Facebot, Virus Penantang Facebook

12 September 2012 00:28:00 Dibaca : 894 Kategori : News

[Internet Sehat]  Penyebaran Facebot menggunakan sendspace dan ipic-uk.comtercatat mencatat korban yang cukup tinggi, namun dari data yang dikumpulkan oleh Vaksincom, penyebaran virus ini melalui Devoraran mencapai tingkat yang sangat tinggi dan merata. Baik di negara Eropa khususnya Spanyol, Amerika, Timur Tengah, India, China, Vietnam sampai Indonesia dan sangat aktif menyebarkan dirinya sampai saat artikel ini dibuat

Bukan Facebook namanya kalau tidak turun tangan membantu penggunanya. Menurutp antauan Vaksincom, administrator Facebook bekerja keras melakukan blokir atas nama-nama file yang disebarkan oleh Facebot setiap kali ada laporan dari pengguna Facebook.

Kalau virus ini beraksi di apps Facebook, kita sudah tahu akhir ceritanya, kemenangan akan ada di tangan administrator Facebook karena apps yang menyebarkan virus akan langsung di Boom Shakalaka (alias di delete / di nonaktifkan oleh administrator Facebook). Namun kali ini ceritanya lain, sumber infeksi virus bukan di apps Facebook tetapi ada di komputer korbannnya yang notabene diluar jangkauan adminstrator Facebook. Jadi setiap kali satu link diblokir oleh Facebook, maka dalam waktu yang singkat akan muncul link random lain untuk di klik oleh korbannya.

Yang dibutuhkan oleh virus ini hanyalah rekayasa sosial yang tepat sehingga korbannya yang menerima link ini akan berkata “Wow … Fantastic Baby” dan mengklik link yang diberikan. Kelihatannya trik ini sudah berhasil dijalankan dengan menggunakan situs Devoraran sebagai host dari file ini. Bagi penggemar konten dewasa, kemungkinan besar akan tertarik jika mendapatkan file apapun dari situs dewasa seperti Playboy, Penthouse dan Devoraran. Namun celakanya bukan Wow, Fantastic Baby yang didapatkan oleh korban yang menjalankan file yang dikirimkan melainkan ia akan mendapatkan “Bad Boy dan Bad Girl” pada komputernya karena sekali dijalankan ia akan menginfeksi komputer korbannya, mendelete dirinya sendiri sehingga sulit di deteksi dan mulai menyebarkan dirinya melalui FB Chat ke seluruh kontak-kontak Facebook anda melalui Facebook Chat.

Analisa lebih jauh dan detail tentang virus ini akan terus dilakukan. Vaksincom mengingatkan anda untuk menggunakan program antivirus yang dapat mendeteksi virus ini dan JANGAN pernah menerima dan menjalankan file apapun yang anda terima, sekalipun ini dikirimkan oleh teman, pacar atau siapapun, baik bad boy maupun bad girl. Bila anda pelanggan Vaksincom dan membutuhkan bantuan menghadapi virus ini, silahkan hubungi info@vaksin.com untuk mendapatkan perlindungan atau onsite support bagi pelanggan korporat Vaksincom. [Internet Sehat]