tugas 4: model data pada relationship

08 October 2012 09:37:23 Dibaca : 182 Kategori : tugas4_921411215

            Basis data merupakan representasi digital dari kenyataan fisik dan lojik dari sebuah sistem. Mentransformasikan kenyataan dari sebuah sistem ke basis data bukanlah sebuah pekerjaan sederhana, untuk itu kita membutuhkan sebuah mediaantara, yaitu model data yang merupakan wujud dari perancangan basis data.

Model Data merupakan sekumpulan perangkat konseptual untuk  menggambarkan data, hubungan data, semantik (makna) data serta batasan data. Ada sejumlah cara dalam merepresentasikan Model Data dalam perancangan basis data, diantaranya adalah Model Entity Relationship (Model E-R) dan Model Basis Data Relasional.

Sistem manajemen basis data relasional

 

Sebuah sistem manajemen basis data relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer (atau secara lebih tipikal adalah seperangkat program komputer) yang dirancang untuk mengatur/memanajemen sebuah basis data sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya. Contoh penggunaan DBMS ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Meskipun pada awalnya DBMS hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan berskala besar yang memiliki perangkat komputer yang sesuai dengan spesifikasi standar yang dibutuhkan (pada saat itu standar yang diminta dapat dikatakan sangat tinggi) untuk mendukung jumlah data yang besar, saat ini implementasinya sudah sangat banyak dan adaptatif dengan kebutuhan spesifikasi data yang rasional sehinggal dapat dimiliki dan diimplementasikan oleh segala kalangan sebagai bagian dari investasi perusahaan.

            Model Keterhubungan Entitas (Entity-Relationship Models) merupakan Model Data yang paling populer digunakan dalam perancangan basis data.

Model Entity-Relationship à semesta data yang ada diterjemahkan atau ditransformasikan dengan memanfaatkan sejumlah perangkat konseptual menjadi sebuah diagram data, yang umum disebut sebagai Diagram Entity Relationship (Diagram E-R).

 

Sumber: http://yanuangga.blogspot.com/2010/05/compound-composite-key.html