Artikel penulisan prospektus

19 September 2017 14:25:08 Dibaca : 599

Oleh : Febriyanti Mustapa dan Sri Nurul A. Kadir

 

Pernahkah anda melihat selebaran yang berbentuk cetakan berisi iklan? Atau mungkin anda pernah mendapatkan selebaran tersebut dari orang lain? Nah pada artikel kali ini akan membahas cara membuat selebaran/ biasa yang disebut prokpektus. Ada beberapa point yang akan dibahas yaitu pengertian selebaran/ prospektus, bentuk-bentuk prospektus, dan kelebihan/kekurangan prospektus.


Pengertian prospektus/ selebaran adalah sekumpulan barang cetakan yang berisi rincian dari iklan. Prospectus juga sering digunakan oleh PR dalam menginformasikan sesuatu kepada publiknya. Secara umum bertujuan menyampaikan, mengumumkan, memperkenalkan, dan menawarkan sesuatu. Sifat pesannya bisa berisi informasi.


Kedua adalah bentuk-bentuk prospektus. Ada beberapa bentuk prospektus, diantaranya yang pertama brosur, yaitu digunakan untuk menyampaikan layanan produk. Kedua flayer, untuk menginformasikan peristiwa/kegiatan atau mengiklankan suatu produk. Ketiga pamflet, yaitu buku yang sangat tipis dengan kertas penutup yang berisi informasi tentang topic tertentu.


Ketiga adalah kelebihan dan kekurangan dari prospektus. Kelebihan Pelaku promosi lebih mudah mendapatkan calon konsumen yang potensial yaitu, dengan menemui dan memberikan brosur kepada orang yang dikehendaki. Kekurangan Sangat bergantung pada jumlah orang tetapi sedikit dalam menjangkau khalayak dibandingkan menyampaikannya melalui media massa.


Kesimpulannya bahwa prospectus atau biasa disebut selebaran yang kita ketahui ada beberapa macam atau bentuk yaitu diantaranya brosur, flayer, pamlet. membuat prospektus tidak selamanya memiliki kelebihan tetapi juga ada kekurangan yaitu sangat bergantung pada jumlah orang tetapi sedikit dalam menjangkau khalayak dibandingkan menyampaikan melalui media.

Di kutip dari : Sopian, S.Sos., M.I.K, Public Relation Writing (Jakarta: PT Grasindo, 2016)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong