Fungsi Komunikasi Antar Pribadi

17 September 2017 21:12:13 Dibaca : 456

                                                                               FUNGSI KOMUNIKASI ANTA RPRIBADI
                                                                                Oleh : Rosita Ali dan Evana Gugune

Seperti yang telah kita ketahui bersama komunikasi yaitu terdiri dari komunikator ke komunikan melalui pesan yang di sampaikan dan pesan tersebut mempunyai makna. Komunikasi yang paling lengkap dan paling sempurna yaitu komunikasi antarpribadi karena berperan penting hingga kapanpun. Kenyataanya komunikasi tatap muka ini membuat manusia merasa lebih akrab dengan sesamanya, berbeda dengan komunikasi lewat media massa seperti surat kabar, televisi, ataupun lewat teknologi tercanggih.

Menurut definisinya, fungsi dari komunikasi antarpribadi adalah sebagai alat untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain, karena kita dapat menggunakan kelima alat indera kita untuk memberikan stimulus sebagai daya bujuk pesan yang kita komunikasikan kepada komunikan kita.

Selain dari fungsi di atas, komunikasi antarpribadi juga mempunyai dua fungsi utama yaitu mengendalian lingkungan guna memperoleh imbalan-imbalan tertentu berupa fisik, ekonomi, dan sosial. Pengendalian yang pertama yaitu pengendalian lingkungan melalui compliance yang dilakukan melalui pendekatan non-antarpribadi dan pendekatan antarpribadi.

Kedua yaitu pengendalian lingkungan melalui penyelesaian konflik yang dilakukan dengan cara pendekatan non-antarpribadi maupun antarpribadi.Pendekatan non-antarpribadi dan juga antarpribadi sangatlah diperlukan guna terlaksananya komunikasi yang baik. Jika tidak melakukan pendekatan tersebut komunikasi akan sia-sia saja terjadi.