Penulisan Advertorial

17 September 2017 21:06:49 Dibaca : 79

                                                                                      PENULISAN ADVERTORIAL

                                                                               Oleh : Rosita Ali dan Evana Gugune


Dalam berbagai macam media massa tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya iklan. Advertorial atau iklan ini dapat kita dengar maupun kita lihat. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang penulisan advertorial.


Advertorial termasuk dalam kategori iklan. Iklan (advertising) menurut Belch dan Belch (dalam Morissan, 2010:17) adalah “Any paid form of nonpersonal communication about an organization, product, service, or idea by an identified sponsor”. Dari penjelasan ini dapat dipahami bahwa iklan merupakan setiap bentuk komunikasi non-personal mengenai suatu organisasi, barang, jasa, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui. Sponsor dalam konteks pembahasan ini adalah organisasi tempat PR bernaung.


Advertorial juga dapat dipahami sebagai bentuk tulisan yang bersifat promosi atau iklan tetapi ditulis dengan meggunakan gaya pemberitaan atau penulisan jurnalistik. Tujuannya untuk menyampaikan kepada publik pembaca mengenai sesuatu terkait organisasi, produk, jasa, atau gagasan tertentu, sekaligus membujuk mereka agar bersikap atau bertindak seperti pembelian produk, penggunaan jasa yang ditawarkan atau menggalang dukungan terhadap suatu ide, gagasan, atau ideologi tertentu.


Berdasarkan isinya, advertorial ada beberapa jenis seperti, advertorial organisasi non bisnis, advertorial organisasi bisnis, advertorial produk, advertorial pemerintahan dan advertorial partai politik. Selain itu advertorial juga memiliki sifat seperti, informatif, eksplanatif, interpretatif, persuasif, memuji, argumentatif dan eksploratif. Meskipun penulisan advertorial dapat memiliki ke tujuh sifat tersebut namun pada dasarnya penyajiannya berisikan informasi dan mengandung persuasi.


Tidak semua kalangan dapat membedakan antara berita dan iklan dalam bentuk advertorial. Sebagain kalangan tersebut lebih mempercayai berita dibandingkan dengan iklan. Namun penulisan iklan yang dikemas dalam bentuk advertorial merupakan suatu strategi penulisan agar publik pembaca lebih mempercayainya.