PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR

23 May 2023 00:12:32 Dibaca : 136

Nama   :Mohamad Septian Laiya

Nim     :151422147

Kelas   :2F

Saya Mohamad Septian Laiya,mahasiswa jurusan pendidikan guru sekolah dasar,fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo.Dengan artikel ini saya akan membagikan pengalaman saya selama mengikuti visiting lecture dengan tema ”Paradigma Baru Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Dalam Membentuk Karakter Pelajar”. Paradigma Baru Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Dalam Membentuk Karakter Pelajar”.dengan saya sebagai salah satu panitia untuk legiatan tersebut.Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 yang bertempat di Aula Jurusan PGSD. Visiting Lecture ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar dengan Dosen Pengampu sekaligus penanggung jawab kegiatan Visiting Lecture Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE dan juga Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd., M.Si.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Arwildayanto, S.Pd., M.Pd dan juga dihadiri oleh Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bapak Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd., MCE. Pada kegiatan ini kami mengundang 3 Narasumber yang luar biasa, narasumber yang pertama ialah Bapak Dr. Aam Imaduddin, S.Pd., M.Pd (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya), narasumber yang kedua ialah Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola, M.Pd.,Kons (Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo) akan tetapi beliau tidak sempat hadir dalam kegiatan Visiting Lecture karena ada suatu hal yang tidak kalah pentingnya, dan narasumber yang ketiga yaitu Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE (Dosen Jurusan PGSD Universitas Negeri Gorontalo).Dengan sebagian peserta dihadiri oleh sebagian mahasiswa/mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo dan mahasiswa/mahasiswi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Pemateri pertama yaitu Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd,beliau membahas tentang “Tujuan dari layanan BK Disekolah Dasar”. Nah tujuan dari layanan Bimbingan dan Konseling  di sekolah dasar berdaarkan yang pemateri pertama paparkan adalah untuk mendukung perkembangan dan kesejahteraan siswa dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Beberapa tujuan layanan bimbingan konseling di SD secara spesifik yang di sampaikan oleh narasumber yaitu, memiliki perasaan positif dari pengalamannya dalam berinteraksi dengan teman sebaya, guru, orang tua, dan orang dewasa lainnya. Memperoleh makna personal dari aktivitas belajar mereka, mengembangkan dan memelihara pemahaman diri yang positif, nilai individualitas, dan dapat memahami serta menghubungkan perasaan-perasaannya, sadar akan pentingnya nilai diri sendiri, dan mengembangkan nilai-nilai secara konsisten sebagai dasar hidup pada masyarakat pluralistik, mengembangkan dan mempertinggi keterampilan akademik sampai batas maksimum kemampuan mereka. Belajar keterampilan menilai sehingga mereka mampu memecahkan dengan tepat tentang sesuatu secara normal dan mampu memecahkan masalah yang di hadapinya.

Pemateri kedua yaitu  Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd., MCE yang membahas tentang “Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SD Melalui Bimbingan dan Konseling”. Kepercayaan diri adalah kemampuan dalam meyakinkan diri pada kemampuan yang kita miliki atau kemampuan untuk mengembangkan penilaian positif baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar.Sehingganya Betapa pentingnya bimbingan dan konseling untuk siswa SD. Sehingga keberadaan guru bimbingan sangat diperlukan dalam SD. Disamping membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensinya, guru bimbingan dan konseling juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Mengingat bahwa anak sering menemui hambatan dan permasalahan sehingga mereka banyak bergantung kepada orang lain, terutama orang tua dan guru.

Demikian itulah dia sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan,selama mengikuti kegiatan visiting lecture ini,semoga bisa menmberikan manfaat bukan hanya kepada saya pribadi tetapi kepada orang lain juga,sekian Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Mengetahui:

Dosen pengampuh mata kuliah bimbingan dan koseling di sekolah dasar

Dra. Salma halidu S.Pd,M.Pd,MCE

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Arsip

Blogroll

  • Masih Kosong