Resume

26 March 2015 14:46:51 Dibaca : 96

Resume

JURNALISTIK ONLINE

Dalam penilisan berita yang baik dianjurkan untuk memperhatikan 5W+1H, yaitu:

1. What (Apa) : Judul berita

2. Where(Dimana) : Tempat kejadian

3. When (Kapan) : hari, tanggal, tahun, jam, harus lengkap

4. Who (Siapa) : orang-orang yang terlibat dalam berita atau Sumbernya

5. Why (Kenapa) : hal yang menyebabkan peristiwa itu terjadi

6. How (Bagaimana) : sebab akibat dari peristiwa yang terjadi.

       Sebagai seorang wartawan harus diperhatikan dalam penulis berita apakah berita tersebut sesuai dengan fakta atau hanya menceritakan kejadian tersebut tanpa ada proses wawancara, sehingga proses untuk memperoleh berita yang akan disampaikan ke publik tidak memimbulkan kejanggalan bagi para pembaca yang sudah tau peristiwa tersebut.

      Untuk memikat hati para pembaca penulis lebih banyak mendramatis judul berita, sehingga psikologi pembaca lebih tertarik untuk mendalami isi berita tersebut. Dengan demikian, penentu dari berita itu adalah judul beritanya. Jika sudah menarik pasti isinya juga menarik.

      Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa dalam menulis berita itu harus memperhatikan penulisan angka-angka yang akan mengganggu para pembaca, dan tata cara penggunaan huruf kapaital pada kalimat berita, seperti nama orang, nama daerah dan sebagainya. Dalam penulisan nama orang, tidak perlu menggunakan gelar-gelar sarjana yang di dapat, karena lebih dianggap tidak penting untuk diketahui nama gelar orang tersebut. Penggunaan nama orang, Seperti penggunaan nama Susilo Bambang Yudhoyono yang lalunya bergelar presiden itu lebih dikenal dengan nama SBY. Dalam dunia jurnalistik lebih dikenal bahwa setiap manusia itu sama dan tidak ada yang beda.

      Kemudian dalam penulisan bahasa yg tidak baku maka penggunaan huruf itu harus miring (miring) dan memberikan kedalam tanda “dalam kurung” sehingga lebih jelas untuk dimengerti.