Setelah 54 Tahun perjuangan, Universitas Negeri Gorontalo Resmi TERAKREDITASI A Pada Tahun 2018

18 September 2020 22:04:53 Dibaca : 6

        Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang kampusnya berada di Kota Gorontalo dan sedang membangun di Bone Bolango itu, telah berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan capaian itu, menjadikan UNG sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka di Indonesia. UNG kini sudah setara dan sejajar dengan kampus-kampus terkenal di Indonesia. Seperti Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Karena sudah setara dengan kampus top di Indonesia, maka sudah tentu UNG akan jadi pilihan utama para calon mahasiswa dari luar daerah. Utamanya dari provinsi-provinsi yang kampusnya mendapatkan akreditasi masih di bawah UNG.

Dikutip dari laman https://sapto.banpt.or.id/viewua/2071, UNG mendapatkan akreditasi A dengan nilai 363. Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal itu, UNG telah bekerja keras memenuhi semua hal yang disyaratkan. Kerja keras itu berlangsung kurang lebih dua tahun. Langkah-langkah yang dilalui antara lain dengan mengakreditasi setiap program studi (Prodi). Ada tujuh prodi yang mendapatkan akreditasi A. Sisanya mendapatkan akreditasi B. Sudah tak ada lagi yang mendapatkan akreditasi C.

        Disamping melakukan reakreditasi semua prodi, UNG juga melakukan kerjasama untuk mengembangkan tridahrama perguruan tinggi di bidang pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Baik dengan lembaga di dalam dan luar negeri. UNG juga telah menggelar kegiatan bertaraf nasional dan internasional. Seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) kebangsaan yang diikuti oleh ratusan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, UNG juga terus meningkatkan sarana prasarana penunjang kegiatan kampus.

        Rektor UNG, Prof. Dr. Syamsu Q Badu menyampaikan, akreditasi A ini adalah hasil karya bersama seluruh civitas akademika UNG serta semua pihak yang selama ini terus bersama-sama dengan UNG.

“Alhamdulillah informasi hasil penilaian akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), akreditasi UNG yang sebelumnya B naik menjadi terakreditasi A,” ungkap Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, saat diwawancarai via telepon selulernya, Kamis (22/2).

       Syamsu Qamar Badu yang sudah dua periode menjadi Rektor UNG itu menyampaikan mendapatkan akreditasi A, maka banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh UNG. Misalnya, para alumni yang lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena lulus dari universitas yang terakreditasi A. UNG juga akan lebih mudah menjalin kerjasama internasional, dana pendidikan dan pengajaran akan meningkat termasuk dana untuk pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Masih banyak lagi keunggulan yang kita dapatkan dari akreditasi A ini,” kata Profesor yang akrab dengan panggilan SQB itu. Dengan hasil ini, dia berharap seluruh civitas akademika UNG bisa menjaga hasil kerja keras itu.

“Tugas selanjutnya adalah menjaga pencapaian akreditasi A UNG, serta mengedepankan pengembangan inovasi, geliat internasionalisasi kampus dengan terus berupaya meningkatkan kualitas agar lebih baik setiap tahunnya. Akreditasi ini harus menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga kampus untuk lebih berkarya,” pungkasnya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong