Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 00:04:59 Dibaca : 17

Universitas Negeri Gorontalo yang disingkat UNG adalah perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Gorontalo dan beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo berdiri pada tanggal 1 September 1963 yang dulunya bernama Junior College dan merupakan bagian dari FKIP UNSULUTTENG. Lembaga ini juga pernah menjadi Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Pada tahun 1993 lembaga ini akhirnya berdiri sendiri dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo. Selanjutnya pada tahun 2001 lembaga ini meningkat menjadi IKIP Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Kemudian IKIP Negeri Gorontalo berubah menjadi Universitas Negeri Gorontalo yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004.

Seiring berjalannya waktu selama 57 tahun, Universitas ini terdiri dari 10 fakultas diantaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, FMIPA, Ilmu Sosial, Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Ilmu Olahraga dan Kesehatan, Pertanian, Hukum, Ekonomi, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Terdapat juga program pascasarjana yaitu Keguruan dan Pendidikan, Ilmu Administrasi, Ilmu Hukum, Kelautan, Perikanan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahsa Inggris, Biologi, Ilmu Ekonomi dan Fisika. Dosen di Universitas Negeri Gorontalo terdiri dari 861 dosen yang terdaftar diantaranya 829 dosen yang sedang aktif dan 32 dosen yang sedang dalam tugas belajar.

Universitas Negeri Gorontalo memiliki visi dan misi yang ditetapkan oleh Rektor UNG Periode 2019-2023 yaitu "UNG Unggul dan Berdaya Saing"

1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran digital Based Learning guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan profesionalitas dengan menguasai teknologi di bidang kependidikan atau nonkependidikan.

2. Meningkatkan kompetensi penelitian dan menngembangkan kompetensi peneliti untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pembangunan daerah dan nasional secara berkelanjutan.

3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, melakukan penyebarluasan serta penerapam hasil-hasil penelitian untuk menunjang pembangunan daerah dan nasional dalam rangka mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan.

4. Mengembangkan kemitraan dan jejaring kerja sama yang luas untuk memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

5. Memperkuat nilai-nilai budaya, penerapam sains dan teknologi, serta inovasi berbasis potensi regional

6. Menyelenggarakan tata kelola dan layanan yang profesional, transparan dan akuntabilitas yang tinggi menuju Good University Government.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong