"Peran Bimbingan konseling di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar"
Nama : Nurjana Latif
Kelas : 2B PGSD
NIM : 151422045
Assalamualaikum Wr.Wb
Saya Nurjana Latif, Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan program S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Akan berbagi pengalaman saya saat mengikuti pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional, dengan tema "Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar Melalui Program Merdeka Belajar", yang telah dilaksanakan sabtu, 08-April-2023 di aula PGSD.Kegiatan seminar ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar oleh ibu, Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, M.CE dan ibu Dr. Asni Ilham, S.Pd, M.Si selaku dosen pengampuh mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dan juga sebagai penanggung jawab kegiatan seminar nasional ini.Saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pangampuh, penanggung jawab, dan seluruh panitia dan peserta yang tergabung dalam kegiatan seminar nasional ini, karena berkat kerja sama dan kerja keras dari kita semua, seminar nasional ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.
Bimbingan dan konseling memiliki peran yang sangat penting dalam membantu peserta didik mengembangkan potensi dan keterampilan sosial, emosional, dan akademik mereka. Di Sekolah Dasar (SD), program bimbingan konseling sangat penting untuk membantu anak-anak memahami perasaan mereka, mengatasi masalah sosial dan emosional, serta membantu mereka merencanakan masa depan mereka.
Dalam rangka meningkatkan kualitas program bimbingan konseling di SD, pemerintah melalui program Merdeka Belajar telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan dukungan dan sumber daya bagi guru BK untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memberikan layanan bimbingan konseling yang efektif.
Dalam program Merdeka Belajar, peran bimbingan konseling di SD meliputi:
1. Membantu siswa memahami diri mereka sendiri dan mengembangkan keterampilan sosial dan emosional. Guru BK bekerja dengan siswa untuk membantu mereka mengatasi masalah sosial dan emosional, seperti konflik dengan teman sekelas, ketidakpercayaan diri, dan kecemasan.
2. Memberikan informasi dan saran tentang karir. Guru BK juga membantu siswa mempersiapkan diri untuk masa depan mereka dengan memberikan informasi tentang pilihan karir dan membantu mereka merencanakan jalur pendidikan yang tepat.
3. Meningkatkan hubungan antara siswa, guru, dan keluarga. Guru BK juga bekerja sama dengan guru kelas dan keluarga untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan dukungan yang dibutuhkan dalam hal akademik, sosial, dan emosional.
Melalui program Merdeka Belajar, guru BK di SD diberikan pelatihan dan sumber daya untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam memberikan layanan bimbingan konseling yang efektif. Dengan demikian, program ini dapat membantu siswa di SD untuk mencapai potensi mereka secara penuh dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Mengetahui,
Dosen Pengampu Mata Kuliah BK di SD
Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE