REVIEW JURNAL STRATEGI MEDIA (PRODI ILMU KOMUNIKASI UNG)
Judul Jurnal : STRATEGI MEDIA RELATIONS PT EXCELCOMINDO PRATAMA, TBK (XL) MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN WARTAWAN DALAM RANGKA MENSUKSESKAN PROGRAM RP 1 /DETIK
Judul : REVIEW JURNAL STRATEGI MEDIA (PRODI ILMU KOMUNIKASI UNG)
Volume : Vol. 7 No. 1
Tahun : 2010
Penulis : Sawaliana & A. Rahman
Reviewer : Teguh Saputra Monoarfa (291416010)
Tanggal Terbit Jurnal : Maret 2010
Naskah Jurnal : http://isjd.pdii.lipi.go.id/file_download/7120106082_1907-8870_cd.pdf
HASIL RESUME
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations yang digunakan XL dalam rangka mensukseskan program Rp 1 /detik. Kegiatan media relations merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mensukseskan program yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui strategi dibalik kesuksesan program yang telah dikeluarkan XL yaitu program Rp 1 / detik.
Kegiatan media relations merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mensukseskan program yang akan dikeluarkan oleh perusahaan, dalam hal ini adalah PT Excelcomindo Pratama, Tbk (XL). Tetapi untuk mensukseskan kegiatan media relations tersebut, diperlukan sebuah strategi media relations. Atas dasar tersebut, maka peneliti menetapkan fokus penelitian yang akan diteliti adalah bagaimana strategi media relations informal PT Excelcomindo Pratama ,Tbk (XL) membangun hubungan dengan wartawan dalam rangka mensukseskan program Rp 1 /detik. Berdasarkan fokus penelitian yang telah ditetapkan oleh peneliti,maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah ingin mengetahui kegiatan media relations informal secara konkrit yang dilakukan XL dalam mensukseskan program Rp 1 /detik. Setelah mengetahui kegiatannya seperti apa ,lalu peneliti ingin mengetahui proses dari masing-masing kegiatan tersebut.Apabila telah mengetahui prosesnya, maka langkah selanjutnya peneliti ingin mengetahui strategi media relations informal yang dilakukan XL untuk mensukseskan program Rp 1 /detik. Metode penelitian yang digunakan untuk menggali informasi mengenai startegi media relations informal XL dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Desain penelitian yang digunakan adalah tipe 4 yaitu dengan menggunakan multi kasus dan multi analisis. Kasus yang diteliti adalah strategi media relations informal XL sedangkan unit analisisnya adalah pihak yang terlibat dalam kegiatan media relations XL yaitu PR XL dan wartawan.
Setelah dilakukan hasil riset di lapangan, maka hasil yang didapat adalah strategi media relations informal yang dilakukan XL dalam mensukseskan program Rp 1 / detik cenderung lebih menggunakan bentuk komunikasi secara interpersonal. Melalui bentuk komunikasi ini, akan terjalin sebuah hubungan yang mengarah pada pertemanan tetapi tetap professional. Hubungan pertemanan ini tetap dijalin oleh pihak XL sebagai wujud untuk lebih mendekatkan diri dengan mengenali karakteristik, kebudayaan dan kebutuhan dari para wartawan. Hal yang sama juga diungkap oleh para wartawan yang menjadi target dari XL yaitu Bisnis Indonesia, Tempo, Media Indonesia, Investor daily dan Detik.com.Mereka menyatakan , pihak XL cukup agresif dalam melakukan kegiatan media relations informal dengan para wartawan. Hal ini terlihat dari kontinyuitas yang dilakukan XL dalam melakukan hubungan pertemanan dengan para wartawan. Bentuk komunikasi yang digunakan XL cenderung lebih menggunakan komunikasi secara interpersonal untuk lebih dapat menggali karakteristik dari berbagai media. Dimana yang nantinya akan memudahkan proses penyampaian informasi kepada wartawan dan sebagai tujuan akhir dapat mempermudah proses publikasi mengenai informasi perusahaaan kepada masyarakat.
Dari hasil penelitian yang telah dihasilkan, maka dapat menjawab segala persoalan yang tertuang dalam tujuan penelitian. Dengan adanya kegiatan media relations informal yang dilakukan oleh XL seperti makan siang bersama wartawan, nonton film dan konser bersama wartawan, main billiard dan bowling dengan wartawan, memberikan perhatian khusus dengan memberikan hadiah pada saat wartawan menyambut hari kebahagiaan yaitu hari ulang tahun dan menyambut kelahiran serta memberi santunan pada saat wartawan mengalami kedukaan dan kemalangan (rangkaian program apresiasi).
Selain itu, XL menggelar kompetisi futsal dan billiard untuk wartawan, menelepon para wartawan untuk sekedar menanyakan kabar, melakukan media partner dan mengadakan pemanfaatan langsung kepada wartawan sehubungan dengan program Rp 1 / detik.Dari uraian di atas maka dapat menjawab tujuan yang pertama yaitu, dapat mengetahui kegiatan media relations informal yang dilakukan XL. XL selalu mengajak wartawan untuk makan siang , nonton film dan konser musik serta berolahraga ( billiard & bowling) bersama dengan wartawan. Hal ini dimaksudkan untuk mengakrabkan pertemanan yang terjalin antara pihak XL dengan wartawan. Ketiga kegiatan tersebut dilakukan untuk dapat menguak lebih jauh mengenai karakteristik yang dimiliki oleh media. Selama ketiga kegiatan tersebut berlangsung, pihak XL sambil mengajak wartawan “ngobrol-ngobrol” yang sifatnya di luar pekerjaan yang diharapkan dapat lebih mengakrabkan antara kedua pihak yang terlibat. Melalui hubungan yang santai ini , dapat terlihat secara tidak langsung karakteristik yang ada pada media.
Apabila ada media atau wartawan yang berulang tahun, maka XL selalu memberikan ucapan (hadiah) dan apabila hari ulang tahunnya bertepatan dengan event yang digelar XL. Maka XL akan membuat surprise party dengan menyisipkannya pada event yang digelar XL. Tidak hanya itu, untuk menjaga kontinuitas hubungan dengan wartawan, XL selalu melakukan hubungan informal dengan cara menelepon pihak wartawan untuk sekedar menanyakan kabar (say hello). Untuk lebih mengakrabkan hubungan dengan wartawan, pihak XL menggelar kompetisi futsal dan billiard. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan hubungan dengan para wartawan. Hubungan pertemanan ini sangat penting untuk terus dilakukan, hal ini terlihat dari adanya media partner yang dilakukan antara XL dengan Detik. Com . Dimana dalam kerjasama ini tercipta sebuah ide untuk membuat sebuah program edukasi kepada masyarakat dengan melibatkan wartawan untuk memberi pembekalan materi mengenai program Rp 1 / detik.
Dalam acara ini terdapat adanya pemanfaatan secara langsung dengan membagikan kartu gratis untuk membuktikan kebenaran dari ada program Rp 1 / detik. Selain itu, XL juga selalu memberikan santunan kepada wartawan yang sedang mengalami kedukaan dan kemalangan dengan menberikan bantuan dana. Dari uraian di atas, maka dapat menjawab tujuan kedua , yaitu proses dari masingmasing kegiatan media relations informal yang dilakukan XL Strategi media relations informal yang digunakan XL dalam mensukseskan program Rp 1 /detik lebih mengedepankan unsur kenyamana yang dapat dirasakan oleh kedua belah pihak. Untuk mendapatkan unsur kenyamanan tersebut, maka bentuk komunikasi yang digunakan adalah secara interpersonal. Melalui komunikasi ini, hubungan yang terjalin antara kedua belah pihak layaknya sebuah pertemanan biasa tetapi tetap bersikap professional. Dengan begitu hubungan yang terjalin seperti hubungan pertemanan, maka antara kedua belah pihak akan mendapatkan kenyamanan pada saat kegiatan media relations berlangsung. Selain itu, melalui komunikasi interpersonal ini pihak XL dapat dengan mudah mengenali karakteristik yang ada pada media. Setelah mengenali karkteristik yang dianut oleh media, maka akan lebih memudahkan XL untuk memberikan informasi kepada wartawan yang nantinya akan mempermudah proses publikasi mengenai informasi yang akan dikeluarkan kepada masyarakat luas. Dengan begitu, tujuan ketiga, yaitu strategi media relations informal yang dilakukan XL dalam mensukseskan program Rp 1 /detik dapat terjawab berdasarkan uraian di atas.