RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

08 June 2013 09:58:53 Dibaca : 499 Kategori : KUMPULAN TUGAS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : 1 / 2
Program : Umum
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Jumlah pertemuan : 1 x pertemuan

================================================================

Standar Kompetensi :

Menganalisis hubungan dasar Negara dengan konstitusi

Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan hubungan dasar Negara dengan konstitusi

Indikator :

Mendeskripsikan pengertian dasar NegaraMendeskripsikan pengertian konstitusi NegaraMenguraikan tujuan dan nilai konstitusiMenyimpulkan keterkaitan dasar Negara dengan konstitusi di sebuah Negara

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat:

Menjelaskan pengertian dasar NegaraMendeskripsikan pengertian konstitusi NegaraMenguraikan tujuan konstitusiMenguraikan nilai konstitusiMenyimpulkan keterkaitan dasar Negara dengan konstitusi di sebuah Negara

B. Materi Ajar

Uraian

HUBUNGAN DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI NEGARA

Pengertian Dasar Negara dan Konstitusi Negara

Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila, sedangkan konstitusi Negara Indonesia adalah UUD 1945 yang diamandemen. Rumusan Pancasila dikemukakan pertama kali pada sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 yang ditetapkan sebagai dasar negara RI yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945

Pengertian Dasar Negara

Merupakan nilai suatu norma untuk mengatur pemerintah negara / merupakan dasar untuk menyelenggarakan negara.

Pengertian Konstitusi Negara

Konstitusi berasal dari bahasa Inggris ”Constitution” dan bahasa Belanda ”Constiue” yang berarti UUD yaitu meliputi keseluruhan peraturan baik yang tertulis dan tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan di selenggarakan dalam suatu masyarakat.

Tujuan adanya Konstitusi :

Untuk membatasi kekuasaan lembaga-lembaga negaraUntuk mengatur hak dan kewajiban warga negara

Nilai Konstitusi, menurut Karl Hawenstein.

NormatifNominalSemantik

Kaitan antara dasar negara dengan konstitusi negara

Adalah sangat erah, hal ini ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945 alinia ke-4.
Secara formal yuridis Pancasila dijadikan dasar filsafat Negara RI, karena inti dari pembukaan UUD 1945 khususnya alinia ke-4 mencantumkan aspek penyelenggaraan pemerintahan Negara yang berdasarkan Pancasila.

Antara dasar negara dengan konstitusi memiliki hubungan yang sangat erat karena konstitusi suatu negara harus:

Mencantumkan nama dasar negara yang digunakan sebagai landasan penyelenggaraan negara tersebut.Menjabarkan dan mengimplementasikan kerangka kerja dan tugas-tugas pokok badan kenegaraan sesuai dengan dasar negara yang ditetapkan.Dibentuk dan disusun berdasarkan nilai-nilai yang terdapat dalam dasar negara tersebut.

C. Alokasi Waktu :

2 x 45 menit

D. Model dan Metode Pembelajaran :

Model / Pendekatan : Cooperatif Teaching Learning dengan model.Metode Pembelajaran :Studi pustakaPenugasan

E. Kegiatan PembelajaranKegiatan Pendahuluan :Apersepsi

Guru mempersiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaranGuru mengingatkan kembali tentang: Apakah dasar negara Indonesia ? Sebutkan yang dimaksud dengan konstitusi negara Indonesia!Tujuan belajar hari ini : Menjelaskan pengertian dasar Negara, Mendeskripsikan pengertian konstitusi Negara, Menguraikan tujuan konstitusi, Menguraikan nilai konstitusi

Kegiatan Inti Proses kegiatan Pembelajaran sebagai berikut:Eksplorasi

Guru mengarahkan siswa mengkaji materi tentang pengertian dasar negara, pengertian konstitusi, tujuan konstitusi, nilai konstitusi dan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara.

Elaborasi

Siswa dikelompokkan ke dalam 5 anggota timTiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbedaTiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskanAnggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok lain) untuk mendiskusikan sub bab merekaSetelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguhTiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusiGuru memberi evaluasi.

Konfirmasi

Siswa membuat kesimpulan hasil diskusilorasi :

Peserta didik mengkaji dari berbagai sumber ( buku, nara sumber dsb.) tentang pengertian dasar negara, konstitusi negara, secara umum. Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi, dan menyimpulkan keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi, dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw (Model Tim Ahli) dengan durasi waktu 54 menit.

Langkah-langkah sebagai berikut:

Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota timTiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbedaTiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskanAnggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok lain) untuk mendiskusikan sub bab mereka.Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguhTiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusiGuru memberi evaluasiPenutup.

Melalui media pembelajaran peserta didik membahas pengertian dasar negara, konstitusi negara, menguraikan tujuan dan nilai konstitusi negara, dan menyimpulkan keterkaitan antara dasar negara dengan konstitusi.Peserta didik diberi kesempatan bertanya kepada temannya dan diberi kesempatan menjawab, sehingga anggota diskusi saling melengkapi dan mengisi.Peserta didik dapat mengungkapkan pendapatnya tentang materi yang dibahas.Kegiatan Penutup:Guru bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang materi ajar pengertian dasaGuru memberikan refleksi terhadap hasil pekerjaan siswa

Bahwa tujuan adanya konstitusi di setiap negara untuk membatasi kekuasaan lembaga negara dan mengatur hak dan kewajiban warga negara.Bersama siswa guru menyimpulkan kaitan antara dasar negara dengan konstitusi

Guru memberikan quisMateri yang akan datang adalah substansi konstitusi negara Republik IndonesiaF. Penilaian Hasil BelajarTeknik

TesNon tes

Bentuk

UraianSkala Sikap

Instrumen

Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat!Jelaskan pengertian dasar negara!Jelaskan pengertian konstitusi!Sebutkan tujuan konstitusi!Sebutkan nilai konstitusi!Jelaskan kaitan antara dasar negara dengan konstitusi!Skala sikap

No. Nama Aspek yang dinilai Jumlah

1 2 3 4

....................

Dst.

Keterangan:

Kerjasama 0 – 25Ide/gagasan 0 – 25Penyajian 0 – 25Menyimpulkan 0 – 25Kunci jawaban

Uraian No. Jawaban Skor

Merupakan nilai suatu norma untuk mengatur pemerintah negara / merupakan dasar untuk menyelenggarakan negara. 1Konstitusi berasal dari bahasa Inggris ”Constitution” dan bahasa Belanda ”Constiue” yang berarti UUD yaitu meliputi keseluruhan peraturan baik yang tertulis dan tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan di selenggarakan dalam suatu masyarakatUntuk membatasi kekuasaan lembaga-lembaga negara

Untuk mengatur hak dan kewajiban warga negara

Normatif
Nominal
SemantikAntara dasar negara dengan konstitusi memiliki hubungan yang sangat erat karena konstitusi suatu negara harus:

Mencantumkan nama dasar negara yang digunakan sebagai landasan penyelenggaraan negara tersebut.Menjabarkan dan mengimplementasikan kerangka kerja dan tugas-tugas pokok badan kenegaraan sesuai dengan dasar negara yang ditetapkan.Dibentuk dan disusun berdasarkan nilai-nilai yang terdapat dalam dasar negara tersebut.Pedoman PenskoranUraian = 10Kriteria Nilai Skala Sikap

81 – 10061 – 8041 – 6021 – 400 – 20

Nilai Akhir =G. Sumber Belajar, Media, Alat/BahanSumber Belajar

Siswa
(1) Budiyanto, Drs. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas X, 2004, Jakarta, Erlangga, halaman (2) Koran (3) InternetGuru
(1) Drs. Chotib dkk, Kewarganegaraan 1 Menuju Masyarakat Madani, 2006, Yogyakarta, Yudistira, halaman , (2) Budiyanto, Kewarganegaraan untuk SMA Kelas X, 2004, Jakarta, Erlangga, halaman, (3) UUD 1945 yang diamandemen, (4) Budiyanto, Dasar-dasar Ilmu Tata Negara untuk SMU, 2000, Jakarta, Erlangga, halaman.

Media

CD/flasdiskLCD

Alat/Bahan

KartonGunting

Gorontalo.,,,,,,Mei 2013

Mengetahui

Mahasiswa PPL II

Nama

Nim :

Guru Pamong

Nama

Nip :

Dosen Pembimbing

Nama

Nip :

kepala sekolah

Nama

Nip :

 

Blogroll

  • Masih Kosong