Artikel Pengungkapan dan Umpan Balik Dalam Sebuah Hubungan

19 September 2017 14:20:25 Dibaca : 532

Oleh : Febriyanti mustapa dan Sri Nurul A. Kadir

Pernahkah anda berpikir untuk saling membuka diri satu sama lain? Dan apakah anda tahu bahwa membuka diri adalah awal dari kontak pribadi? Nah dalam kontak pribadi anda akan menemukan yang namanya berinteraksi dalam hubungan, pengungkapan terhadap satu sama lain serta memberikan sejumlah umpan balik. Item-item itu akan kita dapatkan pada materi yang akan kita bahas yatu, tentang pengungkapan dan umpan balik dalam hubungan. Pada materi kali ini kita akan membahas tiga point yaitu pengertian, window informasi dan manfaat/fungsi.

Pertama adalah, pengertian pengungkapan dan umpan balik dalam hubungan, pengungkapan diri atau self-disclosure yang tepat yaitu saling memberikan data biografis, gagasan-gagasan pribadi, dan perasaan-perasaan yang tidak diketahui bagi orang lain, dan umpan balik berupa verbal dab respon-respon fisik kepada orang dan atau pesan-pesan mereka didalam suatu hubungan. Adapun menurut Johari Window, merupakan alat untuk menelaah, mengenai luas dan hubungannya antara pengungkapan atau disclosure dan umpan balik atau feedback didalam suatu hubungan.

Kedua adalah, window informasi. Window memiliki empat jendela atau kuadran. Kuadran yang pertama dinamakan jendela terbuka atau open pane menggambarkan informasi mengenai diri anda, dimana anda dan orang lain dapat mengetahui informasi yang di ungkapkan. Kuadran kedua, jendela rahasia atau secret pane, jendela ini bermuatan hal yang anda tau mengenai diri anda tetapi orang lain tidak tau. Kuadran ketiga dinamakan jendela buta atau blind pane yaitu informasi yang orang lain tau tentang anda tetapi anda tidak menyadarinya.

Berikutnya adalah manfaat dan fungsi umpan balik, yaitu Mendorong seseorang untuk terus berlatih. Proses pemberian umpan balik kepada orang lain secara tidak langsung akan memberi tahu seseorang bahwa latihannya selalu dilihat dan diperhatikan oleh orang lain,kedua Mencerminkan perilaku seseorang yang efektif. Dalam prosesnya, umpan balik hanya akan diperoleh apabila seseorang aktif selama kegiatan pembelajaran. ketiga, Membantu seseorang untuk menilai penampilan (kemampuan) yang tidak bisa dilihat dan dirasakannya sendiri

Kesimpulannya dalam pengungkapan dan umpan balik dalam sebuah hubungan harus adanya timbal balik atau feedback . kita sebagai mahluk sosial harus saling bersosialisasi satu dan lainnya agar terjalin komunikasi yang baik. Komunikasi sebagai kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan individu berkaitan dengan perilaku itu sendiri. Perbedaan perilaku individu dalam melakukan komunikasi atau berhubungan dengan orang lain merupakan situasi yang berkaitan dengan psikologis individu dan berkaitan juga dengan asumsi manusia.

Di kutip dari : Prof. Dr. Muhammad Budyatna, M.A. dan Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si. , Teori Komunikasi Antar Pribadi

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong