STEVEN ILAHAPA/1 B MANAJEMEN PENDIDIKAN
NAMA: STEVEN ILAHAPA
KELAS: 1 B
KEL: 4 HUKUM-HUKUM PERKEMBANGAN
1.Sebutkan hukum-hukum perkembanagn !
jawab: berikut hukum-hukum perkembangan
- hukum tempo
- hukum irama
- hukum konfergensi
- hukum kekuasaan organ
- hukum harkiki
- hukum masa peka
- hukum perkembbangan diri
- hukum rekapitulasi
- hukum cephalocaudal
- hukum prioximodistal
- hukum menentang
2. Apa yang di maksud denagn hukum perkembangan?
jawab: hukum perkemmbangan merupakan aturan-aturan yang bersifat mengikat yang biasanya terjadi di dalam proses tumbuh kembang manusia.
3. Apa yang di maksud dengan hukum irama (ritme) perkembangan ?
jawab : hukum irama berlaku untuk perkembangan jasmani maupun rohani, tidak selalu di alami perlahan-lahan dengan urutan-urutan melainkan merupakan gelombang-gelombang besar dan kecil.
4. Apa yang di maksud dengan hukum masa peka ?
jaawab: hukum masa peka adalah susatu masa di mana sesuatu berfungsi sedemikian baik perkembangannya.
5. Apa yang di maksud dengan hukum proximodistal ?
jawab: hukum proximodistal adalah hukum yang berlaku pada pertumbuhan fisik.
KEL: X MASA DEWASA: PERKEMBANGAN FISIK, EMOSI, SOSIAL,INTELAK, BAKAT MINAT, BAHASA, DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
1. Bagaiman perubahan fisik pada masa dewasa?
jawab : perubahan fisik pada masa dewasa yaitu seperti pada masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia sebagian besar terjadi pada lima daerah yaitu :
- near vision
- dynamic vision
- sensitivity to light
- visual search
- visual acuity atau ketajaman pandangan
2. Sebutkan aspek perkembangan yaang terjadi pada masa dewasa !
jaawab: berikut dadalah beberapa aspek perkembangan yang terjadi pada masa dewasa:
- perkembangan fisik,
- perkembangaan psikososial
- perkembangan kognitif
3. Bagaimana karakter perkembangan intelektual orang dewasa ?
jawab: perkembangan intelektual pada masa dewasa telah tercapai pada masa adolesen yaitu lebih meluas atau komprehensif dan mendalam.
4. Bagaimana karakter perkembangan bahasa orang dewasa ?
jawab: perkembangan bahasa orang dewasa tidak lagi sepanjang atau sebanyak perkembangan bahasa anak-anak yang mengalami tujuan tahap perkembangan.
5. Bagaimana perkembangan emosi orang dewasa ?
jawab: perkembangan emosi orang dewasa di klasifikasikan menjadi 3 golongan yaitu :
- perkembangan emosi pada kelompok dewasa dini
- kelompok dewasa media
- kelompok dewasa lanjut
KEL: XII MASA USIA LANJUT : PERKEMBANGAN FISIK, EMOSI, SOSIAL, INTELEK, BAKAT MINAT, BAHASA, MORAL DAN IMLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
1. Bagaimana perubahan fisik pada masa usia lanjut ?
jawab: perubahan fisik yaitu dengan bertambahnya usia secara umum kekuatan dan kualitas fisik juga. beberapa perubahannya adalah :
- perubahan pada kulit
- perubahan pda persendian
- perubahan pada mata
- perubahan pada pernafasan
- perubahan pada sistem cardiovascular
2. Apa yang di maksud dengan usia lanjut?
jaawab: usia lanjut meruapakan istilah tahap aakhir dari prosese penuaan.
3. Apa yang di maksud denagn tahap usia lanjut ?
jawab : tahap usia lanjut adalah tahap di mana terjadi penuaan dan penurunannya lebih jelas dan lebih dapat diperhatikan daripada tahap usia bayi.
4. Bagaimana perkembangan emosi pada masa usia lanjut ?
jawab: memasuki masa tua sebagian besar lanjut usia kurang dapat menyesuaikan diri dan memecahkan masalah yang di hadapi.
5. Apa yang di maksud dengan penyesuaian diri pada lanjut usia ?
jawab: yang di maksud dengan penyesuaian diri pada laanjut usia adalah kemampuan orang yang berusia lanjut untuk menghadapai tekanan akibat perubahan fisik maupun sosial pssikologis yang di alaminya dan kemampuan untuk mencapai kelestarian antara tuntutan dari dalaam diri dengan tuntutan dari lingkungan.