Meiling Tanriono_Auditing_Review Movie The Accountant

26 February 2024 23:48:24 Dibaca : 61

REVIEW FILM THE ACCOUNTANT

NAME : MEILING TANRIONO

CLASS : A- ACCOUNTING

DOSEN PENGAMPUH : YUSTINA HIOLA, SE., AK., M.S.A., CA

 

1)      Narasi singkat film The Accountant:

Seorang pria yang menggunakan nama samaran Christian Wolff  berada dalam spektrum autisme. Ibunya ingin mengirimkannya ke Harbor Neuroscience, pusat perawatan, tetapi ayahnya tidak setuju. Karena tidak mampu mengatasi kebutuhan Christian, ibunya meninggalkan keluarga mereka. Ayahmya mulai melatihnya dan saudara laki-laki, Braxton, dalam berbagai seni beladiri sambil mendorong Christian untuk menyesuaikan diri dengan rangsangan yang memicu reaksinya daripada menghindar.

 

Saat itu, Christian mengoperasikan kantor akuntansi kecil di Plainfield, Iiinois, yang berfungsi sebagai kedok untuk bisnis pencucian uangnya. Klien kejahatan menghubunginya melalui seorang wanita tak bernama yang juga mengatur bisnisnya.

 

Chrisdipekerjakan untuk mengaudit perusahaan Living Robotics setelah CEO perusahaan, Lamar Blackburn , dan saudara perempuannya, Rita, mengetahui ketidakberesan akuntansi. Mereka menugaskan akuntan internal Dana Cummings untuk membantu Wolff  karena dia yang menemukan masalah tersebut.

 

Sementara itu, Direktur Keuangan Ray King bertemu dengan seorang analis data bernama Marybeth Medina yang memiliki catatan kriminal sebagai remaja tetapi gagal mengungkapkan ini dalam aplikasi pekerjannya.

 

King memperingatkan Medina bahwa dia akan menghadapi hukuman penjara jika dia memilih untuk mengungkapkan informasi tersebut, dan dia menugaskannya untuk menemukan identitas asli Wolff sebelum King pensiun dalam beberapa bulan. Dia menggunakan informasi yang diberikan oleh King bersama dengan catatan pajak untuk menemukan kantor wolff.

 

Wolff meninjau lebih dari satu dekade catatan keuangan perusahaan dalam satu malam dan menemukan bahwa $61 juta telah disalahgunakan. Dia memberi tahu Rita tentang total tersebut tetapi mengakui bahwa dia tidak tahu siapa pencuri tersebut. Malam itu, CFO Living Robotics Ed Chilton dipakso oleh seorang pembunuh bayaran untuk overdosis insulin. Keesokan harinya, Lamar membayar Wolff sisanya dari uang kontrakannya untuk audit dan menyuruhnya pergi.

 

 

2)    Christian wolff Nama- nama perusahaan yang merupakan klient dari

·      Living Robotics dan Lamar Blackburn Robotics

 

 

 

3)    Masalah yang ditemukan pada perusahaan Living Robotics

 

Proses auditing yang terdapat dalam film ini dimulai ketika Christian memutuskan untuk mengambil pekerjaan yang ditawarkan suatu perusahaan bernama Living Robotics, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan tangan dan kaki palsu. Awalnya pihak perusahaan tidak mengira bahwa Chris akan mengambil pekerjaan ini karena Living Robotics memiliki sistem akuntansi yang rumit. Direktur keuangan tersebut menyebutkan bahwa akuntan internal perusahaan mereka menemukan ada uang perusahaan yang hilang, sehingga Chris meminta catatan-catatan keuangan perusahaan selama 15 tahun terakhir terhitung sejak direktur perusahaan tersebut menjabat.

 

Perusahaan Living Robotics memiliki  tiga sumber pendapatan, yaitu dari elektronik konsumen, protestik generasi, dan aplikasi militer tanpa manusia. Pendapatan tertinggi dihasilkan dari produk konsumen, diikuti oleh kontrak Departemen Pertahanan dan Protestik diurutan kedua dan ketiga.

 

Chris memulI pekerjaannya dengan melihat seluruh catatan keuangan  perusahaan sejak 15 tahun yang lalu. Dari hasil analisisnya terhadap catatan-catatan seperti laporan bank, daftar lengkap klien dan pemasok serta laporan keuangan terdapat beberapa kejanggalan yang ditemukanm, yaitu:

1.    Laba sebelum pajak, bunga, dan depresiasi Living Robotics 10 tahun yang lalu yaitu sebesar 14.496.719 dolar. Namun pada tahun selanjutnya (9 tahun yang lalu), laba sebelum pajak, bunga dan depresiasi perusahaan tersebut mengalami penurunan walaupun pendapatannya naik. Dalam hal ini tidak ditemukan pula pengeluaran besar yang dapat menurunkan laba, tidak ada lonjakan bahan baku mentah maupun biaya pekerja.

2.    Pada tahun ke-8 laba dan pendapatan naik namun dengan cara yang tidak semestinnya, di dalam perhitungannya x tidak sama dengan y

3.    Pada tahun ke-6,6,4 dan 3 ditemukan bahwa perusahaan mendapat laba tapi terdapat kebocoran. Kebocoran tersebut berasal dari kerja sama Living Robotics dengan Slewit Manufacturing untuk membuat alat elektronik untuk divisi konsumen.

4.    Chris menemukan bahwa angka dilaporan keuangan perusahaan terdapat kejanggalan, di mana nomor kedua di tiap baris angka adalah 3. Hal ini memberikan petunjuk bahwa data didalam laporan tersebut dimanipulasi. Chris berasumsi bahwa ketika seseorang membuat nomor acak maka mereka memiliki kecenderungan untuk membuat pola tertentu.

5.    Living Robotics mengirimkan uang kepada perusahaan yang sebenarnya tidak ada atau perusahaan palsu. Namun, keuntungan perusahaan terus meningkat dan laba terus naik sehingga tidak diketahui dari mana uang tersebut berasal.

Pada akhirnya Chris menyimpulkan bahwa perusahaan mengalami kebocoran uang sebesar 62.679.000 dolar dalam 10 tahun terakhir dan dia mengetahui bahwa Living Robotics melakukan fraud dengan motif tertentu.

Dalam percakapannya dengan Dana Cummings (akuntan internal Living Robotics) Chris menemukan beberapa motif Living Robotics untuk melakukan kecurangan yaitu:

1.    Untuk menghindari pajak, karena semakin rendah laba yang dihasilkan perusahaan maka pajak yang harus dibayarkan pun akan menjadi semakin rendah

2.    Dengan mengambil uang perusahaan sendiri lalu mengembalikannya dalam pembukuan, perusahaan akan mendapatkan uang. Perusahaan akan melepas saham perusahaan dipasar publik  dengan harga rendah namun setahun kemudian, dengan menggunakan kecurangan tersebut harga saham perusahaan akan mengalami kenaikan.

 

4)    Dampak kepada perusahaan dan manajemen akibat masalah tersebut adalah :

1)    Reputasi perusahaan:

a.     Kerusakan reputasi: Kecurangan keuangan dan tindakan ilegal dapat merusak reputasi Living Robotics di mata publik, pelanggan, dan pihak berkepentingan lainnya.

b.    Kehilangan kepercayaan: Kehilangan kepercayaan dari pelanggan dan investor dapat mengancam kelangsungan bisnis jangka panjang

2)    Keuangan perusahaan:

a.     Kerugian keuangan: Praktik kecurangan dapat menyebabkan kerugian keuangan yang signifikan, baik karena sanksi hukum maupun kehilangan investasi

b.    Ketidakpastian Finansial: Kecurangan cenderung menciptakan ketidakpastian finansial, menghambat kemampuan perusahaan untuk merencanakan dan mengelola keuangan dengan efektif.

3)    Manajemen Perusahaan:

a.     Resignasi atau pemecatan:Manajemen perusahaan yang terlibat dalam kecurangan dapat menghadapi konsekuensi berat, seperti resignasi atau pemecatan, untuk menanggung akibat tindakan mereka.

b.    Pertanggungjawaban hukum:Individu-individu dalam manajemen yang terlibat mungkin juga bertanggungjawab secara hukum atas tindakan ilegal mereka

4)    Dampak Operasional:

a.     Gangguan Operasional: Selama investigasi dan upaya pemulihan, perusahaan mungkin mengalami gangguan operasional karena fokus pada penyelesaian masalah keuangan

b.    Perubahan struktural: Untuk memulihkan kestabilan, manajemen perusahaan mungkin diharuskan membuat perubahan struktural dalam operasi mereka.

 

 

5)     Tindakan yang tidak beretika dan kaitannya dengan kode etik akuntan.

Tindakan tidak beretika yang muncul dalam cerita ini terkait dengan aktivitas ilegal yang dilakukan oleh wolff untuk kliennya yang terlibat dalam dunia kejahatan

1.    Pencucian uang: Wolff terlibat dalam pencucian uang dengan mengubah dan menyembunyikan asal usul dana yang berasal dari kegiatan ilegal.Hal ini melibatkan manipulasi catatan keuangan untuk menyembunyikan transaksi yang sebenarnya.

2.    Manipulasi angka: Karakteri ini juga terlibat dalam manipulasi angka untuk keuntungan kliennya, yang seringkali terlibat dalam kegiatan ilegal. Wolff menggunakan keahliannya sebagai akuntan untuk membuat transaksi keuangan mereka tampal legal,sehingga mengelabui otoritas dan pihak berwenang.

 

Dalam konteks kode etik akuntan, tindakan seperti pencucian uang dan manipulasi angka melanggar prinsip-prinsip inti profesi akuntan. Kode etik menagamantkan integritas, objektivitas, dan kepatuhan  pada hukum. Dengan terlibat dalam kegiatan ilegal,Wolff melanggar prinsip integritas dengan tidak menjaga kejujuran dan kejujuran informasi keuangan. Selain itu, Objektivitasnya dipertanyakan karena terlibat dalam manipulasi angka untuk keuntungan pribadi atau kliennya.

 

 

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong