Tugas 6 921411076

12 December 2012 19:33:23 Dibaca : 74 Kategori : 921411076 Tugas 6

Relasi Tabel dalam My-SQL :


1. INNER JOIN
Syntax:
SELECT column_list
FROM table_reference
[INNER] JOIN table_reference ON predicate
[[INNER] JOIN table_reference ON predicate...]
Fungsinya sama dengan operator Equi-Join hanya saja kolom untuk setiap tabel dibandingkan dalam klausa ON untuk nilai-nilai yang sama. Contoh pernyataan pertama dan kedua dalam operator Equi-Join, jika dideklarasikan dengan operator INNER JOIN menjadi :
SELECT *
FROM Customer C
INNER JOIN Orders O ON (C.CustNo = O.CustNo)
SELECT *
FROM Source S
INNER JOIN Joining J ON (S.ID = J.ID1 || J.ID2)
Untuk database Ms Access, pernyataan INNER JOIN harus menyertakan tanda kurung jika menggabungkan lebih dari dua tabel, seperti berikut ini
SELECT *
FROM (Customer C
INNER JOIN Orders O ON (C.CustNo = O.CustNo))
INNER JOIN AddCusPrice A ON (C.CustNo = A.CustNo)

2. LEFT OUTER JOIN
Penggunaan relasi LEFT OUTER JOIN adalah untuk menampilkan kedua table yang direlasikan dengan menampilkan semua record meskipun tidak bersesuaian dengan table yang lain dengan jumlah record tergantung jumlah record sebelah KIRI. Sedangkan syntak ON berfungsi menampilkan kedua table lengkap dengan semua fieldnya tanpa menyingkat tampilan field yang direlasikan dengan menampilkan satu kali (field yang berelasi ditampilkan dua kali yaitu saat di deret table pertama lalu di deret table kedua).
Syntax dari Left Outer Join adalah sebagai berikut :
LEFT [OUTER] JOIN[] ::= ON [{ }...] | USING ( [{, }...])

3. RIGHT OUTER JOIN
Penggunaan relasi RIGHT OUTER JOIN adalah untuk menampilkan kedua table yang direlasikan dengan menampilkan semua record meskipun tidak bersesuaian dengan table yang lain dengan jumlah record tergantung jumlah record sebelah KANAN dan table kedua (dituliskan setelah join) ditampilkan lebih dulu setelah field yang direlasikan. Sedangkan syntak ON berfungsi menampilkan kedua table lengkap dengan semua fieldnya tanpa menyingkat tampilan field yang direlasikan dengan menampilkan satu kali (field yang berelasi ditampilkan dua kali yaitu saat di deret table pertama lalu di deret table kedua).
Syntax dari Right Outer Join adalah sebagai berikut :
RIGHT [OUTER] JOIN[] ::= ON [{ }...] | USING ( [{, }...])

http://echo-corner.blogspot.com/2011/08/mengakses-data-pada-beberapa-tabel_01.html