Dalam rangka menopang pendidikan di Indonesia Timur, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus berupaya untuk meningkatkan perannya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran dalam melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas secara berkelanjutan.Demikian ungkap Wakil Rektor I Bidang Akademik UNG Prof. Dr. Ir. Mahludin H. Baruwadi, M.P., ketika ditemui usai melakukan Diskusi Tentang Best Practice Kebijakan Akademik, Pola Pembinaan/Pengembangan Kemahasiswaan dan Implementasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung University Center, Kampus UPI Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Rabu (28/3/2018).

Lebih lanjut dikatakan,”Universitas Negeri Gorontalo belajar banyak hal dari UPI, salah satu contohnya di UNG belum diterapkannya Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Tahun ini kita akan mulai menerapkannya, oleh karena itu kami belajar ke UPI untuk memperoleh bahan refensi. Kita harapkan terdiseminasinya apa-apa yang sudah terlaksana di UPI.”

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UPI Dr. H. M. Solehuddin, M.Pd., atas nama lembaga mengapresiasi keberhasilan UNG dalam upayanya mendapatkan akreditasi kelembagaan dengan predikat A.

Dikatakannya,”Bagi UPI, kunjungan yang dilakukan oleh Universitas Negeri Gorontalo merupakan suatu hal yang positif sebagai sesama LPTK, dan ini adalah sebuah kepercayaan dari UNG atas pengalaman yang kami miliki, dan tidak ada salahnya kita juga mengeksplorasi pengalaman mereka.”

Bagi UNG, UPI merupakan kiblat untuk beberapa kegiatan terkait pelaksanaan akademik terutama bidang kurikulum dan kemahasiswaan, tegasnya. Dosen-dosen UNG mayoritas alumni dari UPI, bahkan ada diantaranya merupakan pimpinan dan guru besar UNG. UPI menjadi tolak ukur dalam mengembangkan pendidikan.Saat ini UPI sudah berbasis online, ujarnya, 98% sudah patuh, sisanya 2% tidak patuh karena faktor non teknis. UPI memiliki 78 program studi, termasuk 3 prodi baru yaitu Kewirausahaan, Survey Pemetaan dan Informasi Geografis (SPIG), dan Desain Komunikasi Visual (DKV), ditambah 55 prodi di Sekolah Pascasarjana, jadi total ad 148 prodi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 37.000 orang termasuk mahasiswa SPs, mendekati target 38.000 mahasiswa yang dibebankan oleh Kemenristekdikti.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Fence M Wantu, SH, MH., serta jajarannya, demikian pula UPI. (dodiangga

Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 23:17:20 Dibaca : 1

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.

Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).[3]

Curhat kami Mahasiswa UNG Soal Penerapan Kuliah Online

18 September 2020 23:13:55 Dibaca : 1

Merebaknya penyebaran virus corona turut berpengaruh pada kegiatan perkuliahan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Kampus tertua di Gorontalo itu sejak 23 Maret 2020 menerapkan sistem perkuliahan online bagi mahasiswa.

Beberapa hari setelah sistem kuliah online itu diterapkan, sejumlah mahasiswa UNG mengungkapkan beberapa kendala yang harus mereka hadapi.

Salah satu mahasiwa UNG, Ayu menilai meski menghemat biaya transportasi ke kampus namun kuliah online membuat mahasiswa kurang disiplin dalam menerima materi.

“Contohnya ketika kuliah lewat aplikasi karna keterbatasan jaringan, ada beberapa mahasiswa yang tidak bisa ikut hadir ” Kata Ayu saat ditemui. 

Menurut Ayu persoalan itu ditambah dalam proses pembelajaran ada beberapa mahasiswa yang mungkin kurang fokus selama kuliah online serta tidak ada pengawasan yg ketat dari dosen seperti kuliah tatap muka.

Senada, Kyky mahasiswa UNG mengaku lebih suka dengan kuliah tatap muka karena kuliah online dianggap kurang efektif.

“Mending kuliah seperti biasa,karena tidak ada gunanya kuliah online tapi tetap mo kase tugas yang harus torang buat di luar jadi sama saja torang tetap d luar ” Ujarnya

Anna, mahasiswa UNG mengeluhkan jeleknya jaringan internet yang mempengaruhi kegiatan kuliah online.

“Selain itu, tidak ada tantangan setiap menjawab soal atau pertanyaan dari dosen karena langsung mengandalkan google searching ” Ujarnya memungkasi.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong