TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK, IBU WARNI SUMAR, kelas 1.A MANAJEMEN PENDIDIKAN, RAHMANTO A. SAMINA
MATERI KELOMPOK 4 : HUKUM-HUKUM PERKEMBANGAN
PERTANYAAN :
1. Jelaskan pengertian dari hukum perkembangan menurut pendapat para ahli..
Jawaban :
- Hukum perkembangan merupakan sebuah kaidah fundamental tentang realitas kehidupan anak-anak (manusia) yang telah disepakati kebenarannya berdasarkan hasil pemikiran dan penelitian yang seksama (Ridho, 2013).
-Hukum pertumbuhan dan perkembangan juga dapat di nyatakan sebagai suatu konsepsi yang biasanya bersifat deduktif dan menunjukan adanya hubungan yang ajeng (continue) serta dapat diramalkan sebelumnya antara variabel-variabel yang empirik, (Tejaputri, 2013)
2. Sebutkan dan jelaskan macam-macam dari hukum pertumbuhan.
Jawaban :
• Hukum Chepa Lacaudal. Pertumbuhan dimulai dari kepala menuju ke kaki. dalam hukum ini bagian kepala tumbuh lebih dahulu daripada daerah-daerah lain.
• Hukum Proximodistal. Pertumbuhan di mulai dari sumbu yang terdiri dari jantung, alat pernapasan dan alat pencernaan yang akan tumbuh terlebih dahulu dan lebih pesat apabila di bandingkan dengan daerah tepi.
3. Uraikan empat masa dari seorang anak dan kapan masa ini berlangsung..
Jawaban :
ï‚§ Masa memburu dan menyamun. masa ini dialami ketika anak berusia sekitar 8 tahun.
ï‚§ Masa mengembala. masa ini dialami ketika anak berusia sekitar 10 tahun.
ï‚§ Masa bercocom tanam. Masa ini dialami ketika anak berusia 12 tahun.
ï‚§ Masa berdagang. masa ini dialami ketika anak berusia 14 tahun.
4. Apa yang dimaksud dengan hukum kesatuan organ serta berikan contohnya.
Jawaban :
Hukum kesatuan organ memberikan penjelasan bahwa setiap anak terdiri dari organ-organ tubuh, yang merupakan satu kesatuan di antara organ-organ tersebut antara fungsi dan bentuknya, tidak dapat dipisahkan berdiri integral.
Cntohnya : Perkembangan kaki yang semakin besar dan panjang, meski di iringi oleh perkembangan otak, kepala, tangan, dan lain-lain.
5. Sebutkan hukum-hukum dari perkembangan.
Jawaban :
ï‚§ Hukum Tempo Perkembangan
ï‚§ Hukum Irama Perkembangan
ï‚§ Hukum Rekapitulasi
ï‚§ Hukum Masa Peka
ï‚§ Hukum Trazalter (masa menentang)
ï‚§ Hukum Masa Eksploratif
ï‚§ Hukum Pertahanan Diri
MATERI KELOMPOK 10 : TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN PRIBADI MANUSIA
PERTANYAAN :
1. Sebutkan dan jelaskan tiga tipe dari kepribadian manusia.
Jawaban :
• Kepribadian Normatif. kepribadian ini merupakan kepribadian yang ideal.
• Kepribadian Otoriter, Tipe ini terbentuk melalui proses sosialisasi individu yang lebih mementingkan kepentingan diri sendiri daripada orang lain.
• Kepribadian Perbatasan. Keprribadian ini merupakan tipe kepribadian yang relatif labil.
2. Menurut Sigmut Freud kepribadian berkembang sebagai respon terhadap empat sumber tegangan pokok. sebutkan keempat sumber tersebut..
Jawaban :
o Proses-proses pertumbuhan fisiologis
o Frustasi-frustasi
o Konflik-konflik
o Ancaman-ancaman
3. Jelaskan pengertian kepribadian menurut para ahli.
Jawaban :
Menurut Gordon Allport, Kepribadian manusia adalah organisasi yang dinamis dari system psikofisik dalam individu yang turut menentukan cara-caranya yang unik atau khas dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
4. Sebutkan beberapa fase-fase perkembangan kepribadian manusia menurut Sigmunt Freud.
Jawaban :
• Fase Oral
• Fase Anal
• Fase Phalic
• Fase Latent
• Fase Genital
5. Bagaimanakah perkembangan kepribadian pada masa dewasa awal.??
Jawaban :
Pada masa dewasa awal ditandai dengan kecenderungan intimacy-isolation. pada masa ini ikatan kelompok sudah mulai longgar, mereka sudah mulai selektif, dia membina hubungan yang intim hanya dengan orang-orang tertentu yang sepaham, jadi pada tahap ini timbul dorongan untuk membentuk hubungan yang intim dengan orang-orang tertentu, dan kurang akrab atau renggang dengan yang lainnya.
MATERI KELOMPOK 12 : MASA USIA LANJUT
PERTANYAAN :
1. Uraikan ciri-ciri masa usia lanjut .
Jawaban :
o Adanya periode penurunan atau kemunduran, yang di sebabkan faktor fisik dan psikologis
o Perbedaan individu dalam efek penuaan
o Adanya stereotip-stereotop mengenai usia lanjut
o Sukap sosial terhadap usia lanjut
o Adanya prubahan peran
o Penyesuaian dari yang buruk
o Adanya keinginan untuk menjadi muda kembali
2. mengapa seorang lansia yang sudah tua mengalami gangguan pada penglihatannya ?
Jawaban :
karena mata memproduksi lebih sedikit air mata, sehingga dapat membuat mata menjadi kering, kornea menjadi kurang sensitive. pupil mata berkurang sepertiga dari ukuran ketika berusia 20 tahun, pupil dapat bereaksi lebih lambat terhadap perubahan cahaya gelap ataupun terang, lensa mata menjadi kuning, kurang fleksibel.
3. sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang memicu proses penuaan .
Jawaban :
• faktor genetika, merupakan faktor bawaan (keturunan) dan setiap orang memiliki faktor genetika yang berbeda.
• faktor endogenik, faktor ini berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi secara fisik (perubahan sel) maupun mental.
• faktor lingkungan, merupakan diet atau mengonsumsi makanan yang bergizi, merokok, minum alkohol atau kafein , polusi, tingkat pendidikan, dan lain-lain.
4. apa sajakah bentuk-bentuk kekerasan yang sering terjadi pada lansia?
Jawaban :
• beberapa jenis trauma fisik
• tidak memperoleh kasih sayang
• tidak dihargai
• tidak memperoleh fasilitas dasar
• diperlakukan secara kasar (verbal)
• diasingkan/diabaikan
• tidak memperoleh cukup makan
• dianiaya bahkan di bunuh
• menjadi korban kriminalitas
5. jelaskan pengertian masa lanjut usia menurut para ahli .
Jawaban :
menurut Hurlock (2002), masa lansia merupakan tahap terakhir dalam perkembangan ini dibagi menjadi lanjut usia dini yang berkisar antara usia 60-70 tahun dan lanjut usia dimulai pada usia 70 hingga akhir kehidupan seseorang.