PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR

15 May 2023 02:24:04 Dibaca : 112

Nama : Rahma Nurul H. Babuta

NIM : 151422173

Kelas : 2G

 

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh….

Saya Rahma Nurul H. Babuta adalah salah satu mahasiswa dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Gorontalo angkatan 2022. Saya akan sedikit berbagi pengalaman saya saat mengikuti kegiatan (Visiting Lecture) di minggu kemarin tepatnya pada hari sabtu 13 Mei 2023 yang dilaksanakan di gedung jurusan Aula PGSD. Senang rasanya menjadi salah satu panitia di kegiatan tersebut dan dipercayakan menjadi salah satu moderator, yaitu moderator 2 untuk pemateri kedua walaupun akhirnya di batalkan karena pemateri kedua sedang ada hal yang tak kalah pentingnya. Tujuan pembuatan dari kegiatan ini adalah menambah wawasan kita untuk memenuhi tugas berikutnya yang akan turun langsung ke lapangan. Tugas ini adalah tugas dari mata kuliah Bimbingan Dan Konseling Disekolah Dasar yang di ampuh oleh Ibu Dra. Salma Halidu S.Pd, M.Pd,MCE bersama dengan Ibu Dr. Asni Ilham S.Pd, M.Si yang juga merupakan dosen pengampu mata kuliah Bimbingan Dan Konseling Disekolah Dasar. Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Dr. Arwildayanto S.Pd, M.Pd, MCE yang dihadiri oleh Ketua jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bapak Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd, MCE serta beberapa mahasiswa/mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo dan mahasiswa/mahasiswi Universitas Muhamadiyah Tasikmalaya dan sekitar 60 lebih peserta yang bergabung via zoom yang merupakan mahasiswa/i dari Universitas Negeri Gorontalo juga Mahasiswa/I dari Universitas Muhamadiyah Tasikmalaya dan mahasiwa/i yang hadir secara langsung sejumlah 13 orang sebagai peserta dan 49 orang panitia.

Pada kegiatan ini kami mengundang beberapa narasumber/pemateri yang bergabung bersama kami secara Daring dan Luring, Bapak Dr. Aam Imaduddin S.Pd, M.Pd yang merupakan dosen prodi Bimbingan Dan Konseling Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya sebagai pemateri pertama, Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M.Pd, Kons yaitu dosen jurusan Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Gorontalo yang belum bisa hadir karena ada hal yang tak kalah penting seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dan narasumber terakhir adalah Ibu Dra. Salma halidu S.Pd, M.Pd, MCE sebagai pemateri 3. Visiting Lecture ini mengangkat tema “PARADIGMA BARU LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER PELAJAR ”. 

Pemateri pertama membahas tentang Tujuan dari layanan BK Disekolah Dasar. Melalui bimbingan dan konseling di sekolah dasar, siswa diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara menyeluruh, serta mendapatkan dukungan baik dari orang tua maupun guru dalam menghadapi tantangan hidup mereka. Sebagai seorang guru, bimbingan dan konseling ini sangat penting bagi kita agar kedepannya dapat membantu peserta didik untuk bisa lebih mengembangkan dirinya dengan potensi-potensi yang dimilikinya. Bimbingan dan konseling bukan hanya pada penguasaan materi pelajaran, tapi juga permasalahan psikologis peserta didik seperti salah satunya kasus perundungan yang sering terjadi. kami sempat diberikan link oleh pemateri pertama, pada link tersebut kami di ajak untuk menuliskan beberapa permasalahan yang sering terjadi pada siswa, dan yang paling banyak di bacakan oleh bapak adalah bullying, dan bapak sempat menjelaskan salah satu kompetensi umum konselor di SD adalah memiliki kemampuan mengelola program bimbingan dan konseling, saya pun meminta trik atau cara kita sebagai calon guru dimasa yang akan datang agar bisa memiliki kemampuan tersebut, dan bapak telah memberikan penjelasan tentang hal itu. Jadi Tujuan dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar adalah untuk membantu perkembangan dan kesejahteraan siswa secara keseluruhan.

Sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan pertama dalam sistem pendidikan formal dan landasan penting bagi pembentukan kepribadian siswa. Oleh karena itu, layanan bimbingan dan konseling sekolah dasar memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian siswa secara maksimal (Holistik). Model lama dalam layanan bimbingan dan konseling sekolah dasar hanya terfokus pada upaya peningkatan prestasi belajar siswa, seperti memotivasi belajar yaitu dengan memilih metode pembelajaran yang tepat dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar siswa nyaman dikelas dan tidak merasa bosan saat menerima materi yang diberikan serta mengembangkan keterampilan belajar. Selain itu dalam Bimbingan Konseling kita juga harus menguasai psikologi anak agar masalah yang dihadapinya tidak mempengaruhi proses belajar walaupun masih kurangnya pendekatan antara guru dan siswa maka dari itu guru harus meningkatkan kualitasnya, Menguasai konsep dan praksis bimbingan melalui permainan, mampu bekerja sama dalam melakukan bimbingan dan konseling, juga mampu mengintegrasikan bimbingan dalam pembelajaran, ini merupakan kompentensi khusus konselor di SD yang di harapkan. Kemudian ada kompetensi umum konselor di SD yaitu menguasai konsep dan praksis pendidikan, memiliki kesadaran dan komitmen etika profesional, menguasai konsep perilaku dan perkembangan individu, menguasai konsep dan praksis asesmen, menguasai konsep dasar bimbingan dan konseling serta praksis bimbingan konseling di SD, Memiliki kemampuan mengelola program bimbingan dan konseling, menguasai konsep dan praksis riset dalam bimbingan konseling dan yang terakhir adalah memiliki kemampuan berhubungan antar pribadi secara efektif. 

Berikutnya pemateri ketiga membahas tentang Meningkatkan kepercayaan diri siswa SD melalui Bimbingan Dan Konseling. Percaya diri adalah kemampuan meyakinkan diri pada kemampuan yang dimiliki. Ada berbagai jenis-jenis kepercayaan yang penting bagi siswa SD yakni Kepercayaan diri akademik, Kepercayaan diri social, kepercayaan diri fisik, kepercayaan diri dalam berbicara, dan kepercayaan diri dalam mengambil keputusan. Kepercayaan diri siswa melalui BK adalah guru dapat menciptakan suasana kelas yang aman dan nyaman juga di lingkungan sekitar, mengajak mereka untuk bisa bekerja sama, menghargai mereka sehingga mereka merasa nyaman dan diterima dengan baik oleh orang sekitarnya. Guru harus memberikan upaya dengan kemajuan mereka bukan hanya pada hasil akhir saja, memberikan ruang atau kesempatan agar mereka bisa aktif dalam setiap kegiatan di sekolah guna menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Saya sebagai salah satu dari panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak/ibu dosen juga pemateri yang sudah memberikan wawasan baru untuk kami sebagai calon guru, dan saya berharap ini akan menjadi suatu yang berguna nantinya saat kami menjadi guru. Saya pun berterimakasih kepada semua panitia yang sudah berkonstribusi pada kegiatan ini dari 1 bulan sebelum kegiatan sempat mengadakan pertemuan, pembentukan penanggung jawab dan h-1 persiapan telah selesai yang Alhamdulillah kegiatan ini di hari H berjalan dengan sukses walaupun ada sedikit kendala yang sempat terjadi namun dapat di selesaikan oleh panitia juga tim yang membantu kami yaitu kak Akbar Ngau dan kak Rahmat Mohulaingo dalam mempersiapkan kegiatan ini dari awal hingga akhir serta Elementer Tv yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan, sekali lagi ucapan terimakasih kepada semua pihak.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh…

 

Mengetahui:

Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan

Dan Konseling Di Sekolah Dasar

 

 

Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd.,M.CE

 

 

 

Rahma Nurul H. Babuta

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong