1. SISTEM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI
Pembelajaran merupakan kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Salah satu indikator mutu pendidikan di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa dan kualitas hasil belajarnya akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajarannya. Kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana dosen dalam menggunakan sistem penyajian bahan, peranan dosen dalam mengelola kegiatan pembelajaran, serta tingkat partisipasi dan jenis kegiatan belajar yang dihayati mahasiswa dalam proses pembelajaran.Ada dua pola pembelajaran di Perguruan Tinggi yaitu pola pembelajaran yang berpusat pada lembaga atau dosen, yaitu seorang dosen mengajar kpda mahasiswa dengan bahan ajar yang sudah given sebagaimana yang telah dituangkan dalam Silabus dan Pola Pembelajaran yang di desain dengan pendekatan sistem yaitu dosen mengajar pada mahasiswa tentang bagaimana kebutuhan belajar yang diawali dengan needs assesment. Strategi pembelajaran di Perguruan Tinggi dilihat dari keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pmbljaran.