GAYA KEPEMIMPINAN FADEL MUHAMMAD YANG MEMBAWA PERUBAHAN

11 November 2020 21:29:30 Dibaca : 104

Prof. Dr. Ir Fadel Muhammad sebelum menjabat sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo, sebelumnya Fadel Muhammad pernah menjadi politikus dan pengusaha di Indonesia. Fadel Muhammad di lantik sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo pada tanggal 10 desember 2001. Masa kepemimpinannya sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo berjalan sampai dua periode. Yang dimana pada tahun 2006 Fadel Muhammad di lantik kembali untuk periode kedua sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo. Dengan visi dan misi yang berfokus pada pembangunan pertanian dan pembangun sumber daya manusia agar Gorontalo menjadi sejahtera dan maju.

Pada saat fadel muhammad menjadi Gubernur Fadel Muhammad berhasil membangun ekonomi daerah Gorontalo dari bawah hingga menembus angka yang sangat signifikan. ini tentunya di wujudkan dengan pemberdayaan ekonomi rakyat dan membimbing mereka hingga mampu sejahtera. “seperti yang saya lakukan kompilasi, Gubernur Gorontalo. Waktu itu saya memberikan bibit jagung secara gratis. Lahan juga diberikan kepada rakyat, sehingga media tanamnya begitu banyak dan rakyat dapat memiliki pendapatan yang layak dari menanam jagung,” jelas marten.

Provinsi Gorontalo telah memiliki Bandara Djalaludin yang mampu dilandasi pesawat. Sudah ada dua maskapai penerbangan swasta melayani rute Jakarta-Ujung Pandang-Gorontalo setiap hari. Bahkan, pemerintah Gorontalo akan memperpanjang landasan pacu agar mampu dilandasi pesawat berbadan lebar dengan target pada musim haji tahun 2006 Bandara Djalaludin itu dapat menjadi Bandara embarkasi haji. "Calon jamaah haji Gorontalo yang terus meningkat seiring dengan kemajuan sosial ekonominya tidak perlu ke Bandara Makassar. Embarkasi Gorontalo dapat menjadi transit bagi calon jamaah haji Manado, Kendari, dan Palu daripada harus ke Makassar karena lebih dekat dan murah ongkosnya," kata Fadel.

Untuk meningkatan kinerja aparat birokrat pemerintahannya, Fadel Muhammad juga mengusung sistem penggajian berbasis kinerja. Karena besaran gaji tidak bisa dinaikkan dan itu wewenang pemerintah pusat, maka dibuatkanlah komponen tunjangan kinerja daerah yang besarnya bisa mencapai 300% dari gaji.

Gaya kepemimpinan yang di miliki Fadel Muhammad yaitu beliau memiliki inovasi, mempunyai kecerdasan intelegansia yang dimana hal tersebut dapat kita lihat dari pencapaian di atas, serta gaya kepemimpinan yang semiotoriter dalam menetapkan keputusan akan tetapi tindakan itu demi kesejahteraan rakyat.

Peran beliau terhadap masyarakat Provinsi Gorontalo memiliki dampak yang besar pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu semoga jasa beliau bisa menjadi motivasi bagi kita para pemuda dan masyarakat Gorontalo.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong