CARA MEMBUAT LINK ABSENSI ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN ZOHO FORM
Pembuatan link absensi online tentunya banyak cara yang dapa kita gunakan salah satunya melalui google frorm namun ternyata banyak cara lain dalam pembuatan link absensi online yaitu melalui zoho yang tentunya banyak kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh zoho dengan template yang menarik dan tentunya Gratis.
Untuk itu berikut langkah - langkah pembuatan link absensi online melalui ZOHO
1. Hal pertama yang teman-teman perlu lakukan yaitu membuat akun
Login terlebih dahulu ke Google Chrome lalu ketik Zoho Form kemudian klik. Teman-teman akan diarahkan ke menu Daftar seperti yang ada dibawah ini, teman-teman bisa mulai terlebih dahulu dengan mengisi forumulir yang disediakan
2. Kemudian akan muncul tampilan gambar seperti dibawah ini setelah mendaftar. Teman-teman langsung saja bisa memulai membuat absensi online dengan mengklik " Let's get started "
3. Lalu kita masukkan judul dari absensi online yang akan kita buat, Tak lupa pula dengan mengisi Description seperti contoh yg ada pada gambar dibawah ini lalu klik Create
4. setelah itu teman-teman langsung saja membuat form pengisian yang pertama yaitu membuat nama dengan mengklik " Single Line " atau teman-teman juga bisa mengklik " Name " yang nantinya akan muncul nama depan dan juga nama belakang. Hanya saja pada langkah kali ini kita menggunakan "Single line " seperti yang ada pada gambar dibawah ini
5. Kemudian setelah mengklik single line teman-teman bisa mengubah nama single line menjadi Contoh "Nama Mahasiswa/ siswa" klik bagian vadilation yang ada dibagian bawah klik mandetory agar menandakan bahwa kolom itu wajib untuk diisi lalu klik Save
6. Pembuatan Nim
Untuk membuat Nim klik Number kemudian akan muncul seperti yang ada di gambar tuliskan NIM pada Field label jangan lupa klik mandetory pada ikon Vadilation dan save
7. Pembuatan Email
Klik ikon Email lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini, tuliskan Email pada Field label lakukan dengan cara yang sama seperti sebelumnya lalu klik Save
8. Pembuatan Keterangan
untuk pembuatan keterangan teman-teman bisa mengklik Multiple Choice tulis keterangan pada bagian Field label, pada bagian choice teman-teman bisa menambahkan pilihan keterangan seperti yang ada pada gambar dibawah ini sesuai keinginan teman-teman.
.
9. langkah selanjutnya teman-teman bisa menambahkan dokumentasi dengan mengklik image upload pada bagian Field label ditulis Dokumentasi
10. Untuk pembuatan Tanda tangan teman-teman bisa klik Advanced fields lalu tekan Signature lakukan seperti langkah sebelumnya lalu klik save
11. Agar lebih menarik teman-teman bisa memilih tema yang ada dan tentunya banyak pilihan-pilihan gratis yang dapat di akses dengan mengklik Themes seperti gambar dibawah ini
12. Kemudia langkah terakhir bagikan/shere link absensi yang sudah dibuat tadi ke mahasiswa dengan klik shere seperti pada gambar dibawah ini
Berikut link absensi online yang sudah dibuat
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong