TUGAS 2 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

14 October 2012 17:30:30 Dibaca : 465

CONTOH-CONTOH PERANGKAT LUNAK

 

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

 

Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

 

  1. Mengidentifikasi program
  2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
  3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

 

 

Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya.

 

Tidak jarang beberapa orang diantara kita mengenal komputer hanya dalam segi bentuk jadi, akan tetapi ada hal yang harus kita tahu atau hanya sekedar sebagai sebuah pengetahuan, bahwa komputer terbentuk dari kumpulan sistem untuk mengolah data. Komputer sendiri terdiri dari software (perangkat lunak) dan Hardware (perangkat keras). Salah satu jenis software (perangkat lunak) adalah Sistem Operasi yang sudah sangat familiar dengan kita yaitu windows. Selain itu tentunya kita juga perlu mengetahui Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya. Langsung saja simak yang berikut ini.

 

http://2.bp.blogspot.com/-hX9WdChmWEE/T0PxFZJXcOI/AAAAAAAAAkk/CaQ9jFdCB-4/s320/11.gif

 

Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya.

 

Untuk sedikit menambah wawasan tentang Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya berikut ini ada beberapa contohnya yang bisa disimak :

 

Keyboard:
Berfungsi sebagai tempat memasukkan (input) data, bisa juga untuk memberikan perintah.

 

Mouse:
Berfungsi sebagai alat penunjuk/menggerakkan penunjuk di layar dan untuk memberikan perintah.

 

Scanner:
Berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto.

 

Monitor:
Berfungsi disebut juga layar komputer, berfungsi untuk menampilkan informasi yang dapat dilihat.

 

Printer:
Berfungsi untuk mencetak data/informasi pada kertas.

 

Speaker:
Berfungsi mengeluarkan informasi berupa suara.

 

Processor:
Berfungsi sebagai pusat pengolah data dan pengendali kerja perangkat lainnya (otak komputer).

 

Mainboard:
Berfungsi sebagai kerangka mesin komputer tempat processor dan komponen-komponen lainnya dipasang.

 

CD/DVD Drive:
Berfungsi sebagai tempat memasukkan CD/DVD, berfungsi membaca dan atau menulis data pada CD/VCD.

 

Harddisk:
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Harddisk berada di dalam casing (badan) komputer dan jarang dipindah-pindahkan (disebut juga fixed disk). Umumnya semua program dan data disimpan dalam harddisk.

 

Memory (RAM):
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM singkatan dari Random Access Memory, yaitu memory yang bisa diakses secara acak oleh processor.

 

VGA Card:
Berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array.

Software Pengolah Multimedia

 

Software Multimedia adalah software yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Software Multimedia tersebut dapat didapat dari yang berlisensi sampai yang Open Source..
Berikut adalah macam-macam software pengolah Multimedia yang open source dan berlisensi.


OPEN SOURCE.
1. Windows Media Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software ini    ikut  dalam paket Microsoft Windows. Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
2. Winamp, bersifat freeware/open source dan diproduksi oleh Nullsoft Inc. Digunakan untuk memainkan MP3 Player/audio maupun video player. Dapat diperoleh di www.soft-games.com
3. WinDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Intervideo. Digunakan untuk memutar video..
4. PowerDVD, bersifat open source dan diproduksi oleh Cyberlink. Digunakan untuk memutar video.
5. Musicmatch Jukebox, bersifat open source dan diproduksi oleh Musicmatch Inc. Digunakan untuk memainkan musik.
6.DivX Player, bersifat freeware atau open source, diproduksi oleh DivXNetwork Inc. Digunakan untuk memainkan audio maupun video.

 

7. Real Player, bersifat open source dan diproduksi oleh Real Networks. Digunakan untuk memutarkan audio dan video. dapat diperoleh di www.soft-games.com

 

8. XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License. Digunakan untuk memainkan audio.

 

9. Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.      Digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk video.

 

10. Adobe Premiere Pro, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio.

 

11. Adobe Premiere Elements, bersifat open source dan diproduksi oleh Adobe Systems. Kegunaannya sama dengan Adobe Premiere Pro.

 

12.Windows Movie Maker, bersifat open source dan diproduksi Microsoft Corp. Kegunaannya untuk mengedit informasi dalam bentuk video.

 

13.Pinnacle Studio, bersifat open source dan diproduksi oleh Pinnacle Systems. Digunakan untuk mengedit

audio dan video.
14.
TMPGEnc, bersifat open source dan diproduksi oleh Pegasis Inc.Digunakan untuk mengedit suara maupun video.
15
.ACDSee, bersifat open source dan diproduksi oleh ACD Systems. Digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori.
16.
XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet. kegunaanya untuk melihat gambar.
17
. Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

DAFTAR KODE ASCII

Pas perlu, kadang hal yang kecil susah ditemukan. Perlengkapan kecil dalam pemrograman, salah satunya adalah daftar kode ASCII. Kode ini bernilai dari 0 sampai 127 (128 kode) meskipun tidak semuanya dapat ditampilkan di dalam program. Kode bernilai sampai dengan 31 dinamakan kode control, sedangkan 32 sampai dengan 126 adalah kode ASCI yang dapat ditampilkan. Alfabet A sampai Z diwakili oleh kode desimal 65 sampai 90. Bagaimana dengan kode yang lain?

 

 

 

Daftar kode ASCII yang dapat ditampilkan

Daftar kode ASCII yang dapat ditampilkan

 

Contoh pemrograman yang memanfaatkan kode ASCII.

<!--[if gte mso 9]>

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll