PERAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MERDEKA BELAJAR

11 April 2023 16:53:19 Dibaca : 39

 NAMA   : SONIA ANA BLANDINA ARAUJO HORNAI

NIM        : 151422184

KELAS  : 2A

      

        Bimbingan dan konseling adalah suatu proses pemberian bantuan individu secara berkelanjutan dan sistematis, dilakukan oleh seorang ahli yang telah mendapat latihan kusus dengan tujuan agar individu dapat memahami dirinya lingkungan serta dapat menggarahkan diri dan meyesuaikan diri untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk kesejahteraan dirinya. peran guru dalam bimbingan konseling secara khusus guru bimbingan konseling berfungsi sebagai pemberi layanan kepada peserta didik agar masing-masing dapat berkembang secara optimal sehingga menjadi pribadi yang utuh dan mandiri. fungsi bimbingan konseliing diantaranya adalah fungsi pemhaman, pencegahan, pemeliharan, pengetasan, dan fungsi advokasi, peran guru sebagai seorang pendidik yang ditugaskan untuk mendidik, mengajar, mengarahksan,melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik perilaku yang merusak kepribadian anak yaitu penghinaan, pemksaan dan pemberian contoh yang buruk bagi mereka. 

        Pada hakikatnya upaya guru dalam melakukan penilain autentik pada pembelajaran tematik sekolah dasar sagatlah penting karena penilaian autentik bertujuan untuk mengetahui secara jelas kemampuan masing-masing peserta didik. Bimbingan konseling dilakukan dengan tujuan membantu anak didik dalam memahami diri sendiri, baik sebagai mahluk tuhan maupun mahluk sosial. Kemampuan dalam memahami diri ini penting bagi siapa saja, termasuk anak didik agar dapat menghadapi kehidupan ini dengan lebih baik. Aspek yang harus dipahami karakteristik peserta didik SD yaitu aspek fisik-motorik, aspek kognitif, aspek sosial, aspek emosi, aspek moral, dan aspek religius. seorang guru bimbinga konseling dari latar belakang apapun pendidikan, saat ia menjadi guru bimbinggan konseling berarti tetap harus memahami dan melaksankan tuntutan-tuntutan sebagai guru bimbingan konseling termasuk pemahaman dan pengaplikasian kompetensi konselor dalam melasanakan tugasnya. 

Bimbingan konseling dalam Implementasi kurikulum merdeka, yaitu untuk memfasilitasi perkembagan setiap peserta didik supaya mampu mengatualisasikan potensi diri yang sendiri untuk mencapai perkembangan secara optimal dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar peranan layanan bimbingan konseling yaitu sebagai kordinator yang berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik. Selain itu dalam kurikulum merdeka layanaan bimbingan konseling dapat dilasanakan dengan memafaatkan fasilitas dan sarana yang terdapat pada suatu pendidikan. 

karakteristik utama kurikulum merdeka yaitu:

1. Berfokus pada materi esensial; pembelajaran lebih mendalam pengembangan literasi dan numerasi,

2. profil pelajar pancasila untuk perkembangan soft skill dan karateristik siswa

3. Fleksibilitas dalam merancang pembelajaran. 

Semoga dengan mengikuti seminar nasional ini dapat menabah wawasan kita mengenai bagaimana peran yang akan kita terapkan kepada peserta didik untuk dapat membantu peserta didik dalam menghadapi permasalahan yang terjadi pada siswa dan dapat memahami mental pola sikap kepribadian seseoang guru dapat berlaku dapat bijak dalam pelasana pembelajaran dan pembimbingan terhadap siswa baik dalam maupun di luar kelas. Materi ini dari narasumber pertama Bapak Prof. Ifdil, S.Hi, S.Pd M.Pd P.Hd, Kons dalam Seminar Nasional ini adalah ''Strategi Bimbingan dan Konseling dalam Megembangkan karakter siswa di sekolah dasar''. Materi Kedua dari narasumber Bapak Dr. Ryan Hidayat Rafiola M. Pd, Kons dalam Seminar Nasional ini adalah ''Implentasi Guru Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar''. Dan Materi Ketiga dari Narasumber Ibu Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd MCE dalam Seminar nasional ini adakah '' Peran Guru Sebagai Pelajar dan Pembimbing. 

     

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong