TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. IBU WARNI SUMAR. TGL 6-JAN-2016. SEMESTER 1. MANAJEMEN PENDIDIKAN. KELAS 1.A. DEWI PURNAMA HAMID
A. HUKUM-HUKUM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (KELOMPOK 4)
1. jelaskan tentang hukum tempo perkembangan ?
jawab: tiap anak mempunyai tempo kecepatan dalam perkembangannya sendiri-sendiri ada anak yang perkembangannya cepat dari anak lainnya
2. jelaskan pengertian hukum pertumbuhan dan perkembangan
jawab: hukum pertumbuhan dan perkembangan menerangkan bagaimana sebuah perubahan secara fisik dan mental berlangsung secara terus menerus dialami dari masa-masa.
3. sebutkan hukum pertumbuhan menurut Sutoro, 1993 dan jelaskan secara singkat
jawab: a. hukum chepa lacaudal: pertumbuhan dimulai dari arah kepala menuju ke kaki
b. hukum proxi modistal: pertumbuhan dari daerah sumbu (proximo) kearah tepi (distal)
4. sebutkan hukum-hukum perkembangan dan jelaskan salah satunya
jawab: - hukum tempo perkembangan, hukum irama perkembangan, hukum rekapitulasi, hukum masa peka, hukum truzalter (masa menentang), hukum masa exploratif, dan hukum pertahanan diri.
- hukum masa exploratif: menurut Langevel, perkembangan individu merupakan suatu proses yang berlangsung sebagai suatu penjelajahan dan penemuan pada individu yang bersangkutan
5. jelaskan hukum rekapitulasi pada perkembangan
jawab: hukum rekapitulasi merupakan pengulangan ringkasan dari kehidupan suatu bangsa yang berlangsung secara lambat selama berabad-abad. dengan hukum ini berarti perkembangan jiwa anak itu merupakan ulangan dan adanya persamaan dengan kehidupan sebelumnya (yang dilakukan oleh nenek moyang). dapat dibagi dalam beberapa masa yakni: masa berburu, masa mengembala, masa bercocok tanam, dan masa berdagang.
B. MASA DEWASA (KELOMPOK 10)
1. jelaskan perbedaan antara dewasa awal dengan dewasa madya
jawab: dewasa awal merupakan masa dewasa atau satu tahap yang dianggap kritikal selepas alam remaja yang berumur dua puluhan sampai tiga puluhan, sedangkan dewasa madya adalah masa peralihan dewasa yang berawal dari masa dewasa muda yang berusia 40-65 tahun.
2. jelaskan menurut Erikson tentang perkembangan psikososial masa dewasa akhir yang ditandai dengan tiga gejala penting.
jawab: a. perkembangan keintiman: keintiman dapat diartikan sebagi suatu kemampuan memperhatikanorang lain dan membagi pengalaman dengan mereka.
b. perkembangan generatif: generatif adalah tahap perkembangan psikososial ketujuh yang dialami individu selama masa pertengahan masa dewasa.
c. perkembangan integritas: integritas merupakan tahap perkembangan psikososial Erikson yang terakhir.
3. apa saja perkembangan fisik dewasa ? sebutakan dan jelaskan salah satunya.
jawab: - kesehatan badan, perkembangan sensorik, dan perkembangan otak.
- perkembangan otak: mulai masa dewasa awal, sel-sel otak juga berangsur-angsur kurang. tetapi, perkembangbiakan koneksi neural, khususnya bagi orang-orang yang tetap aktif, membantu mengganti sel-sel yang hilang. hal ini membantu menjelaskan pendapat umum bahwa organ dewasa yang tetap aktif, baik secara fisik, seksual, maupun secara mental, menyimpan lebih banyak kapasitas mereka untuk melakukan aktivitas-aktivitas demikian pada tahun-tahun selanjutnya.
4. jelaskan perkembangan sosioemosional masa dewasa awal.
jawab: a. mencari dan menemukan calon pasangan hidup: golongan dewasa muda semakin memiliki kematangan fisiologis (seksual) sehingga mereka setiap melakukan tugas reproduksi, yaitu mampu melakukan hubungan seksual dengan lawan jenisnya. asalkan memenuhui persyaratan yang sah.
b. memiliki karier dalam rangka memantapkan kehidupan ekonomi rumah tangga: biasanya orang dewasa cenderung merasa tertekan oleh tuntutan pekerjaan yang mereka jalani.
5. bagaimana karakteristik pendidikan orang dewasa ?
jawab; orang dewasa telah memiliki lebih banyak pengalaman hidup, motivasi yang tinggi untuk belajar, banyak peran dan tanggungjawab, kurang percaya pada kemampuan diri untuk belajar kembali, orang dewasa lebih beragam dari pada pemuda, makna belajar orang dewasa, dan konsep diri.
C. MASA LANSIA (KELOMPOK 12)
1. jelaskan perubahan fisik pada usia dewasa akhir menurut Hurlock (1980)
jawab: a. daerah kepala: hidung menjulur lemas, bentuk mulut akan berubah karena hilangnya gigi, mata kelihatan pudar, dagu berlipat dua, atau tiga, kulit berkerut dan kering, rambut menipis dan menjadi putih.
b. daerah tubuh: bahu mebungkuk dan tampak mengecil, perut membesar dan tampak membuncit, pinggul tampak menggendor, dan tampak lebih besar, garis pinggang melebar, dan payudara pada wanita akan mengendor.
c, daerah persendian: panggal tangan menjadi kendor dan terasa berat, kaki menjadi kendor dan pembuluh darah balik menonjol, tangan menjadi kurus dan kering, kaki membesar karena otot-otot mengendor, kuku tangan dan kaki menebal, mengeras, dan mengapung.
2. bagaimana perkembangan emosional pada masa lansia ?
jawab: munculnya rasa tersisih, tidak dibutuhkan lagi, ketidakikhlasan menerima kenyataan baru seperti penyakit yang tidak kunjung sembuh, kematian pasangan, merupakan sebagian kecil dari keseluruhan perasaan yang tidak enak yang harus dihadapi lanjut usia.
3. bagaimana implikasi gender pada kesehatan lansia ?
jawab: wanita yang memiliki peran ganda (seperti mantan pegawai + pengurus rumah tangga) lebih kecil kemungkinan menjadi depresi dari pada wanita yang mengidentifikasikan dirinya sebagai seorang dengan peran tunggal saja.
4. bagaimana perkembangan intelektual pada masa lansia menurut David Wechsler ?
jawab: kemunduran kemampuan mental merupakan bagian dari proses penuaan organisme secara umum, hampir sebagain besar penelitian menunjukan bahwa setelah mencapai puncak pada usia 45-55 tahun, kebanyakan kemampuan seseorang secara terus menerus mengalami penurunan.
5. jelaskan perkembangan spiritual pada masa lansia
jawab: lansia yang lebih dekat dengan agama menunjukan tingkat yang tinggi dalam hal kepuasan hidup, harga diri dan optimisme. religiusitas besar pengaruhnya terhadap taraf kesehatan fisik bathinia atau kesehatan mental.