sistem
Berbagai tipe bus I/O antara lain adalah ISA, PCI, AGP, EISA, VL-bus, FireWire dan USB (universal serial Bus)
Port
Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dalam unit sistem dengan piranti luar
Port dapat dikelompokan menjadi port serial, port paralel, port scsi, port USB, port infrared dan lain-lain
Prosesor
Prosesor adalah nama singkat dari microprosesor atau sering kali disebut CPU. Komponen ini berupa chip yang terdiri dari puluhan ribu transistor dan komponen elektronik lainya.
Generasi Prosesor
Contoh yang diambil adalah intel, dimana perusahaan ini membedakan produknya berdasarkan jumlah data bus sebagai berikut :
1.Prosesor 8 bit : 8088
2.Prosesor 16 bit : 8086, 801806, 80286
3.Prosesor 32 bit, terdiri dari :
• 386 sx
• 386 dx
• 486 sx
• 486 dx
• Pentium
• Pentium pro
• Pentium MMX
• Pentium celeron
• Pentium II, III, dan IV
Memori InternalMemori internal (internal memori) atau sering disebut juga main memori berfungsi untuk menyimpan data
Memori bisa dibedakan menjadi 2 yaitu ROM dan RAM.
ROM (read only memory)
ROM adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik
Selain ROM ada juga chip yang disebut PROM, EPROM dan EEPOM
• —PROM (programabel Read Only memory)
Prom dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan program oleh pemakai.
• —EPROM (erasable programable read only memory)
berbeda dengan PROM, isi Eprom dapat dihapus setelah di program. Penghapusan dapat dilakukan dengan menggunakan sinar ultra violet.
• —EEPROM (electrically erasble programable read only memory)
Dapat menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih dapat dihapus secara elektris melalui program. salah satu jenis EEPROM adalah Flash memori. Flash memori biasa digunakan pada kamera digital, konsol video game dan chip BIOS.
RAM
RAM (random access memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik.
Tipe RAM
• —DRAM
jenis ram yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terdapat didalam nya tidak hilang.
• —EDORAM
jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan pentium. Cocok untuk yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
• —SDRAM
ram yang paling umum digunakan sekarang. Dan memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Cocok untuk komputer yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
• —SRAM
memliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM.
• —RDRAM
lebih cepat dan lebih mahal dari SDRAM. Cocok untuk pentium 4.
• —SIMM
memiliki chip RAM hanya pada satu sisi papan.
• —DIMM
memiliki cip RAM pada kedua sisi papan.
Komputer
SOFTWARE
Pengertian software
Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi, program, prosedur, pengendali, pendukung dan aktifitas-aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer.
Software komputer secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu : software sistem (sistem operasi) dan software aplikasi (aplication software).
Software System
Tugas dari Sistem operasi adalah mengelola seluruh sumber daya yang terdapat dalam komputer dan menyedikan sekumpulan layanan kepada para pemakai agar memudahkan dan menyamankan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sehingga lebih oftimal.
Contoh software sistem adalah DOS, windows, Linux, Unix, Apple (Machintos) dll.
—SOFTWARE APLIKASI
Software aplikasi terdiri dari :
• —Bahasa Pemrograman
• —Program aplikasi
• —Program paket
• —Program utilitas
• —Games dan entertainment
—Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman adalah software yang digunakan untuk membuat program.
Menurut tingkatanya, bahasa pemrograman dibagi atas tiga tingkatan yaitu :
• —Bahasa Pemrograman Tingkat rendah (low level language)
• —Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (midle level language)
• —Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (high level language)
—Jenis-Jenis Software Aplikasi
• —Accounting
software yang digunakan untuk membuat laporan keuangan. Contoh CA simply accounting, great plain’s accounting, peachtree sAccounting, myob accounting dll.
• —Communication
software yang digunakan untuk menangani pengiriman dan penerimaan data dari PC ke sumber eksternal. contoh winfax pro symantec/delrinas, Pcanywhere, smartcom dll.
• —Dekstop Database
software untuk menyimpan dan mengolah data dalam bentuk urutan, tingkatan dan relasi dalam format objek. Contoh : microsoft acces, paradox, filemaker dan approach dari lotus.
• —Dekstop Publishing
software untuk merancang dan menyusun halaman muka serta kemampuan untuk mencetak dan menerbitkan hasil akhirnya secara elektronik. Contoh quarkXpress, adobe page maker, microsoft publisher dll.
• —Form
• —Grafhic/draw and paint
• —Grafhics/presentation
• —Information management
• —Integrated
• —Personal finance
• —Office suite
• —Poject management
• —Spreadsheet
• —Utility
• —Word prosesor
• —Games
D.PERANGKAT LUNAK (HARDWERE)
1. Perangkat Lunak Sistem
perangkat lunak sistem atau system software biasa di sebut operasi sistem / operating system merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, sperti CPU dan piranti masukkan atau keluaran. Perangkat lunak ini adalah perantara antara perangkat lunak aplikasi dengan perangkat keras komputer. contoh perangkat lunak system yaitu Microsoft Word, Linux, Machintos, FreeBSD, dll
2. Perangkat Lunak Aplikasi
perangkat lunak aplikasi atau application software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari manusia yang spesifik misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi foto , dll. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian yaitu :
• Word Processing
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan kata yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat Contoh : MSword, Amipro, Word Percfect
• Spreadsheet
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan angka yang berhubungan dengan laporan perhitungan, grafik, dll. Contoh : MSexcel, Lotus123, Symphony
• Database
Perangkat lunak ini berfungsi untuk melakukan pengolahan data contoh : dBase, Fox Base, MSacces,dll
• Perangkat Lunak Presentasi
Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah suatu data agar sia dipresentasikan ke dalam suatu proses pembelajaran atau seminar
contoh : MSpowerpoint, OpenOffice.org Impress, dll
• Perangkat Lunak Multi Media
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio. Kemudian RealPlayer,Xing,Totem atau Jet Audio dapat digunakan untuk menonton film atau VCD
• Perangkat Lunak Komunikasi dan Internet
Aplikasi ini digunakan untuk melakukan konikasi antara 2 komputer atau lebih, contohnya LapLink, PC Anywhere, dll. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah browsing, e-mail, chatting, messenger seperti : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, MIRC, MSN, dll
• Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus diantaranya membantu pekerjaan engineer seperti AutoCAD, Protel, Matlab, dll
• Perangkat Lunak Untlity
Perangkat lunak ini digunakan untuk memaskimalkan kinerja perangkat keras dan sistem operasi komputer, serta melindungi komputer dari dampak negatif aplikasi komputer seperti virus, spam, dll.
Contohnya antivirus, K3B, untuk menulis data ke CD atau DVD
• Perangkat Lunak Pemograman
Perangkat lunak ini merupakan suatu perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat perangkat lunak aplikasi baru. Pemakai aplikasi ini adalah user khusus yang memang menguasai aplikasi pemograman
Contoh : Visual Basic, Delphi, FoxPro, dll
• Perangkat Lunak Games
Perangkat lunak ini pastilah kita sudah kita ketahui, yaitu suatu program aplikasi yang dibuat khusus sebagai aplikasi permainan dengan berbagai tingkat kesulitan
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu :
1. Perangkat lunak sistem
2. Perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang, baik pada system operasi berbasis text maupun pada system operasi berbasis Grafis (GUI). Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemproses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office atau Open Office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Dan contoh Open Office KWord (Pemroses kata), KSpreed(Pemroses table), KPresenter (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Media Player, XMMS, untuk memutar musik berformat MP3 atau CD Audio, kemudian RealPlayer, Power DVD, XINE yang dapat digunakan untuk menonton film atau VCD. Aplikasi internet yang umum di gunakan adalah untuk browsing,e-mail, chatting dan messenger. Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineer seperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), dan Matlab (pemroses dan visualisasi persamaan matematis).
Sistem Operasi
Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft, dan Linux yang bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah atau di modifikasi oleh setiap orang. Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah (text), atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis (GUI).
Instlasi Software pada berbagai macam basis OS
Instalasi Software Ms-Office
Ms-Offiice merupakan paket software yang dibuat oleh Microsoft, yang termasuk dalam paket software ini antara lain : Ms-Word (Word Processing), Ms-Excel (Spreed Sheet), Ms-Power Point (Presentasi), Ms-Access (Database).
Pertama yang perlu dipahami adalah bahwa software ini hanya dapat diinstalasi dan berjalan pada system operasi Microsoft Windows.
Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut :
1. Siapkan Paket instalasi software yang legal dalam media penyimpanan yang sesuai seperti HD, CD, FDD, DVD atau media lain.
2. Jalankan system operasi Windows dan pastikan bahwa system operasi tersebut telah berjalan dengan baik.
3. Pastikan bahwa ruang (spaces) HD masih mencukupi.
4. Apabila paket software tersedia dalam media CD, maka masukkan CD installer tersebut kedalam CD-Room.
5. Ikuti proses instalasi sesuai dengan Petunjuk instalasi (Instalation user manual).
Instalasi Open Office
Open Office merupakan paket software freeware (open source), software ini berjalan pada sistem operasi Linux. Adapun yang termasuk dalam paket software ini antara lain : K-Word (Word processing), KSpreed (Spread Sheet), KPresenter (Presentasi).
Langkah-langkah instalasi paket software ini adalah :
1. Masuk ke modus Yast
2. Masuk menu instalasi software
3. Pilih dan tandai software yang akan diinstalasi.
4. dan Lanjutkan sesuai dengan petunjuk/langkah-langkah, dalam instalation user manual.
Troubleshouting
Di dalam proses tidak jarang akan terjadi sutu troubleshouting-troubleshouting yang terajdi mulai dari proses partisi harddisk sampai dengan pengintalan, antara lain :
1. Media Penyimpanan (Harddisk/Diket/CD)
> Boot record rusak
Ciri-ciri kerusakan :
• Bila Media Penyimpanan tersebut diakses, missal pindah directory atau memberi perintah dir/explor untuk melihat file maka akan keluar pesan General failure reading drive n :
( n adalah nama drive, bisa a atau c )
• Bila dilakukan perintah format maka akan mengeluarkan pesan kesalahan :
Invalid media track 0 bad – disk unusable format terminated
Kerusakan pada media ini biasanya sangat fatal terutama pada track 0 yang bad secara fisik, selama ini kasus media track 0 yang hancur tidak bisa diperbaiki.
> FAT rusak
Setiap cluster ( penyimpanan terkecil yang dibutuhkan suatu file ) memiliki satu lokasi dalam fat yang menunjukkan cluter yang berikutnya.
Ciri – ciri kerusakan :
• Bila suatu file bicara dengan perintah dos misalnya type nama file, akan muncul pesan kesalahan :
File allocation table bad, drive n
• Bila suatu file dibuka atau dibaca isinya ter nyata ada sebagian isi file yang hilang dan digantikan dengan karakter aneh atau ada bagian file yang hilang
Untuk membetulkan FAT dapat dilakukan dengan perintah CHKDSK dengan parameter /f (fix). Ketikkan C: \CHKDSK /f n: (Enter) maka CHKDK akan memperbaikinya dengan mengatur ukuran file untuk kesalahan alokasi, memotong file dari bagian yang rusak dan hasilnya disimpan dalam bentuk FILENNNN.CHK pada direktori utama. NNNN adalah nomor yang berurutan ( dimulai dari angka 0000 ).
> Root Directory Rusak
bagian ini merupakan bagian yang berhubungan dengan pemanipulasian file, yaitu tentang nama file, eksternsi, atribut, hari dan tanggal file dibuat, nomor cluster awl dan ukuran file.
Ciri – ciri kerusakan :
Karena berfariainya kerusakan derektory yang mungkin maka berikut ini contoh kesalahan yang umum terjadi :
• Bila dilakukan perintah DIR, akan ditampilkan pesan kesalahan :
Data eror reading drive n:
Abort, retry, fail ?_
Atau bisa juga ditampilkan pesan :
General failure error reading drive n :
Abort, retry, fail ?_
Cara mengatasi kesalahan pada root directory bisa dilakukan dengan
utility scandisk.
> Jika terdapat Bad Sector
Cirri -ciri Kerusakan :
Kesalahan jenis ini menyebabkan fele yang menempati sector yang rusak ( bad sector) tidak bisa diakses, baik itu dibaca, ditulisi atau dikopi, bila file tersebut diakses maka computer akan memberikan pesan kealahan :
Error reading drive n
Abort, retry, ignore ?_
Pilihan ignore berarti memaksa computer untuk tetap membaca bagian yang rusak. Bila ini dipilih maka kemungkinan computer akan hang. Biasanya jika bed sector itu cara fisik memang rusak maka disk tersebut akan tetap memiliki bad sector. Untuk mengatasi atau memindahkan data yang ada pada bad sector tersebut sekaligus menandainya bahwa terdapat bad di situ digunakan scandisk.
D. PERANGKAT KERAS (SOFTWERE)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
o RAM - tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
o Buses:
 Bus PCI
 Bus ISA
 USB
 AGP
o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
• Power supply - sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas
• Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM, DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
• Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
• Beberapa jenis penyimpanan komputer:
o CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
 CD-ROM
 CD-RW
 CD-R
o DVD
 DVD-ROM
 DVD-RW
 DVD-R
o Floppy disk
• Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
• Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
• Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem - media penyambung ke koneksi internet.
o Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
Pengertian perangkat keras komputer dan fungsi-fungsinya. Menurut wikipedia perangkat keras komputer atau hardware adalah perangkat pada komputer yang berbentuk fisik (dapat disentuh). Perangkat komputer sendiri dibedakan menjadi dua yaitu perangkat keras dan perangkat lunak istilah asingnya yaitu Hardware (perangkat keras) dan Software (Perangkat lunak). Harware sendiri berfungsi dengan baik dikarenakan adanya software sebagai sistem yang menjalankanya.
Agar proses pembelajaran mengenai komputer lebih terarah adapun pengelompokan harware agar lebih mudah sesuai dengan fungsinya pada komputer. Berikut ini pengelompokan perangkat keras komputer agar lebih mudah dipahami:
1. Input Device : Perangkat input / masukan
2. Process Device : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
3. Output Device : Perangkat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
4. Storage Device : Perangkat untuk menyimpan
Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap masing-masing pengelompokan tersebut:
INPUT DEVICE
Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi kedalam sistem komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kategori input device, diantaranya adalah:
• Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
• Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
• Touchpad : Touchpad berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
Masih banyak lagi perangkat lainya seperti joystik, scanner, voice recognizer, dan lain-lain.
PROCESS DEVICE
Perangkat ini merupakan perangkat yang berhubungan dengan fungsi pemrosesan dalam komputer itu sendiri.
• CPU / Processor : merupakan singkatan dari central processing unit atau yang juga dikenal dengan istilah processor adalah bagian terpenting yang menjalankan sistem komputer. Bisa di ibaratkan sebagai otak pada komputer.
• Memori / RAM (random access Memory) : Memori merupakan perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara. Sehingga membuat pengaksesan data yang sama lebih cepat. Maka dari itu RAM besar berpegaruh pada kecepatan komputer.
• Motherboard : Merupakan perangkat yang menghubungkan perangkat keras komputer antara satu dan yang lain.
• VGA Card (Video Graphic Array) : Biasa juga disebut kartu grafis yang berfugsi untuk memberikan tampilan berkualitas pada layar komputer. Biasanya setiap mainbord sudah memiliki VGA bawaan, namun untuk kualitas beresolusi tinggi yang jernih VGA Card sangat diperlukan.
• Power Supply: berfungsi untuk menghantarkan aruslistrik sebagai pengontrol besarnya voltasi yang masuk ke komputer.
• Casing Unit: Merupakan tempat dimana semua perangkat disatukan.
OUTPUT DEVICE
Output device merupakan perangkat komputer yang memberikan output/keluaran, baik berupa tampilan visual, suara, maupun tampilan cetak, dan lain sebagainya. Adapun yang termasuk output device adalah:
• Monitor/ Lcd Monitor : berfungsi untuk menampilkan proses komputer dalam bentuk visual/ gambar
• Speaker : befungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer
• Printer : untuk mencetak pada media kertas, dan sebagainya
STORAGE DEVICE
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
• Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di komputer dengan sebutad Drive :C, Drive D, dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
• Floppy Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudah jarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
• CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
• Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.
Demikian seputar pengertian perangkat keras komputer dan fungsinya. Semoga bisa memberikan