JURUSAN BUDIDAYA PERAIRAN

18 September 2020 13:25:13 Dibaca : 3

Hai.saya Vina Adelia Nusi mahasiswa baru jurusan budidaya perairan fakultas perikanan dan ilmu kelautan universitas negeri Gorontalo

 Di universitas negeri Gorontalo terdapat banyak sekali fakultas dan jurusan yang memiliki keunggulan nya masing-masing serta prospek kerja yang menjamin untuk setiap peminat.seperti jurusan yang sah pilih ini,yaitu budidaya perairan.pasti teman-teman bertanya apasih itu jurusan budidaya perairan dan apasih keunggulan nya.oke baikk disimak baik-baik ya

 

 

Kelautan & Perikanan

 

Jurusan Budidaya Perairan disebut juga Akuakultur. Jurusan ini mempelajari segala hal tentang budidaya, baik ikan air laut, ikan air tawar, lele, udang, cumi-cumi, lobster, mutiara, rumput laut, serta berbagai jenis ikan dan biota yang lain. Mahasiswa jurusan ini belajar teknik penangkapan ikan di laut atau di perairan darat seperti sungai, danau, dengan perantara nelayan, kapal-kapal perikanan, pelabuhan dan lain-lain. Di jurusan ini nantinya kamu akan menjadi pakarnya ikan, karena tau banget cara bedain ikan sakit dan sehat.

 

Pengetahuan dan Keahlian

Kemampuan melakukan observasi

 

Kemampuan meneliti

 

Kemampuan melakukan analisis

 

Kemampuan berpikir kritis dan terstruktur

 

Kemampuan komunikasi

 

Pemahaman biologi

 

Berenang

 

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Budidaya Perairan?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Budidaya Perairan.

 

1

Dengan potensi perairan Indonesia yang sangat tinggi, tentunya tenaga lulusan Budidaya Perairan sangat diperlukan untuk mengelola potensi yang ada.

 

2

Peluang kerja? Jangan salah, lulusan Budidaya Perairan malah bisa nyiptain pekerjaannya sendiri! Karena dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang didapat selama kuliah, kamu bisa membangun usaha tambak mu sendiri.

 

3

Kalau kamu bercita-cita ingin jadi abdi negara, bisa bergabung dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai analis perikanan, pengawas perikanan, pengelola kesehatan ikan, pengendali hama dan penyakit ikan, ataupun perekayasa perikanan. Bisa juga lho kerja di Badan Karantina Nasional.

 

4

Kamu juga bisa bekerja di perusahaan budidaya ikan dan memperkuat divisi manajemen dan operasional.

 

5

Perusahaan pengolahan hasil perikanan juga membutuhkan lulusan Budidaya Perairan untuk memastikan pasokan ikan terpenuhi sesuai kebutuhan.

 

Prospek Kerja

Peluang karier bagi lulusan Budidaya Perairan sangat banyak. Bahkan lulusan Budidaya Perairan dapat menciptakan peluang kerja sendiri. Dengan membuka usaha tambak, secara tidak langsung kamu dapat berkontribusi dalam mengurangi pengangguran. Kalau kamu mau merintis karier dengan bekerja di perusahaan, gaji awal lulusan Budidaya Perairan sangat bervariasi, dan tetap memperhatikan aspek kemampuan, area tempat bekerja, jabatan, dan pengalaman yang kamu miliki. Sejauh ini, karier di sektor perikanan dan kelautan masih jadi pilihan utama bagi lulusan jurusan ini. Tapi, kamu juga bisa lho mencoba mengeksplorasi potensi di sektor lain, misalnya pendidikan, jasa, dll. 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong