PENULISAN UNTUK INFORMATION KIT

19 September 2017 14:37:19 Dibaca : 24

Oleh: Ummu K. Sya Butolo Dan Moh. Rivaldo Mohi

Apakah kalian pernah mendengar information kit? Atau, apakakah kalian tau apa itu information kit? Kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu information kit. Information kit merupakan seperangkat berkas yang berisi informasi tertulis dan dirancang untuk publik tertentu disediakan untuk memberikan dukungan layanan informasi kepada publik atau sengaja dibuat dalam menghadapi suatu acara tertentu. dalam hal ini ragam penulisan information kit di bagi dalam beberapa bagian, yaitu siaran pers, lembaran fakta, pernyataan berita atau laporan media, backgrounders, biografi atau pofil tokoh, profil organisasi.

Siaran pers di dalam information kit diberikan kepada wartawan saat konferensi pers atau di sela-sela wawancara, siaran pers selalu dipersiapkan karena termaksud bahan informasi isinya menyajikan informasi sesuai yang ingin disampaikan. Lembar fakta (fact sheets) suatu lembar kertas berisi daftar fakta penting tentang suatu isu. Penulisan lembar fakta dapat disusun dengan cara apa saja selama fakta-fakta yang disampaikan dapat memudahkan pemahaman pembaca. Pernyataan berita atau laporan media (news statemens) pernyataan atau laporan yang disampaikan oleh pihak organisasi tentang suatu yang bernilai berita. Backgrounder (latar belakang) tulisan latar belakang yang disususn secara ringkas namun padat informasi. Backgrounders dipersiapkan khusus sebagai informasi tambahan untuk mendukung siaran pers. Biografi atau profil tokoh adalah tulisan kisah hidup seseorang. Biografi tidak selalu diperlukan dalam setiap information kit atau media kit, bergantung tingkat relevanya dengan isu yang diangkat dalam konferensi pers. Profil organisasi (Perusahaan) atau corporate image menurut profil perusahaan kennedy bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai kekuatan perusahaan atau organisasi sekaligus meyakini kepada public mengenai layanan.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulan bahwa information kit khusus diperuntukan bagi para wartawan saat menyelenggaran konferensi pers lebih tepat disebut sebagai press kit atau media kit. Penggunaan information kit bertujuan menciptakan kesadaran publik terhadap diselenggarakan suatu acara/program. Information kit juga sering ditujukan untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi untuk mengarahkan publik agar bertindak seperti yang diharapkan information.

Sumber: Sopian , S.Sos., M.I.K.
Public Relations Writig. (PT Grasindo, Jakarta, 2016)

Blogroll

  • Masih Kosong