FUNGSI TEXT, STATISTIK, LOGIKA, LOOKUP, DAN DATABASE

11 March 2014 10:19:07 Dibaca : 38

FUNGSI TEXT, STATISTIK, LOGIKA, LOOKUP, DAN DATABASE


 

A. Fungsi Text

Fungsi sederhana atau standar yang ada dalam fungsi text antara lain fungsi left, right, mid, len, find, upper, lower, dan proper. Mari kita bahas satu persatu.

1. Left

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Rumusnya sangat simpel.

=LEFT(text;[num_chars])
text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text.[num_chars] artinya jumlah karakter yang akan ditampilkan.

2. Right

Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text;[num_chars])

3. Mid

Nah ini adalah fungsi pembacaan text yang dimulai bukan dari kiri maupun dari kanan. Bisa dimulai dari karakter kedua, ketiga, dan seterusnya. Fungsinya adalah:
=MID(text;start_num;num_chars) start_num adalah posisi dimulainya text yang akan dibaca

4. Find

Fungsi ini digunakan untuk mencari karakter ke berapa untuk karakter tertentu. Rumusnya adalah:

=FIND(find_text;within_text;num_chars)

find_textadalah text tertentu yang akan dicari within_text adalah text lengkapnya Perlu diingat, fungsi ini case sensitif, jadi harus benar-benar sesuai dengan text yang ada.Kalau tidak sesuai nanti hasilnya akan: #VALUE!

5. Len

Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah:

=LEN(text)

6. Upper

Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua. Formulanya:
a. Lower

Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua. Rumusnya:
=LOWER(text)

b. Proper

Fungsi ini akan membuat text menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata. Fungsinya:
=PROPER(text)

B. Fungsi-fungsi Statistik

Excel 2002 menyediakan cukup banyak fungsi statistik. Namun di sini akan dibahas fungsi statistik yang sering dipakai dalam memanipulasi lembar kerja excel 2002. fungsi-fungsi tersebut meliputi.

= AVARAGE (range) : mencari nilai rata-rata dalam range= COUNT (range) : mencari jumlah angka dalam range= COUNTA (range) : mencari jumlah data angka atau teks dalam range= MAX (range) : mencari data tertinggi dalam range= MEDIAN (range) : mencari median data dalam range= MIN (range) : mencari data terendah dalam range= STDEV (range) : mencari standar deviasi dalam range sample data= STDEVP (range) : mencari standar deviasi dalam range populasi keseluruhan=SUM (range) : menjumlahkan data dalam range=VAR (range) : mencari nilai variance dalam range

Contoh : Diketahui data seperti pada lembar kerja dibawah ini.. Kemudian akan dicari jumlah data, data tertinggi, data terendah, rata-rata data, variance, cacah data dan standard deviasi dengan fungsi statistik yang ada.

Untuk menyelesaikan soal diatas, diperlukan prosedur dengan rincian sebagai berikut :

(1) Aktifkan lembar kerja yang ingin diselesaikan

(2) Pada C2 ketik =SUM(A2:A8)

(3) Pada C3 ketik =MAX(A2:A8)

(4) Pada C4 ketik =MIN(A2:A8)

(5) Pada C5 ketik =AVARAGE(A2:A8)

(6) Pada C6 ketik =VAR(A2:A8)

(7) Pada C7 ketik =COUNT(A2:A8)

(8) Pada C8 ketik =STDEV(A2:A8)

C. Fungsi-fungsi Logika

Anda dapat membuat ekspresi logika untuk membuat pernyataan benar (TRUE) atau salah (FALSE) dalam Excel 2002. Untuk membuatnya Anda dapat memakai operator relational yang sudah tersedia, seperti :

Operator Relational

Artinya

>

>=

<

<=

=

<>

Lebih besar dari

Lebih besar atau sama dengan

Lebih kecil dari

Lebih kecil dari atau sama dengan

Sama dengan

Tidak sama dengan

Sebagai missal di B% diisi dengan angka 15, C5 diisi dengan angka 10. Jika di D5 diisi dengan pernyataan sebagai berikut : =B5<C5, maka di D5 akan didapatkan hasil FALSE. Artinya pernyataan tersebut salah, karena isi B5 (15) tidak lebih kecil dari C5 (10). Bila pernyataan di D5 tersebut dibalik menjadi =A1>B1, maka akan didapat hasil TRUE karena pernyatan tersebut benar.

Ekspresi logika tersebut di Excel 2002 dapat digunakan dalam fungsi-fungsi yang dikenal dengan nama fungsi logika. Untuk melihat fungsi logika, Anda dapat melihatnya pada menu Insert Function yang akan menampilkan fungsi-fungsi pada Excel 2002. Cakupannya antara lain :

Fungsi =AND

Fungsi =AND di Excel 2002 mempunyai bentuk umum sebagai berikut :

=AND(Ekspresi logika 1, Ekspresi logika 2, ….)

Fungsi =AND akan memberikan hasil TRUE, bila semua argumen yang ada adalah benar (TRUE), sebaliknya akan dihasilkan FALSE, bila ada salah satu saja dari argumen yang salah (FALSE).

Contoh : Diketahui Daftar Nilai Kalkulus Susulan Kampus Gank Ijo adalah seperti tampak di bawah ini :

Data diatas harus memenuhi ketentuan di bawah ini :

Jika nilai essay lebih besar atau sama dengan 60 dan nilai pilihan ganda lebih besar atau sama dengan 70 maka berarti True (Lulus), sedangkanJika nilai essay lebih kecil dari 60 dan nilai pilihan ganda lebih kecil dari 70 maka berarti False (Gagal)

Untuk menyelesaikan soal diatas, rincian prosedur yang diperlukan adalah :

(1) Ketik =AND(C5>=60,D5>=70)pada E5

(2) Lalu fungsi tersebut diduplikasikan ke bawah sampai E14.

Fungsi =OR

Fungsi ini mempunyai bentuk umum sebagai berikut :

=OR(Ekspresi logika1, Ekspresi Logika2,…)

fungsi ini akan memberikan hasil TRUE bila salah satu atau lebih dari argumen yang ada adalah benar (TRUE). Dan akan memberikan hasil FALSE, jika tidak ada satupun dari argumen itu bernilai benar.

Contoh : Jika Daftar Nilai tersebut dijadikan sebagai soal, maka ketentuan yang harus dipenuhi adalah :

Jika nilai essay lebih besar atau sama dengan 65 atau nilai pilihan ganda lebih besar atau sama dengan 65, maka berarti True (Lulus) sedangkanJika nilai essay lebih kecil dari 65 dan nilai praktikum lebih kecil dari 65, maka berarti false (Gagal).

Rincian prosedur yang diperlukan untuk menyelesaikan soal diatas ialah :

Ketik =OR(C5>=65,D5>=65)

kemudian duplikasikan fungsi tersebut ke bawah sampai E14.

Fungsi =NOT

Bentuk umum dari fungsi ini adalah =NOT(Ekspresi Logika)

Fungsi ini akan memberiukan nilai kebalikan dari argumen yang ada. Bila argumen bernilai TRUE, maka hasil dari fungsi =NOT adalah FALSE. Sebaliknaya bila argumen brnilai FALSE, maka fungsi =NOT akan memberikan hasil TRUE.

Contoh : Jika Daftar Nilai Kalkuluis pada lembar kerja diatas akan dicari, maka semua nilai praktikum diatas 60 akan LULUS (True) dan sebaliknya. Rincian prosedur yang diperlukan ialah :

1) Ketik =NOT(D5<60) pada E5

2) Kemudian duplikasikan fungsi tersebut sampai E14.

Fungsi =IF

Bentuk umum dari fungsi ini adalah =IF(Ekspresi logika, Perintah 1, Perintah 2)

Jika ekspresi logika menghasilkan nilai TRUE (benar), maka akan dilaksanakan perntah 1. sebaliknya bila ekspresi logika menghasilkan nilai FALSE (salah) maka yang akan dilaksanakan adalah perintah 2.

Contoh : Melihat banyaknya siswa yang berhasil jika memakai fingsi =OR, maka proses penghitungan nilai menggunmakan fungsi tersebut. Dengan menggunakan fungsi IF, hasil operasi FALSE ditampilkan dengan kata GAGAL. Sedangkan TRUE ditampilkan dengan kata LULUS. Penyelesaian dari soal diatyas memerlukan prosedur di bawah ini :

1) Ketik =IF(OR(C5>=65,D5>=65), “LULUS”, “GAGAL” pada sel E5

2) Duplikasikan rumus tersebut ke bawah

D. Fungsi lookup

Adalah fungsi yang memungkinkan kita menciptakan rumus yang mengolah data yang dalam jumlah yang lebih komplek.

- Vector LOOKUP adalah rangkaian data yang tersimpan hanya pada satu baris atau satu kolom. Dan fungsi LOOKUP disini akan melihat pada baris atau kolom tersebut untuk mencari nilai yang dicari. Ketika nilai ditemukan, maka hasilnya aka dihubungkan dengan “result”.

Rumus: =LOOKUP(lookup_value;lookup_vector;result_vevtor)

Lookup_value menampilkan angka atau text yang akan dicari

Lookup_vector adalah area pencarian dari lookup_value

Result_vector adalah hasil dari baris atau kolom hubugannya dari nilai atau text yang dicari

Rumus: =LOOKUP(B15;C3:C12;D3:D12)

Pada contoh diatas, kita ingin memilih merk mobil yang sesuai dengan Salary/Gaji yang ada. Pada contoh di atas dimasukkan nilai pada sel B15 nilai uang salary Rp. 45000000 dan secara otomatis LOOKUP akan mencari pada kolom salari dan kolom Merk Mobil dan akan dihasilkan merk mobil Mercedes sesuai dengan Gaji dalam daftar. Catatan penting urutan Salari harus dari yang kecil ke yang besar: 25juta, 30juta dst

- Fungsi HLOOKUP adalah horizontal lookup yang bisa digunakan bukan hanya untuk mencari data pada satu kolom atau baris tetapi pada beberapa kolom atau baris juga array.

Rumus: =HLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_number)

Lookup_value adalah berupa angka,text atau referensi dari sel dimana adalah nilai yang akan dicari sepanjang baris paling atas dari data.

Table_array adalah referansi sel dari seluruh tabel data.

Row_index_number adalah menampilkan baris dari hasil yang di cari

Pada contoh gambar rumus yang ada yaitu pada sel A13 apabila kita isi pada contoh Rp. 40.000.000, sehingga akan muncul nilai bunga pinjaman masing2 perioda pinjaman dari 10 tahun sampai 30 tahun. Pada diatas yang di sorot adalah baris ke 3 akan didapat 17.50%.

- Fungsi VLOOKUP adalah sama seperti HLOOKUP akan tetapi bedanya caranya mencari secara vertikal dari atas ke bawah, dan ketika data ditemukan maka pencarian pada kolom yang terdapat data yang di cari.

Rumus : =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_number)

- Nested LOOKUP adalah penggunaan fungsi LOOKUP yang lebih kompleks dan lebih baik dari HLOOKUP maupun VLOOKUP yang terbatas pada satu kolom atau baris.

E. Fungsi Database

Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer.

Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema.

Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel. Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.

Fungsi – Fungsi Data Base

Microsoft Exel memiliki kelompok fungsi data base yang sederhana khusus di gunakan pada lingkungan data base atau pengolahaan data dalam daftar.Sepintas fungsi – funsi ini mirip dengan fungsi – fungsi stasistik biasa ,namun memiliki kegunaan yang spesifik untuk menghitung data-data yang sesuai dengan jriteria tertentu yang di berikan.Dengan demikian fungsi-fungsi ini memiliki keistimewaan untuk melakukanb “operasi bersarat”sementara fungsi statistic melakukan operasi secara umum terhadap sauatu rage.Fungsi-fungsi ini kadang disebut sebagai “d Function”atau “Fungsi D “.

http://soleecheen.blogspot.com/2010/04/fungsi-fungsi-text-di-microsoft-excel.

htmlhttp://edukasi.kompasiana.com/2012/10/25/fungsi-statistik-504298.html

http://existonline.blogspot.com/2013/03/fungsi-logika-di-microsoft-excel.html

http://blogbelajarexcel.blogspot.com/2013/10/fungsi-fungsi-lookup.html

http://intan2607.blogspot.com/2011/04/fungsi-database.html

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong