MANFAAT FLUORIDE UNTUK GIGI

07 February 2013 22:29:00 Dibaca : 21

 

Penggunaan fluoride sejak dulu menjadi perdebatan panjang antara ilmuwan yang pro dan kontra. Kelompok yang pro berkeyakinan bahwa fluoride dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Namun kelompok yang menentangnya berargumen bahwa penggunaan fluoride dapat menimbulkan berbagai efek samping yang berbahaya. Namun akhir-akhir ini semakin banyak ilmuwan yang mempertanyakan keuntungan fluoride seperti selama ini diklaim, bahkan dalam jumlah yang kecil sekalipun.

Keuntungan dan Resikonya :

1. Penampilan di gigi :

Pada gigi akan tampak bervariasi bintik putih sampai dengan kehitaman (berdasarkan penelitian terbaru) apabila mengkonsumsi terlalu tinggi.

2. Lubang gigi :

Untuk gigi dewasa, dengan mengkonsumsi air yang mengandung fluor akan menurunkan terjadinya karies gigi 4o% sampai 65%. Untuk gigi depan biasanya lebih banyak terlindungi dan keuntungan lainnya adalah pertumbuhan gigi tetap lebih cepat
Untuk gigi anak, 50% anak yang mengkonsumsi air mengandung fluor lebih lama bertahannya sebelum digantikan oleh gigi tetap, dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi sedikit air mengandung fluor. Akar gigi susunyapun tidak gampang terkena karies gigi.
Prenatal, intake dari fluor akan lewat melalui plasenta dan bersatu pada saat pembentukan jaringan tulang. Fluor yang terserap setelah bayi lahir sangat berpengaruh besar dalam pertumbuhan gigi susu.

3. Tanggalnya gigi baik itu tetap atau pun gigi susu, sangat cepat sekali dibanding orang yang mengkonsumsi fluor.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong