SIKAP-SIKAP ILMIAH

14 March 2013 15:52:09 Dibaca : 98

 Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus ada pada diri seorang ilmiah atau akademis ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah.sikap ilmiah ini perlu dibiasakan dalam berbagai forum ilmiah,misalnya dalam diskusi,seminar,loka karya,dan penulisan karya ilmiah.

    SIKAP-SIKAP ILMIAH YANG DIMAKSUD ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

1. Sikap Ingin Tahu

    Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal berkaitan dengan bidang kajiannya

2. Sikap Kritis

    Sikap kritis terlihat pada kebiasaan mencari informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan bidang kajiannya untung dibanding-banding kelebihan,kekurangannya,dan sebagainya.

3. Sikap Terbuka

    Sikap terbuka dapat dilihat pada kebiasaan mau mendengar pendapat,argumentasi,kritik orang lain,walaupun pada akhirnya tidak sepaham atau tidak sesuai.

4. Sikap Objektif

   Sikap objektif terlihat pada kebiasaan menyatakan apa adanya,tanpa diikuti perasaan pribadi

5. Sikap Jujur 

   Seorang ilmuah wajib melaporkan hasil pengamatannya secara objektif,seorang ilmuan dalam kehidupan sehari-hari mungkin saja tidak lebih jujur dari manusia lainnya.

 

     Sikap Ilmiah yang dijelaskan diatas,kiranya juga harus ada pada diri anda ketika menyusun karya ilmiah.kebiasan-kebiasaan yang bertentangan dengan sikap harus anda buang jauh-jauh misalnya menonjolkan diri dan tidak menghargai pendapat orang lain,sikap ragu dan mudah putus asa.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong