Leading University

19 September 2020 13:24:26 Dibaca : 3

Visi dan Misi UNG saat ini merupakan eskalasi dari Visi dan Misi UNG sebelumnya sebagai pandangan apresiatif terhadap lompatan pencapaian UNG 10 tahun terakhir. Visi dan Misi UNG sekaligus juga merupakan upaya mengadaptasikan diri terhadap dinamika lingkungan strategis termasuk penyesuaian terhadap arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan. Komitmen terhadap arah perkembangan maupun manifestasi eksistensi UNG di masyarakat dalam pernyataan Visi dan Misi telah memiliki landasan legal formal untuk dijadikan peta jalan selama 20 tahun ke depan. Landasan hukum Visi dan Misi UNG ditetapkan dengan SK Rektor UNG No. 019/UN47/D/2015 tanggal 7Februari 2015.

Selanjutnya, perubahan Universitas Negeri Gorontalo dari SATKER ke BLU dimulai pada tahun 2011. Pada tahun tersebut, UNG memulai perjalanan BLU dengan menetapkan visi dalam Rencana Strategis Universitas Negeri Gorontalotahun 2010-2014 yakni terwujudnya universitas yang berdaya saing untuk menciptakan insan yang cerdas, terampil dan berkarakter melalui pelayananprima. Pelaksanaan visi ini ditunjang oleh empat pilar yakni quality assurance, softskill, information technology, dan environment. Agenda ini selanjutnya diimplementasikan dalam bidang akademik, administrasi keuangan,pengembangan skills kemahasiswaan, dan inovasi dalam bidang kerjasama dan pengembangan. Selanjutnya pada periode 2015–2019 Universitas Negeri Gorontalo telah menetapkan empat pilar dalam mencapai visi jangka panjangnya yaitu: Quality Assurance, Soft Skill & Entrepreneurship, Partnership & Innovation dan Environment for Green Campus.

Visi UNG 2035 adalah”Leading University dalam Pengembangan Kebudayaan dan Inovasi Berbasis Potensi Regional di Kawasan Asia Tenggara.Dalam menyiapkan pencapaian Visi tersebut, maka pada periode 2019–2023 UNG menetapkan visi: “UNG Unggul dan Berdaya Saing” dengan fokus kontribusi pengembangan daerah pada Kawasan Teluk Tomini, yang tersebar di 14 kabupaten/kota di tiga provinsi, yaitu Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Untuk mewujudkan visi tersebut, UNG melalui evaluasi diri yangintens ditetapkan empat pilar pencapaian visi tersebut, yaitu: (1) Peningkatan status akreditasi dan penguatan sistem penjaminan mutu; (2) Peningkatan reputasi, kualitas, dan daya saing lulusan; (3) Optimalisasi kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat; dan (4) Peningkatan kerjasama internasional.

Sumber: Renstra UNG 2019-2023

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong