Komunikasi Pemasaran (Laporan Hasil Kunjungan Pekan Raya Gorontalo)

13 December 2016 10:59:30 Dibaca : 87

Nama : Dzumriati Musa
Nim : 291414041
Jurusan : Ilmu Komunikasi (A)
Mata Kuliah : Komunikasi Pemasaran (UAS)

LAPORAN HASIL KUNJUNGAN PEKAN RAYA GORONTALO


Pekan Raya Gorontalo (PRG) atau Pekan Raya Hulonthalo (PRH) adalah pameran tahunan yang dilaksanakan oleh BPM-PTSP Provinsi Gorontalo setiap Bulan Februari yang selalu dirangkaikan dengan HUT Provinsi Gorontalo. Namun PRG 2016 berbeda pelaksanaannya dengan tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaannya kali ini pada bulan Desember sebagaimana PERDA Nomor 9 Tahun 2015 bahwa hari jadi Provinsi Gorontalo tepat tanggal 5 Desember. Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Gorontalo ke 16 Tahun 2016. Untuk ketiga kalinya digelar pada 06 – 11 Desember 2016, di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo.
Kali ini dengan mengusung tema “Diusia 16 Tahun Provinsi Gorontalo kita tingkatkan persaudaraan, songsong Pilkada sejuk, aman damai dan menggembirakan untuk mempercepat pembangunan yang membahagaiakan rakyat”. Badan Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo sebagai panitia bekerja sama TX Indonesia Promosindo, menghadirkan 200 stand pameran yang diikuti oleh Perwakilan dari Provinsi Tetangga, SKPD se Provinsi Gorontalo, Kab/Kota se Provinsi Gorontalo, Lembaga Pendidikan, Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD dan UMKM. (Dikutip dari halaman Badan Penanaman Modal dan PTSI)
Dari 200 stand yang ada , saya mengunjungi salah satu stand yang ada di PRG yakni stand dari PT. Arminareka Perdana Tour & Travel. Perusahaan ini adalah perusahaan sebagai penyelenggara perjalanan umrah dan haji plus sejak tahun 1990 memiliki tujuan mulia untuk mewujudkan keinginan, impian dan niat umat muslim untuk berangkat umrah dan haji, meningkatkan taraf hidup umat muslim dan memberikan solusi, bagi umat muslim yang ingin mewujudkan niat ibadah umrah dan haji,tanpa harus terhalang biaya atau daftar tunggu yang lazim ditemui pada pemberangkatan haji dewasa ini.
Menurut sumber informasi yang saya dapatkan dari Bapak Syamsul Arif Tombokan, S.Hi, selaku penyelenggara travel umroh dan juga merupakan agen perwakilan Gorontalo mereka tidak menjual produk, tetapi lebih ke jasa berupa travel bagi siapa yang ingin atau berminat melakukan perjalanan umrah dan haji. Cara yang mereka lakukan untuk memperkenalkan perusahaan travel tersebut dengan membagikan brosur kepada pengunjung stand. Selama pameran berlangsung ada beberapa pengunjung yang datang ke stand tersebut sekedar konsultasi dan bertanya tentang bagaimana informasi seputar umroh, pemberangkatan, pembiayayaan dan lain-lain. Presentase jumlah pengunjung yang datang ke stand selama 1 hari sebanyak 50 orang. Oleh karena perusahaan ini bergerak dibidang jasa, jadi membeli mungkin tidak tetapi yang berminat atau tertarik mungkin ada.
Pengunjung dapat mendaftar secara langsung, tetapi mengingat biaya umrah cukup besar hingga puluhan juta, sehinga tidak memungkinkan konsumen atau pengunjung langsung mendaftar. Biasanya mereka membaca dulu infonya, kemudian dari info tersebut 1 atau 2 minggu kedepan baru mereka menghubungi pihak travel kembali. PT. Arminareka merupakan perusahaan travel umrah terbesar di Indonesia , jadi pemberangkatannya selama 1bulan bisa mencapai 3000-6000 orang se-Indonesia. Sehingga untuk membangun kemitraan dengan pengunjung mereka memberikan info , dorongan kepada pengunjung agar dapat menunaikan ibadah umrah.
Perusahaan ini mempunyai visi misi yaitu:
1. Mewujudkan keinginan dan impian para umat muslim untuk menunaikan ibadah umrah dan haji.
2. Meningkatkan taraf hidup keluarga muslim
3. Memberi solusi untuk bisa pergi umrah dan haji dengan gratis (insya Allah)
Adapun keunggulan dari bisnis yang ditawarkan seperti
 Dengan membayar DP 3,5 juta program umrah atau 5 jt untuk program haji plus.
 Sisa pembayaran ringan dan dapat diangsur tanpa batas waktu, minimal 500 rb per-angsuran ke rekening jama’ah sendiri.
 Dilindungi asuransi kecelakaan diri hingga usia maksimum 65 tahun
 Pengajian rutin 2 minggu sekali di kantor PT. Arminareka.
 Pra-manasik haji gratis
 Berhak atas referensi FEE (Hak Usaha)
 Hak usaha dapat diwarikan
 Bisa buka kantor perwakilan atau cabang-cabang dengan MOU dari PT Arminareka Perdana Tours dan Travel pusat.
 Bisa umrah atau haji plus gratis (Insya Allah)
 Berkesempatan mendapatkan reward
 Diberikan program kesejahteraan jama’ah.
 Didampingi KANZ Support System agar jama’ah cepat meraih kesuksesan.
Alasan Mengapa Memilih PT. ARMINAREKA TOURS & TRAVEL
 Telah berpengalaman 26 tahun (sejak 1990)
 Perusahaan No. 1 terbanyak memberangkatkan jama’ah umroh dan Haji Plus di Indonesia berdasarkan data dari Garuda Indonesia
 Tiap bulan memberangkatkan ± 3.000 jamaah
 Sudah diakui dan mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI)
 Pelayanan Hotel Bintang 4 dan Bintang 5
 Cukup dengan DP 3.500.000,- dan Haji Plus Rp. 5.000.000,-
 Sisa pembayaran dapat diangsur minimal Rp. 500.000,- tanpa batas waktu
 Mendapat ID Card dan Stater Kit serta Sovenir menarik berupa Baju Koko untuk pria dan Mukena untuk wanita
 Keanggotaan dan Hak seumur hidup dan bisa diwariskan
 Mendapatkan Voucer Umroh USD 350 Haji Plus USD 500 sebagai alat pengurangan dari pembayaran tanpa batas waktu dan dapat dihibahkan atau dijual kejama’ah lain
 Mendapatkan Hak Usaha berupa fee Referensi cicilan jamaah umroh sebesar Rp. 1.500.000,-/ jamaah dan Haji Plus Rp.2.500.000,- / jamaah serta bonus lainnya.
 Perlindungan asuransi yang berlaku sejak jamaah mendaftar dan membayar DP Umroh / Haji
 Anda sendiri yang menentukan kapan berangkat Umroh/ Hajinya
 Bisa membantu ribuan jamaah ketanah suci tanpa kendala BIAYA
 Ibadah Umroh atau Haji merupakan kewajiban ibadah yang tidak kenal henti dan tidak ada masa kadaluarsanya, sehingga menjadi mitra akan dapat menjalankanya sampai akhir hayat dan bisa diwariskan.

DOKUMENTASI