"DISKUMPERINDAG (DINAS KOPERASI UMKM PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN)" KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PAMERAN

13 December 2016 00:59:27 Dibaca : 82

NAMA : VIDIA SULISTIYANINGRUM.P

NIM : 291414005

Kelas : A- ILMU KOMUNIKASI

MK : KOMUNIKASI PEMASARAN ( UAS)

RESUME PEKAN RAYA GORONTALO 2016

Pekan Raya Gorontalo, event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sekaligus dalam rangka memperingati HUT Provinsi Gorontalo ke 16 Tahun 2016. Digelar pada 06 – 10 Desember 2016, di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Kali ini dengan mengusung tema “Diusia 16 Tahun Provinsi Gorontalo kita tingkatkan persaudaraan, songsong Pilkada sejuk, aman damai dan menggembirakan untuk mempercepat pembangunan yang membahagaiakan rakyat”.

Badan Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo sebagai panitia bekerja sama TX Indonesia Promosindo, menghadirkan 200 stand pameran yang diikuti oleh Perwakilan dari Provinsi Tetangga, SKPD se Provinsi Gorontalo, Kab/Kota se Provinsi Gorontalo, Lembaga Pendidikan, Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD dan UMKM. Disamping memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan oleh instansi pemerintah baik oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah di kabupaten dan kota, akan diselenggarakan pula lomba-lomba dan kegiatan menarik lainnya guna menarik pengunjung, pembeli maupun investor potensial dari seluruh Indonesia. Ada banyak hal menarik yang bisa saksikan disana, mulai dari Pameran Pembangunan, Festival Band, Lomba Kuliner, Lomba Mewarna, Performance Artis Lokal, Bazar Sembako, Stand Up Comedy, Tarian Tradisional, Senam Massa. PRG juga menjadi kesempatan bagi pemerintah kabupaten/kota untuk memperkenalkan produk produk unggulan di daerah masing masing. Saya berharap PRG ini bisa mendorong perputaran ekonomi dan daya tarik investasi bagi daerah.

Diskum Perindag Provinsi atau Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan perdagangan Provinsi Gorontalo juga ikut serta meriahkan Pekan Raya Gorontalo, Diskum perindag pada tahun ini, mereka banyak memperlihatkan produk UMKM dan sebagian besar kerajinan dan makanan ringan karya terbaru dari sebelumnya yang diproduksi dari beberapa UMKM. Beberapa produk di tampilkan di stand Diskum Perindak, Diskum Perindag Provinsi gorontalo dengan UMKM cara memelihara produk di dalam pasar salah satunya mereka mengadakan pelatihan disetiap tahun nya dan bimbingan teknis dan juga mengenai pemasaran menejemen, pembukuan dan kemasan nya.

Diskum Perindag menjaga hubungan konsumen dan distibutor mereka dengan sering mengadakan pelatihan di setiap tahunnya dan sebelumnya juga mereka juga memberikan bantuan dana kepada beberapa UMKM contohnya seperti usaha mikro yaitu memberikan bantuan warung kecil. UMKM terbagi menjadi dua yaitu usaha mikro dan usaha makro jika mikro hanya seputaran usaha kecil dan juga makro yaitu usaha menengah. Diskum perindag juga memberikan wadah bagi para usaha dan konsumen agar pencapaian pasar bisa terjadi dengan baik. Dan juga mereka sudah membuat ke media online sehingga mudah untuk penjualan nya. Mengenai riset pasar kerajinan dan makanan ringan dan seperti baju seperti karawo masih banyak pemintanya. Karena banyak tamu dari kota lain datang ke gorontalo pasti akan membeli kerajinan tangan atau makanan ringan.

Di Pekan Raya Gorontalo banyak stand yang menarik, tentu saja itu menjadi pesaing dari stand Diskum Perindag. Namun mereka juga berusaha untuk menarik perhatian pengunjung dengan memberikan program-program yang ada. Presentase pengunjung sampai pada malam penutupan hampir 80% dengan Diskum Perindak inginkan.
Efektivitas pameran menurut Smith antara lain :

 Presentasi jumlah pengunjung potensial untuk keseluruhan pameran yang mengunjungi stand tertentu.

 Tingkat keefektifan kinerja staf penunggu stand.
Dari efektifitas pameran menurut smith kedua aspek kedua aspek, mulai dari potensial pengunjung yang akan mampir ke stand Diskum Perindak bisa dikatakan cukup besar, karena stand mereka menarik perhatian dengan dekorasi yang cukup menarik dan mereka memperlihatkan beberapa hasil kerajian tangan dan makanan ringan yang menarik.
Aspek kedua yaitu tingkat keefektifan kinerja staf penunggu stand, Diskum Perindag terkenal dengan institusi yang sering mengadakan pameran. disini stand di Diskum Perindak ada dari beberapa pegawai dan juga beberapa dari UMKM. Mereka di tiap harinya akan bergantian dan sudah dijadwalkan. Mereka juga membuat buku kunjungan, sehingga setiap orang yang mampir ke stand Diskum Perindag, mereka akan mengisi buku kunjungan. Dari situ juga mereka bisa tahu banyak atau tidak pengunjung yang mampir ke stand mereka.
Dan juga ada beberpa fungsi dari pameran perdaganggan antara lain :

 Memperkenalkan produk baru atau yang di modifikasi

 Meningkatkan citra perusahaan
Dari fungsi di atas, Diskum Perindag disetiap tahun nya memperkenalkan produk terbaru dari UMKM. Dan juga Diskum perindag dengan meningkatkan kualitas produk mereka dengan memggunakan program yang mereka buat dan menginginkan masyarakat tetap percaya dan banyak masyarakat yang suka dengan stand mereka.

DOKUMENTASI

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong