SOFT SKILL

21 February 2013 09:00:24 Dibaca : 1747

Soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Interpersonal skills), dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intra-Personal Skills) yang mampu mengembangkan produktifitas kerja secara maksimal.

Konsep soft skill sebenarnya merupakan pengembangan diri konsep kecerdasan emotional. Soft skill sendiri diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan tehnis dan akademis, dan sudah dibangun sejak kecil (didikan lingkungan dan keluarga) yang lebih mengutamakan keterampilan intra dan interpersonal. Pada umumnya kelemahan dibidang soft skill berupa karakter yang melekat pada diri seseorang. Butuh usaha keras mengubahnya, namun jelas bahwa kemampuan ini dapat diasah dan ditingkatkan seiring dengan pengalaman hidup, dalam dunia kerja, berorganisasi, dan melakukan aktifitas dengan orang lain. Ada banyak cara untuk meningkatkan soft skill. Salah satunya melalui pelatihan dan seminar.

Soft skill dapat juga dibangun untuk menjadikan kita semakin beriman dan bertakwa kepada sang pencipta. Bahwa apapun yang ada di alam semesta akan tunduk dan patuh kepada-Nya. Apapun yang kita kerjakan, bekerja, belajar, tidur, dan bentuk apa saja yang dikerjakan mesti dilihat oleh Allah S.W.T. Semakin kita sadar bahwa kita dilihat Allah S.W.T, maka semakin kita serahkan keikhlasan untum berbuat.

di materi soft skill yang diberikan oleh Pak Udin Hamim semalam yaitu diantaranya ada tentang kesabaran. untuk meraih kesuksesan kita harus memiliki kesabaran . jika tidak memiliki kesabaran kita tidak akan sukses, dan tidak akan mencapai apa yang kita inginkan .