PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR DALAM MEMBANTU MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR

20 May 2023 20:52:40 Dibaca : 72

Nama : Ikram Amlaiya

NIM : 151422141

Kelas : 2E

Assalamualaikum Waramatullahi Wabarakatuh

Halo, saya Ikram Amlaiya, mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Norontalo angkatan 2022. Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya tentang kegiatan "Visiting Lecture" yang saya ikuti pada hari Sabtu, 13 Mei 2023. Bertempat di gedung aula PGSD, FIP, UNG.

Kegiatan visiting lecture ini bertujuan sebagai pembekalan dan pemberian wawasan  untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar oleh Ibu, Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, MCE dan juga Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M.Si selaku dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar.

Kegiatan seminar ini dihadiri dan diikuti oleh beberapa mahasiswa/i Universitas Negeri Gorontalo, Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dan teman-teman peserta yang ikut bergabung melalui via zoom. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri  oleh Bapak ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dr. Candra Cuga S.Pd., M.Pd, MCE. dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Arwildayanto S.Pd., M.Pd. Pada kegiatan visiting lecture ini, kami mengundang 3 pemateri yang sangat luar biasa, narasumber pertama ada Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd (Dosen prodi Bimbingan dan konseling Universitas Muhammdiyah Tasikmalaya) selaku pemateri pertama, Narasumber kedua Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi tidak bisa membersami kita dalam kegiatan Visiting Lecture karena mengikuti kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya, dan Narasumber ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd., M.Pd. MCE Selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar.

Berikut sedikit penjelasan mengenai paradigma baru  layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Seiring dengan perubahan zaman dan tuntutan dunia pendidikan yang semakin kompleks, paradigma baru dalam layanan bimbingan dan konseling perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa secara holistik. Artikel ini membahas tentang paradigma baru dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar yang meliputi aspek-aspek penting dalam pendekatan yang komprehensif dan proaktif. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar memiliki peran yang penting dalam membantu perkembangan sosial, emosional, dan akademik siswa. Dalam beberapa tahun terakhir, pendekatan tradisional dalam bimbingan dan konseling telah terbukti kurang efektif dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh siswa. Oleh karena itu, paradigma baru dalam layanan bimbingan dan konseling perlu diadopsi untuk memberikan dukungan yang lebih efektif dan holistik bagi siswa di sekolah dasar.

Kesimpulannya, Paradigma baru dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar menawarkan pendekatan yang proaktif, kolaboratif, berbasis kekuatan, dan teknologi. Pendekatan ini memberikan dukungan yang lebih holistik bagi perkembangan siswa di berbagai aspek kehidupan. Implementasi paradigma baru ini memerlukan kerjasama antara guru bimbingan dan konseling, guru kelas, orang tua, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung dan memberdayakan siswa secara optimal.

Demikian sedikit pengalaman dan penjelasan sedikit dari saya mengenai kegiatan visiting lecturer dengan tema paradigma baru layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Terima kasih atas ketersedian anda untuk membaca artikel ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mengetahui;

Dosen Pengampuh Mata Kuliah

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar

Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd. MCE

Ikram Amlaiya

Kategori

  • Masih Kosong

Arsip

Blogroll

  • Masih Kosong