Tugas 2

12 March 2014 08:04:11 Dibaca : 104

Fungsi Statistika

Fungsi statistika Excel 2010 memiliki beberapa fungsi statistika baru yang mengubah atau pun menambah beberapa fungsi statistika yang ada pada MS Excel lama, versi sebelum MS Excel 2010. Namun demikian, MS Excel 2010 masih mengenali fungsi-fungsi yang ada pada MS Excel versi lama. Pada naskah bahan kuliah Statistika saya, fungsi-fungsi lama tetap saya pertahankan untuk memfasilitasi pembaca yang masih memakai MS Excel versi sebelum 2010. Di bawah ini, saya berikan beberapa contoh fungsi statistika baru pada MS Excel 2010.

Fungsi database

dalam dunia komputer sangat vital, hampir semua aplikasi penting di dunia menggunakan database untuk menunjang kebutuhan informasinya. Sebelum kita membahas fungsinya, mungkin anda pernah menyimpan uang di bank, mencetak kartu rencana studi, melakukan pendaftaran di rumah sakit, dan mungkin proses pemesanan tiket pesawat online. Dari analogi kehidupan nyata ini, bisa anda bayangkan dimana data anda di simpan? bagaimana ketika anda membutuhkan data tersebut mereka dapat menampilkannya secara cepat. Itulah peran database dalam memberikan kemudahan dalam penyimpanan data dan integritas data agar pada saat dibutuhkan data tersebut dapat di olah secara mudah.

Elemen Pada Sebuah Database

Pada sebuah database ada berbagai elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk sebuah relasi dan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Ada setidaknya 3 elemen dasar pada sebuah database yang kita kenal.

File / Entity; Objek tempat data atau record di simpanRecord; Merupakan setiap baris data yang ada pada entityField / Atribute; bagian dari record seperti kolom.

Fungsi DATE

mengembalikan nomor seri berurutan yang menyatakan tanggal tertentu. Misalnya, rumus

=DATE(2008,7,8)

mengembalikan 39637, nomor seri yang menyatakan 7/8/2008.

Catatan Jika format sel adalah Umum sebelum fungsi dimasukkan, hasilnya diformat sebagai tanggal dan bukan angka. Jika Anda ingin melihat nomor seri, atau jika Anda ingin mengubah pemformatan tanggal, pilih format angka dalam grup Angka dari tab Beranda.

Fungsi DATE paling berguna dalam situasi ketika tahun, bulan, dan tanggal diberikan dengan rumus atau referensi sel. Misalnya, Anda mungkin memiliki lembar kerja yang berisi tanggal dalam format yang tidak dikenali Excel, seperti YYYYMMDD. Anda dapat menggunakan fungsi DATE bersama dengan fungsi-fungsi lain untuk mengonversi tanggal ke nomor seri yang dikenali Excel. Lihat lembar bentang dalam bagian Contoh dari artikel ini untuk informasi selengkapnya.

Fungsi LOOKUP

mengembalikan sebuah nilai baik dari rentang satu baris maupun satu kolom atau dari array. Fungsi LOOKUP memiliki dua bentuk sintaks: bentuk vektor dan bentuk array.

Sintaks fungsi LOOKUP memiliki argumen berikut:

lookup_value Diperlukan. Nilai yang dicari LOOKUP dalam vektor pertama. Lookup_value bisa berupa angka, teks, nilai logika, atau nama atau referensi yang merujuk ke sebuah nilai.lookup_vector Diperlukan. Sebuah rentang yang hanya berisi satu baris atau satu kolom. Nilai-nilai di dalam lookup_vector dapat berupa teks, angka, atau nilai logika.

Penting Nilai-nilai dalam lookup_vector harus ditempatkan dalam urutan naik: ..., -2, -1, 0, 1, 2, ..., A-Z, FALSE, TRUE; jika tidak, LOOKUP mungkin tidak mengembalikan nilai yang tepat. Teks huruf besar dan huruf kecil sama saja.

result_vector Opsional. Sebuah rentang yang berisi satu baris atau satu kolom. Argumen result_vector harus berukuran sama dengan lookup_vector.

Keterangan

Jika fungsi LOOKUP tidak dapat menemukan lookup_value, fungsinya cocok dengan nilai terbesar dalam lookup_vector yang lebih kecil dari atau sama dengan lookup_value.Jika lookup_value lebih kecil daripada nilai yang paling kecil dalam lookup_vector, maka LOOKUP mengembalikan nilai kesalahan #N/A.

Fungsi Logika

Dalam melakukan perhitungan, seringkali ditemukan adanya beberapa pilihan yang harus ditentukan. Sebagai contoh, dari nilai mahasiswa akan ditentukan apakah mahasiswa tersebut lulus atau tidak, dan jika lulus apakah predikat dari nilainya tersebut. Dalam menangani hal ini telah disediakan fungsi untuk percabangan, yaitu dengan mengunakan fungsi IF. Fungsi ini digunakan untuk menguji suatu kondisi atau logika, yang akan menentukan nilai kembali ke-1 jika kondisi tersebut bernilai benar dan menentukan nilai kembali ke-2 jika kondisi tersebut salah. Cara penggunaan:

Fungsi TEXT

mengonversi nilai numerik menjadi teks dan memungkinkan Anda menentukan pemformatan tampilan dengan menggunakan string format khusus. Fungsi ini berguna dalam situasi di mana Anda ingin menampilkan angka dalam format yang lebih mudah dibaca, atau Anda ingin menggabungkan angka dengan teks atau simbol. Sebagai contoh, misalkan sel A1 berisi angka 23,5. Untuk memformat angka menjadi mata ulang dolar, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

=TEXT(A1,"$0,00")

Di contoh ini, Excel menampilkan $23,50.

Anda juga bisa memformat angka dengan menggunakan perintah di grup Angka di tab Beranda dari Pita. Namun, perintah ini bekerja hanya jika seluruh sel adalah numerik. Jika Anda ingin memformat angka dan menggabungkannya dengan teks, fungsi TEXT adalah pilihan terbaik. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan teks ke rumus sebelumnya:

http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/text-fungsi-text-HA102752840.aspx

http://smakita.net/fungsi-logika-excel-2007/

http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/lookup-fungsi-lookup-HA102752947.aspx#BMvector_form

http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/date-fungsi-date-HA102753066.aspx

http://blogging.co.id/fungsi-database

http://istiarto.staff.ugm.ac.id/index.php/2012/10/update-fungsi-statistika-di-dalam-ms-excel-2010/

Posted in Uncategorize

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong