Mahasiswa Baru UNG 2020, Inginkan PKKMB Offline

18 September 2020 11:11:34 Dibaca : 12

    Sebelum adanya penetapan pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Gorontalo secara online, banyak mahasiswa baru yang mengeluhkan hal ini dan menginginkan pelaksanaan PKKMB dilakukan secara offline atau tatap muka seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan mereka menganggap bahwa pelaksanaan PKKMB secara online tidak efektif dan efisien. Tidak hanya itu, permasalahan seputar gadget, kuota, dan jaringan tak luput dari perhatian mereka. Bagaimana tidak? Pelaksanaan PKKMB online tentunya membutuhkan tiga hal utama tersebut. Banyak mahasiswa baru yang mengeluh dikarenakan ada beberapa orang diantaranya tidak memiliki gadget, pelaksanaan PKKMB online juga tentunya membutuhkan kuota yang banyak bagi mereka yang tidak memiliki jaringan Wi-Fi pribadi, serta lokasi rumah yang berada di perkampungan atau pelosok desa ditakutkan mengakibatkann gangguan pada kestabilan jaringan menjadi alasannya.

     Menanggapi hal tersebut kita harus yakin bahwa apapun kebijakan dari pihak kampus semuanya untuk kebaikan kita. Apapun hal-hal yang menjadi kendala dari mahasiswa baru terkait pelaksanaan PKKMB online bukan berarti pihak kampus menutup mata akan hal tersebut. Namun, sepatutnya sebagai generasi milenial rasanya mustahil jika masih bermasalah dengan hal tersebut. Di era revolusi industri 4.0 ini sudah sepatutnya kita melaksanakan segala sesuatu dengan melibatkan jaringan. Sebab hal itulah yang mempermudah kita dalam melaksanakan setiap aktivitas.

     Pelaksanaan PKKMB dilakukan secara online ataupun offline tidak sepatutnya dipermasalahkan. Mengingat kondisi pandemi yang terjadi saat ini. Pelaksanaan PKKMB offline dipandang terlalu berbahaya dan beresiko yang ditakutkan nantinya menjadi ajang penyebaran virus. Hal ini dikarenakan jumlah mahasiswa baru UNG mencapai 5000-an peserta yang apabila dikumpulkan takutnya anjuran social distancing tidak dapat diterapkan dengan baik. Dalam hal ini pelaksanaan PKKMB online-lah menjadi jalan terbaik untuk permasalahan ini.

 

Penulis : Mohamad Afriyansyah Dukalang

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong