Masa Pandemi Masa Mandiri Dengan Daring

18 September 2020 21:40:05 Dibaca : 2

Terkait dengan adanya virus covid-19 yang kini telah menyebar diberbagai provinsi di Indonesia, Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok telah melakukan antisipasi dalam pelayanan akademik. Salah satu gerak cepat UNG adalah mengaktifkan perkuliahan dalam bentuk daring (online). Dalam mempersiapkan hl tersebut, Pak rektor telah menginstruksikanagar pelayanan akademikjangan tergnggu dan harus berjalan secara efektif. Salah satu bentuk layanan tersebut adalah menyiapkan infrastruktur kelas daring untuk pembelajaran dari rumah. Salah satu pengembang sistem tersebut, Arbyn Dungga, mengatakan bahwa informasi teknis mengenai perkuliahan bisa diakses melalui laman resmi UNG yaitu di SIAT UNG. 

Dengan laman resmi UNG akan memudahkan mahasiswa-mahasiswa dalam proses pembelajaran, apalagi untuk mahasiswa baru Universitas Negeri Gorontalo yang masuk pada tahun 2020 ini yang sering disebut tahun corona. Menurut Bapak Eduart, sistem perkuliahan online (daring) melalui fitur e-Learning di sistem Informasi Akadeik Terpadu (SIAT) UNG sudah disiapkan sejak tahun 2011. Hal ini dibangun berdasarkan hasil kajian UNG terhadap penerapan e-Learning UNG yag telah dipaparkan pada International Symposium on Open, Distance, and e-Learning (ISODEL) tahun 2012.

Maka dari itu semua keputusan akan ada dampak positif dan dampak negatifnya, antara lain dampak positifnya adanya keputusan untuk melakukan pembelajaran secara daring yaitu mencegah penyebaran virus corona dan memutus rantai penyebaranya agar tidak semakin meluas serta mengajarkan pelajar untuk lebih belajar secara mandiri di rumah melalui daring. Akan tetapi juga ada dampak negatif yang akan ditimbulkan apabila seorang pelajar atau mahasiswa tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dikarenakan kurangnya fasilitas maupun kurangnya konsentrasi diri sendiri apabila pembelajaran dilakukan dengan online. Akan tetapi itu adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona sekaligus mahasiswa bisa tetap melakukan pembelajaran dengan tenang. Maka dari itu tetap lakukan pembajaran dengan online untuk melatih kemandirian.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong