PERAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR.
Nama: Khusnul Qhotimawaty Ali
Nim: 151422025
Kelas : 2A
Pada hari sabtu, tanggal 10 April 2023.Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, melakukan kegiatan seminar nasional dengan teman " Peran Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar. Kegiatan seminar ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar oleh ibu, Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si selaku dosen pengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan juga sebagai penanggung jawab kegiatan seminar nasional ini.Saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pangampuh, penanggung jawab, dan seluruh panitia dan peserta yang tergabung dalam kegiatan seminar nasional ini, karena berkat kerja sama dan kerja keras dari kita semua, seminar nasional ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.
Adapun pemateri dalam kegiatan seminar nasional ini terdapat 3 pemateri yang luar biasa, pemateri pertama yaitu Bapak prof.Ifdil,S.Hi.,S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.,Kons dengan judul materi "Strategi Bimbingan konseling dalam membangun karakter peserta didik di sekolah dasar melalui implementasi kurikulum merdeka belajar". Pemateri kedua yaitu Bapak Dr.Ryan hidayat Rafiola, M.Pd., Kons dengan judul materi " implementasi Guru SD Pada Kurikulum Merdeka Belajar". Dan pemateri ketiga yaitu Ibu Dra., Salma Halidu., S.Pd., M.Pd. MCE dengan judul materi " Peran Guru SD Sebagai Pengajar Dan pembimbing".
Pada kurikulum merdeka belajar ini bertujuan untuk mendorong terbentuknya karakter jiwa merdeka di mana guru dan siswa dapat secara leluasa dan menyenangkan mengeksplorasi pengetahuan, sikap dan keterampilan dari lingkungan.
Adapun peran dari seorang guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, oleh karena itu guru harus mampu mengidentifikasi bakat setiap siswanya supaya dapat memberikan pengarahan dan mengembangkannya sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.
Pada hakikatnya upaya guru dalam melakukan penilaian autentik pada pembelajaran tematik disekolah dasar sangatlah penting karena penilaian autentik bertujuan untuk mengetahui secara jelas kemampuan masing-masing peserta didik yaitu peran guru tidak sekedar mengajar, mendidik, membimbing tetapi juga berperan dalam mengarahkan, melatih, menilai serta mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Pada perannya guru memiliki tujuh indikator dalam pembelajaran dikelas.1. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pengajar2. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai pendidik3. Peran guru dalam perutaan autentik pada pembelajaran tematik sebagai pembimbing4. Peran guna dalam penilaian autentik 04 pada pembelajaran tematik sebagai pengarah5. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebaga pelatih6. Peran guru dalam penilaian autentik pada pembelajaran tematik sebagai penilaian7. Peran guru dalam penilaian autentic pada pembelajaran tematik sebagal evaluator.