tugas ham

29 October 2012 16:57:33 Dibaca : 122

5. Permainan dengan cara simbolisasi(symbolization)

 

Simbolisasi termasuk tahap belajar konsep yang membutuhkan kemampuan yang merumuskan representasi  dari setiap konsep-konsep dengan menggunakan symbol matematika atau melalui perumusan verbal.contoh permainan sebagai berikut.

 

a.     Alat atau perangkat permainan

 

Untuk kegiatan klasikal : papan flanel,kartu-kartu gambar ,beberapa kartu relasi (=,<,>) serta potongan-potongan benang nilon.

 

b.    Cara membuat alat permainan

 

Untuk membuat kartu relasi guntinglah kertas manila berbentuk persegi dengan ukurantu (10x10) cm satu set kartu relasi membutuhkan 3 persegi yang masing-masing untuk menyatakan =, <, dan >,warna tulisan relasi dengan warna kertas manila harus kontras (mencolok) sehingga anak didik dapat melihat dengan jelas relasi yang dimaksud.Dibelakang kertas manila direkatkan sepotong kain flanel.

 

c.     Cara menggunakan

 

Tempelkan dua kelompok benda pada papan flanel.Mintalah anak untuk menghubungkan setiap satu benda dikelompok kesatu dengan satu saja benda dikelompok kedua dengan benang nilon sampai semua yang dapat berpasangan sudah dipasangkan,kemudian menempelkan kartu bilangan dan relasi yang sesuai dibawah gambar yang telah dipasangkan satu-satu.Agar permainan menjadi seru dapat dibagi kelompok yang beranggotakan 3 atau 4 anak dan dipertandingkan untuk memasangkan gambar dengan cepat dan benar.Kelompok yang tercepat dan benar itu yang menang.

 

6.Permainan dengan formalisasi

 

          Dalam tahap ini siswa-siswa dituntut untuk mengurutkan sifat-sifat konsep dan kemudian merumuskan sifat-sifat baru konsep tersebut.suatu anak didik dihadapkan pada permainan yang terkontrol dengan berbagai sajian.Dalam memotivasi anak didik untuk mengabstraksikan pelajaran tanda material kongkret dengan gambar yang sederhana,grafik,peta dan akhirnya memadukan simbol-simbol dengan konsep tersebut.langkah-langkah ini merupakan suatu cara untuk memberi kesempatan kepada anak didik untuk ikut berpartisipasi dalam proses penemuan dan formalisasi melalui percobaan matematika.

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong