Tanggal 22 oktober 2020

22 October 2020 14:41:46 Dibaca : 29

 

PROPOSAL

PENGEMBANGAN USAHA PERIKANAN BUDIDAYA GURAME

oleh

NAMA : RAHMIATI B. ASIARIKLS : AJURUSAN : BUDIDAYA PERAIRAN (BDP)MATA KULIAH : SOSIAL EKONOMI PERIKANAN

 

BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunian-Nya sehingga Proposal Usaha ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Penyusunan proposal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas Mata kulia ekonomi perikanan tahun ajaran 2020/2021 fakultas perikanan dan ilmu kelautan jurusan budidaya perairan universitas negeri gorontalo.

Usaha perikanan banyak memberikan pendapatan bagi masyarakat meski awalnya sering dipandang sebelah mata. Sebagai salah satu pendukung kebutuhan pangan dan kehidupan yang bergizi, ikan memberikan asupan gizi yang cukup sehingga banyak orang kini mengkonsumsinya. Apalagi dalam membudidayakannya telah banyak mengalami kemajuan sehingga untuk mengembangkan usaha ini banyak menarik minat dan perhatian dari berbagai pihak.

Ikan gurame merupakan salah satu komoditas air tawar yang banyak dibudidayakan dan digemari oleh sebagian besar masyarakat di wilayah Jabodetabek. Namun selama ini untuk memenuhi kebutuhan pasar ini masih mendatangkan dari luar daerah karena kurangnya produksi gurame dari pembudidaya lokal. Hal ini disebabkan karena belum optimalnya pemanfaatan lahan, kurangnya penguasaan teknologi budidaya dan masih lemahnya fungsi kelompok/ Pokdakan serta keterbatasan modal, sehingga produksi tidak bisa kontinyu.

Rumusan Masalah

1. bagaimana cara meningkatkan usaha perikanan gurame?

2. bagaimana cara memenuhi kebutuhan pasar produksi gurame?

Tujuan 

1. mengetahui cara meningkatkan usaha perikanan budidaya gurame

2. mengetahui cara memenuhi kebutuhan pasar produksi gurame

Manfaat

1. sebagai bahan informasi pada masyarakat tentang pengembangan usaha perikanan gurame

2. sebagai bahan informasi keilmuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Klasifikasi ikan gurame.

Adapun klasifikasi Ikan Gurame (Osphronemus gouramy) menurut Romero(2002) adalah sebagai berikut:Filum : ChordataKelas : ActinopterygiiOrdo : PerciformesSubordo : BelontiidaeFamili : OsphronemidaeGenus : OsphronemusSpesies : Osphronemus gouramy

2.2 Morfologi Ikan Gurame (Osphronemus gouramy)

Menurut Sarwono (2007), ikan gurami mempunyai bentuk badan yang khasdengan bentuk tubuhnya agak panjang, pipih, dan lebar. Badan tertutupi oleh sisikyang kuat dengan tepi yang kasar. Ikan ini memiliki ukuran mulut yang kecil yangletaknya miring tidak tepat di bawah ujung moncong. Bibir bawah terlihat sedikitlebih maju dibandingkan dengan bibir atas dan dapat disembulkan. Menurut Respatidan Santoso (1993), warna badan umumnya biru kehitam-hitaman, bagian perutberwarna putih, bagian punggung berwarna kecoklatan. Warna tersebut akan berubahmenjelang dewasa, yakni pada bagian punggung berwarna kecoklatan dan padabagian perut berwarna keperakan atau kekuningan. Pada Ikan Gurame muda terdapatgaris tegak berwarna hitam berjumlah ± 7–8 buah dan akan tidak terlihat bila sudahmenjadi ikan dewasa. 

2.3 Habitat dan Kebiasaan Hidup

Habitat asli Ikan Gurame (Osphronemus gouramy) adalah perairan tawar yangtenang dan tergenang seperti rawa dan sungai dengan kadar oksigen yang cukup danmutu air yang baik. Apabila dibudidayakan di daerah dataran rendah denganketinggian 50–600 m dari permukaan laut ikan gurami akan berkembang denganbaik. Ikan Gurame juga akan menunjukkan pertumbuhan optimal apabiladikembangkan di dataran dengan ketinggian 50-400 m dari permukaan laut dengansuhu 24-28 oC (Agri, 2011). Di Indonesia Ikan Gurame dijuluki sebagai Giant Gouramy karena ukurannyayang besar. Mulanya Ikan Gurame banyak ditemukan di pulau Sumatera , Jawa, danKalimantan. Namun karena banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yangenak dan gurih, Ikan Gurame sudah banyak diperkenalkan ke negara lain sejak abad18, seperti Madagaskar, Sychales, Australia, Srilanka, Mauritius, Suriname, Haiti,Martinique, dan Guyane (Robert, 1992). 

2.4 Makan dan Kebiasaan Makan

Secara umum Ikan Gurame merupakan herbivore (pemakan tumbuhan). Pakanalami Ikan Gurame ialah rotifer, cacing tubifex, dan infusoria. Setelah umur beberapahari, benih Ikan Gurame memilih larva insekta, krustcea dan zooplankton. Setelahbeberapa bulan benih Ikan Gurame mengkonsumsi tumbuhan air yang lunak. IkanGurame biasanya memakan tumbuhan daun pepaya, daun talas, kangkung dan daunsingkong. Ikan Gurame juga bias diberi makan ampas tahu, dedak dan bungkil.Rayap pun juga bisa menjadi alternatif pakan benih maupun induk Ikan Gurame(Susanto, 2014)

 

BAB III PENUTUP

Berdasarkan uraian-uraian yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya maka kesimpulan

perlu adanya peningkatan budidaya perikanan gurame agar bisa memenuhi usaha masyakat dibidang budidaya gurame.

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong